5 Cara Tegarkan Diri saat Beban di Pundak Masih Terasa Berat

Endah Wijayanti23 Jun 2022, 07:45 WIB
Diperbarui 23 Jun 2022, 07:45 WIB
perempuan berani

Fimela.com, Jakarta Beban hidup bisa terus bertambah dari waktu ke waktu. Bahkan pundak rasanya sangat berat dan menyulitkan kita untuk menjaga kekuatan untuk terus berjalan dan melangkah ke depan. Saat beban di pundak masih terasa berat, maka kita perlu melakukan sejumlah upaya terbaik untuk tetap kuat.

Ada sejumlah cara yang bisa kita coba untuk kembali tegarkan diri. Ketika hidup menyajikan berbagai masalah dan persoalan yang tak kunjung habis, maka kita perlu memperkuat mental kita untuk bisa senantiasa kuat menjalani hari demi hari yang masih ada.

 

1. Kuasai Kemampuan Baru

perempuan dan keberanian
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Svetlana+Sokolova27

Tetaplah terbuka untuk belajar hal baru. Coba pengalaman dan hal-hal yang belum pernah dicoba. Kuasai kemampuan baru. Kemampuan yang bisa menyokong hidupmu, yang membuatmu merasa lebih berharga. Kadang ketika kita dihadapkan pada masalah baru dan beban hidup yang masih terasa berat, itu menjadi pertanda ada hal baru yang perlu kita pelajari lagi.

2. Lebih Sering Tersenyum

perempuan dan tampil apa adanya
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Sumetee+Theesungnern

Beban hidup yang berat bisa membuat kita sedih dan terpuruk. Boleh saja menangis dan bersedih, silakan alirkan semua energi negatif yang dirasakan. Namun, setelah itu kembalilah tersenyum. Lebih sering tersenyum, setidaknya untuk diri sendiri untuk bisa mengumpulka kembali kekuatan baru untuk bertahan menjalani hari-hari yang ada.

 

3. Temukan Sosok Pahlawanmu

perempuan dan empowerment
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/DeanDrobot

Untuk bisa kembali kuat dan tegar, kadang kita butuh sosok pahlawan untuk kita jadikan panutan atau motivasi. Memiliki seseorang yang bisa jadi panutan dapat memberi suntikan semangat untuk terus berjalan ke depan. Punya seseorang yang ingin kita bahagiakan juga bisa membuat kita bertahan di masa sulit.

4. Olahraga Lebih Rutin Lagi

olahraga agar langsing
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/BaanditStudio

Kadang isi pikiran kita begitu sesak dan rumit ketika beban hidup menumpuk dan berat. Untuk menyikapi hal tersebut, kita bisa coba untuk lebih rutin lagi berolahraga. Mengutip buku Hello, Habits, John Ratey yang merupakan seorang guru besar psikiatri dari Harvad Medical School menjelaskan bahwa olahraga bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi otak. Dalam buku yang ia tulis, Spark: The Revolutionary New Science of Exercise and the Brain, ia mengemukakan secara gamblang bahwa olahraga membuat kita merasa segar kembali karena darah terpompa, menyebabkan otak melakukan fungsinya yang terbaik. Selain bisa bantu memperkuat kondisi fisik, kondisi mental kita juga bisa ikut terjaga dengan baik dengan berolahraga.

 

 

5. Rehatkan Diri saat Diperlukan

Tren Olahraga Praktis di Rumah untuk Dukung Kesehatan, Maksimalkan bareng Shopee 3.15 Hari Belanja Konsumen
(c) Shutterstock

Kadang untuk bisa kembali kuat, kita perlu rehat. Saat rehat atau istirahat, kita bisa memulihkan energi tubuh dan saat harus kembali bertahan dan berjuang dalam hidup kita masih bisa melakukannya. Kadang kita perlu meletakkan beban kita sejenak sebelum memikulnya kembali dan melangkah ke depan.

Semoga kita semua senantiasa diberi kemudahan dan jalan yang lebih baik dalam menjanai hidup ini. Untuk setiap beban yang masih terasa berat, semoga akan segera hadir masa ketika segalanya bisa terasa lebih ringan.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela