7 Penyebab Charger Hp Panas Ternyata Dapat Merusak Perangkat

Vania Al kautsar26 Jun 2022, 09:36 WIB
Diperbarui 26 Jun 2022, 09:36 WIB
Hp - Vania

Fimela.com, Jakarta Hal ini mungkin sebuah masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang saat menggunakan smartphone, yaitu charger hp yang panas. Jika kamu berada di ruangan yang memiliki banyak perangkat alat elektronik mungkin saja dapat melihat salah satu perangkat charger yang panas saat dipegang.

Tentu tak nyaman saat sedang charge hp kemudian panas, penggunaan charger yang panas terkadang akan membuat pengisi daya sangat lama. Pernahkah kamu mengalami hal seperti ini? Mungkin masalah satu ini sering membuat kita khawatir.

Charger hp yang panas terkadang dapat merusak smartphone yang kita gunakan selain itu hal ini mungkin dapat disebabkan oleh kita yang terlalu sering charger hp dan menggunakannya. Berikut beberapa penyebab charger hp panas yang sering terjadi:

1. Masalah Kabel Pengisian

Hp - Vania
Ilustrasi hp/https://unsplash.com/Mika Baumeister

Terkadang kabel pengisian daya terdapat masalah hal ini yang dapat membuatnya menjadi lebih panas, tapi kamu tak perlu khawatir karena hal ini dapat diperbaiki dengan membeli kabel pengisian daya yang baru.

2. Kabel di Bawah Standar

Saat kabel charger yang ori dari pabrik rusak tentu kita akan membeli kabel yang baru, mungkin kamu pernah membeli kabel dengan kualitas yang standar atau murah.

Pengisian daya yangdibuat dengan harga murah terkadang tidak diproduksi dengan benar dan akan memiliki semua jenis masalah. Disarankan untuk membeli charger yang memiliki merk bagus untuk mencegah terjadinya masalah yang timbul saat melakukan pengisian daya.

3. Pengisi Daya Rusak

Hp - Vania
Ilustrasi Hp/https://unsplash.com/Mike Winkler

Pengisian daya yang rusak sangat umum terjadi dan dapat membuat charger hp lebih panas dari biasanya, sebelum kamu membeli kabel charger yang baru ada baiknya untuk mencobanya terlebih dahulu lakukan pengecekan dan mintalah garansi jika rusak maka dapat ditukar atau dikembalikan.

4. Adaptor Pengisi Daya yang Tidak Kompatibel

Kamu juga perlu memastikan bahwa adaptor pengisi daya dan gunakan yang kompatibel, jika kamu membeli adaptor pengisi daya pada pihak ketiga secara online maka kemungkinan adaptor tersebut tidak kompatibel dengan perangkat yang kamu gunakan dan menyebabkan pengisi daya menjadi sangat panas.

5. Membiarkan Ponsel atau Perangkat Lain Mengisi Daya Terlalu Lama

hp - vania
Ilustrasi Hp/https://unsplash.com/Nubelson Fernandes

Pengisian daya tentu tidak boleh dibiarkan hingga 100% atau selama berjam-jam, tidak disarankan pula untuk meninggalkan ponsel atau perangkat lain yang sedang diisi daya untuk waktu yang lama seperti saat malam hari. Jika kamu membiarkan ponsel, tablet, atau laptop dengan mengisi daya terlalu lama maka akan membuatnya menjadi panas atau justru dapat merusak baterai perangkat.

6. Menempatkan Pengisi Daya yang terhubung ke Permukaan Bantal

Permukaan yang empuk ternyata dapat membatasi aliran udara ke pengisian daya atau perangkat dan memerangkap panas serta dapat menyebabkan suhu naik, selain itu juga dapat menyebabkan perangkat berpotensi menjadi terlalu panas atau rusak.

Pindahkan alat elektronik saat di charger ke permukaan yang rata dan keras, serta memastikan untuk udara dapat mengalir dengan bebas dan panas dapat keluar dengan mudah.

7. Kerusakan Perangkat

Hp - Vania
Ilustrasi WhatsApp/https://unsplash.com/Dimitri Karastelev

Korsleting disebabkan oleh kerusakan perangkat dan kerusakan perangkat kemungkunan besar juga dapat menyebabkan masalah listrik yang permanen pada perangkat. Hal inilah yang dapat menyebabkan masalah dengan pengisi daya dan dapat menyebabkannya menjadi terlalu panas.

Nah, itulah beberapa penyebab charger hp panas yang perlu kamu hindari. Charger hp atau kabel yang digunakan ketika panas dapat merusak kabel tersebut atau bahkan smartphone yang kamu gunakan.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela