5 Cara Tenang Menyikapi Perasaan Hilang Arah dalam Hidup

Endah Wijayanti21 Jun 2022, 12:45 WIB
Diperbarui 21 Jun 2022, 12:45 WIB
surat ayah dan berjauhan

Fimela.com, Jakarta Berat ya menjadi dewasa. Seiring bertambahnya usia, waktu bisa berlalu terasa makin cepat. Namun, persoalan dan tantangan tidak makin mudah untuk diatasi. Bahkan dalam fase tertentu kita merasa seakan sudah kehilangan arah dalam hidup.

Kehilangan arah dalam hidup bisa membuat kita merasa bingung. Bahkan merasa kosong dan hampa. Tak tahu harus berbuat apa, melakukan apa, dan tak punya gambaran mau menjalani hidup yang seperti apa lagi. Saat perasaan ini hadir, rasanya kita tak ingin melakukan apa-apa dalam hidup. Hanya saja mau tidak mau kita perlu menerima realitas bahwa hidup ini tetap layak dijalani dan diperjuangkan.

 

1. Rumuskan Kembali Makna Hidup

surat ayah dan pelukan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Kostikova+Natalia

Mengutip buku Man's Search for Meaning, "Makna hidup berbeda untuk setiap manusia. Dan berbeda pula dari waktu ke waktu karena itu. Kita tidak bisa merumuskan makna hidup secara umum." Kita bisa merumuskan ulang makna hidup kita. Seperti ingin menekuni bidang apa, melakukan sesuatu untuk apa atau demi siapa, atau sekadar ingin menghadirkan manfaat baru untuk sekeliling kita.

2. Fokus pada Hal yang Dibutuhkan Diri Sendiri

surat ayah dan titip rindu
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Kanyanat+Kasemsook

Saat merasa hilang arah, bisa jadi ini pertanda sedang butuh waktu untuk diri sendiri. Butuh waktu untuk mengisi ulang energi tubuh dengan melakukan hal yang bisa membuat hati nyaman dan perasaan lebih tenang. Rasa hilang arah bisa saja disebabkan karena kita sedang sangat kelelahan melakukan sesuatu. Sehingga yang dibutuhkan saat ini adalah rehat sejenak dan membuat diri menemukan kenyamanan kembali.

 

3. Awali Hari dengan Aktivitas Ringan

surat ayah dan potongan cerita
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Vanatchanan+Buahom

Ketika merasa hilang harapan atau tidak semangat, kita bisa coba untuk sedikit berbaik hati kepada diri sendiri. Awali hari dengan aktivitas ringan. Entah dengan menyiapkan sarapan kesukaan atau melakukan olahraga ringan di pagi hari dengan udara yang masih segar. Awal hari yang menyenangkan bisa membantu kita mendapatkan suasana hati yang lebih nyaman untuk beraktivita seharian.

4. Berbagi Cerita dan Perasaan

surat ayah dan role model
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Dragon+Images

Kalau punya teman, sahabat, saudara, atau keluarga yang bisa diajak bicara, kita bisa coba berbagi cerita dan perasaaan kita kepada mereka. Pikiran yang kusut dan banyak pikiran bisa membuat kita seakan hilang arah dalam hidup ini. Sehingga sebelum kita kembali kuat melangkah ke depan, kita perlu meringankan isi pikiran dan hati kita lebih dulu.

 

 

5. Tuliskan Hal-Hal Baru untuk Dilakukan

surat ayah dan mirip berdebat
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Mrsiraphol

Buat daftar atau catatan yang berisi hal-hal yang ingin dilakukan. Lalu, buat rencana untuk melakukan atau mewujudkannya. Cara ini bisa menghadirkan "peta" baru yang dapat mengarahkan kita untuk mendapatkan pengalaman baru. Sehingga tidak terjebak terlalu lama dalam rasa tidak berdaya atau rasa tersesat di suatu tempat saja.

Saat merasa hilang arah, anggaplah ini fase untuk membuat kita terdorong dan lebih bersemangat melakukan hal-hal yang lebih baik dalam hidup. Terima kasih untukmu yang sudah berjuang dan bertahan melakukan semua hal yang terbaik hingga saat ini.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela