5 Cara Kuatkan Diri saat Menghadapi Masa Berat Sendirian

Endah Wijayanti26 Jun 2022, 13:45 WIB
Diperbarui 26 Jun 2022, 13:45 WIB
Introver

Fimela.com, Jakarta Tidak setiap saat kita bisa bergantung dan bersandar pada orang lain. Bahkan, ada kalanya pil pahit harus kita telan sendiri. Bisa bertahan di masa yang penuh masalah dan fase terberat dalam hidup pun sudah merupakan hal yang luar biasa.

Menghadapi masa berat sendirian jelas bukan hal mudah. Ketika belum bisa meminta bantuan orang lain atau belum ada orang yang bisa bantu meringankan beban dan permaslahan kita, maka kita perlu berupaya lebih kuat untuk bisa tetap tegar. Bukan hal mudah, tapi kita masih bisa mengupayakan sejumlah hal agar tidak merasa putus asa atau menyerah.

 

 

1. Anggap Masa Berat sebagai Fase Bertumbuh

introver
Ilustrasi/copyrightshutterstock/AePatt Journey

Mengutip buku Your Turn: How to Be an Adult, Profesor Carlon Dweck dalam risetnya tentang growth mindset (pola pikir berkembang) memaparkan pentingnya untuk fokus pada upaya yang kita lakukan, alih-alih pada mengejar kesempurnaan semata. Kita bisa menganggap masa berat yang sedang kita hadapi saat ini adalah fase untuk bertumbuh dan berkembang. Mungkin kita tak bisa mendapatkan kesempurnaan atau mewujudkan kesempurnaan di masa ini, tetapi untuk setiap upaya yang sudah kita lakukan, kita bisa menjadikannya sebagai bagian dari proses berkembang menjadi pribadi yang lebih bijak dan dewasa lagi.

2. Imbangi dengan Hal-Hal yang Bisa Membuat Diri Nyaman

pribadi introver
Ilustrasi./Copyright unsplash.com/@martz90

Kita bisa menjadwalkan kegiatan atau membuat agenda untuk melakukan hal-hal yang kita sukai. Mungkin bisa juga pergi berlibur sejenak atau sekadar menikmati secangkir kopi hangat di kafe favorit. Masa berat dan penuh masalah yang sedang kita hadapi saat ini bisa membuat kita kewalahan. Agar tetap bisa menjaga kewarasan diri, kita bisa mencoba lakukan kegiatan dan rutinitas yang bisa membuat hati merasa tenang dan nyaman.

3. Atur Pola Makan dan Tidur yang Lebih Baik

anak introver
Ilustrasi/copyrightshutterstock/ANURAK PONGPATIMET

Kondisi mental bisa menurun dan memburuk saat kita mengalami banyak tekanan dan stres akibat masalah yang datang silih berganti. Di sini, kita tetap perlu berusaha untuk menjaga kondisi tubuh agar tidak gampang jatuh sakit. Bisa dimulai dengan mengatur pola makan lebih sehat lagi dan mendapatkan waktu tidur yang cukup. Jangan sampai jatuh sakit karena kondisi mental kita yang rentan dan rapuh. 

4. Hadirkan Penampilan Baru

memaksimalkan introver
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Saat tidak bersemangat atau merasa putus asa, kita bisa coba hadirkan sesuatu yang baru. Contohnya dengan menghadirkan penampilan baru. Baik dalam gaya rambut, cara berpakaian, atau riasan wajah. Setidaknya dengan penampilan baru ini, kita bisa merasakan adanya semangat baru yang selalu bisa kita jangkau untuk melangkah ke depan. Sayangi diri lebih banyak lagi agar makin kuat jalani dan lewati masa berat yang ada saat ini.

5. Lepaskan yang Tidak Menjadi Kuasa Diri

karakter zodiak introver
ilustrasi/Photo by Євгенія Височина on Unsplash

Kita hanya manusia biasa. Kadang kita pun sering dikejutkan pada hal-hal yang terjadi di luar dugaan dan keinginan. Untuk semua hal yang terjadi di luar kuasa diri, kita bisa lepaskan dan relakan saja. Agar dengan begitu, kita bisa mengalihkan fokus dan perhatian kita pada hal-hal yang lebih penting dan masih bisa kita perbaiki dan ubah.

Masa berat yang dilalui ini semoga bisa menghadirkan lebih banyak kesempatan untuk membantumu jadi lebih berkembang, ya. Yakinlah setelah kesulitan, pasti ada kemudahan yang bisa didapatkan.

 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela