6 Hal Tentang Diri Sendiri yang Perlu Kamu Rahasiakan dari Orang Lain

Gayuh Tri Pinjungwati21 Jun 2022, 18:15 WIB
Diperbarui 21 Jun 2022, 18:15 WIB
Single

Fimela.com, Jakarta Bercerita menjadi salah satu hal yang sering kita lakukan, baik bersama teman, keluarga atau bahkan pasangan sendiri. Namun, tanpa disadari tak jarang kita sering menceritakan sesuatu hal yang sebenarnya tak perlu kamu ceritakan kepada orang lain atau sifatnya rahasia. 

Tidak semuanya harus diucapkan dengan lantang dan dibagikan kepada semua orang. Ada beberapa hal dalam hidup yang harus dirahasiakan dari dunia di sekitarmu dan ini bukan tentang kepercayaan. Lalu hal apa saja yang perlu kita simpan untuk diri kita sendiri? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Masalah Pasangan

Pasanganmu memiliki kebiasaan ini, ketakutan, atau apa pun, jangan membaginya dengan orang lain. Itu rahasia antara kamu dan pasangan. Rahasianya bukan untuk kamu bagikan sejak awal hubungan. Bahkan setelah putus, kebanyakan orang memiliki kecenderungan untuk berbicara buruk tentang mantan mereka. Bagaimanapun, kamu akan menjadi orang yang negatif, jadi tidak ada gunanya untuk menceritakan hal tersebut kepada orang lain. 

2. Tujuanmu

Sebagian besar dari kita memiliki tujuan tertentu dalam hidup, hal-hal tertentu yang ingin kita capai. Yang terbaik adalah mengaturnya, mengerjakannya dan tidak membaginya dengan siapa pun sampai kamu mencapainya. Karena jika kamu menemukan sesuatu yang lebih menarik dan kamu berhenti mengerjakan tujuan tersebut, orang akan mulai menanyai dan kamu sejujurnya tidak perlu menjelaskan dirimu kepada siapa pun. Kedua, begitu kamu membagikan apa yang kamu inginkan, tidak semua memiliki sesuatu yang komentar positif untuk dikatakan.

3. Menceritakan Perbuatan Baik yang Kamu Lakukan

single
Ilustrasi/copyrightshutterstock/TORWAISTUDIO

Sebenarnya sangat tidak baik ketika orang melakukan itu. Jika kamu telah melakukan sesuatu yang baik untuk seseorang, simpanlah untuk dirimu sendiri terutama ketika itu adalah tentang amal. Membual tentang apa yang kamu lakukan akan membuat orang memutar mata mereka. Biarkan orang lain berbicara tentang dirimu, kagumi dirimu ketika mereka melihat hasilnya. Jadilah rendah hati.

4. Rekening dan Saldo Bank

Jika tidak ada yang lain, untuk keamanan sendiri, tutup mulut tentang berapa banyak uang yang kamu miliki. Jangan bagikan nomor rekening atau saldo rekeningmu. Karena melalui nomor rekening bisa saja seseorang melakukan tindak kejahatan yang tidak ingin kamu harapkan. Dan jangan berbagi jumlah saldo yang kamu miliki karena itu akan membuatmu terlihat sombong.

Kelemahanmu

single
Ilustrasi/copyrightshutterstock/dodotone

Setiap orang memiliki satu hal yang merupakan kelemahan mereka atau mereka takut akan sesuatu. Namun, kamu tidak boleh membagikannya dengan keras karena beberapa orang jahat memiliki kebiasaan memanfaatkannya untuk melawanmu. Hadapi saja ketakutanmu dengan percaya diri, tidak peduli seberapa kecil atau besar.

Masalah Keluarga

Tidak ada keluarga yang sempurna. Mereka mungkin terlihat merajut keluarga dengan baik dan begitu indah, tetapi ada masalah setiap keluarga. Jika kamu ingin berbicara, bicarakan dengan terapis atau mungkin teman terbaik yang dapat dipercaya. Semua orang tidak perlu mengenal mereka. Karena bahkan jika mereka tampaknya menghiburmu, orang-orang pada akhirnya mengolok-olokmu tidak peduli seberapa kacau rumah mereka sendiri.

Nah, sebelum bercerita kepada orang lain, sebaiknya pikirkan dulu ya, Sahabat Fimela apakah hal tersebut perlu kamu bagikan atau kamu simpan untuk diri sendiri. 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela