5 Cara agar Tidak Gampang Lelah Menjalani Rutinitas Padat

Endah Wijayanti20 Jun 2022, 15:35 WIB
Diperbarui 20 Jun 2022, 15:35 WIB
mengatasi galau

Fimela.com, Jakarta Rutinitas dan jadwal kegiatan yang padat memang tidak selalu mudah untuk dijalani. Kadang kita merasa kewalahan dan stres dalam menjalani kesibukan tersebut. Namun, jika kita ingin tetap produktif dan menjadikan hidup kita lebih bermakna dan bermanfaat, memiliki rutinitas dan kesibukan merupakan sebuah kebutuhan sendiri.

Lalu, bagaimana agar tidak gampang lelah dalam menjalani rutinitas yang padat? Ada sejumlah cara yang bisa dicoba, seperti lima cara berikut ini. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Dapatkan Sinar Matahari Pagi

tips bangun pagi lebih mudah
Bangun pagi./Copyright shutterstock.com/id/g/whyframe

Mengutip buku Loving the Wounded Soul, secara biologis, matahari (sinar UVB) memicu tubuh untuk memproduksi vitamin D yang sangat esensial bagi kesehatan tulang dan kesehatan mental. Penelitian terhadap 2.070 lansia menunjukkan bahwa mereka yang mengalami kekurangan vitamin D mengalami gejala-gejala Depresi. Tanpa matahari, vitamin D di dalam tubuh tidak akan aktif sehingga tubuh kita berisiko terhadap banyak penyakit. Kita bisa coba lebih rutin lagi mendapat paparan sinar matahari pagi setiap hari untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar.

 

 

2. Sarapan Rutin dengan Menu Kaya Protein

sarapan protein
Manfaat sarapan yang kaya protein./Copyright shutterstock.com/g/Chaay_Tee

Awali hari dengan sarapan kaya protein. Mengutip laman Herb, protein dapat membantu menghambat sejumlah hormon lapar seperti ghrelin untuk mencapai otak. Sehingga membuat kita bisa kenyang lebih lama. Hasrat ngemil akan berkurang dan tubuh bisa berenergi dalam waktu yang cukup lama. Mengonsumsi makanan yang tinggi protein dan rendah karbohidrat, gula darah bisa terjaga stabil. Sehingga tidak merasa pusing, lelah, atau cepat lapar sebelum jam makan siang.

 

 

3. Luangkan Waktu untuk Olahraga

olahraga aerobik
ilustrasi olahraga aerobik/photo By TuiPhotoEngineer (Shutterstock)

Bisa meluangkan waktu di pagi hari untuk berolahraga? Coba rutinkan lagi. Bisa coba berolahraga sebelum sarapan pagi. Menurut Denise Pette yang merupakan seorang dokter penyakit dalam di Manhattan, olahraga dengan perut kosong akan meningkatkan lipolisis, oksidasi lemak, dan penurunan kadar insulin. Peningkatan lipolisis adalah kondisi di mana tubuh memecah sel-sel lemak untuk menggunakannya sebagai energi. Berat badan pun bisa lebih stabil lagi.

 

4. Dapatkan Tidur Malam yang Berkualitas

Ilustrasi insomnia, susah tidur
Ilustrasi insomnia, susah tidur. (Photo by cottonbro from Pexels)

Buat jadwal tidur yang teratur tiap hari. Selain itu, upayakan tidur di kamar gelap atau tanpa pencahayaan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Secara ilmiah, kondisi ruangan terbaik untuk tidur adalah gelap. Ketiadaan cahaya dapat mengaktifkan hormon melatonin yang bertugas mengirim sinyal kepada tubuh untuk istirahat. Sementara paparan cahaya yang intens di jam tidur akan menghambat kenaikan melatonin dan menunda dimulainya persiapan fisiologis tubuh untuk tidur, seperti otot rileks, rasa kantuk, dan suhu tubuh menurun.

5. Minum Kopi

santai minum kopi
ilustrasi/CandyRetriever/Shutterstock

Kalau tidak punya masalah asam lambung, bisa coba awali hari dengan minum kopi. Waktu terbaik pertama minum kopi adalah satu jam setelah bangun tidur. Di saat ini, hormon kortisol dalam tubuh sedang menurun. Sedangkan waktu terbaik untuk minum kopi adalah saat kortisol turun mengingat kopi bisa meningkatkan kortisol atau hormon yang membuat seseorang semangat dan lebih berenergi. 

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba agar tidak gampang lelah menjalani rutinitas dan kesibukan yang padat. Tetap jaga kesehatan tubuh dan mental dengan baik, ya. Semoga infonya bermanfaat. 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela