Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengatasi Rasa Bosan agar Hidup Lebih Bahagia

Fimela.com, Jakarta Saat dilanda rasa bosan, kita merasa enggan melakukan apa pun. Segalanya terasa menjemukan. Tak ada hal yang menyenangkan dan hidup ini pun rasanya makin hampa. Apalagi kalau sehari-hari kita dihadapkan pada rutinitas atau aktivitas yang sama, rasa bosan bisa lebih sering hadir di waktu yang tak terduga.

Bagaimana cara mengatasi rasa bosan? Apa yang perlu dilakukan dalam menyikapi rasa bosan agar hidup bisa tetap terasa membahagiakan dan menyenangkan? Berikut ini lima cara sederhana yang bisa dicoba. Simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Aktifkan Kembali Rasa Cinta

Mengutip buku How to Love, peredam terbaik untuk mencegah kemonotonan adalah cinta. Segala keseruan dan hal yang baru di dunia ini dimulai dengan cinta. Saat kita merasa bosan, kita bisa kembali mengaktifkan atau menghadirkan rasa cinta. Baik cinta dalam menekuni sesuatu atau rasa suka melakukan sesuatu. Hal baru pun bisa dicoba untuk menghadirkan cinta yang baru dan membuat kita terbantu untuk terlepas dari rasa bosan.

2. Izinkan Diri Menginjak Rem

Saat rasa bosan melanda, ini bisa jadi pertanda kita perlu menginjak rem. Dalam artian kita perlu rehat atau mengistirahatkan diri sejenak. Mengutip buku Ketika Kita Punya Kecemasan yang Sama, tentang menyikapi rasa bosan, kita perlu menyadari bahwa ada saatnya kendor, ada saatnya kencang. Misalnya, kita bosan dengan pekerjana yang kita tekuni, maka kita perlu rehat dulu. Ambil jeda dan jarak selama beberapa waktu dari pekerjaan agar energi baru terisi dan bisa kembali mengikuti jalur yang sudah kita pilih dengan tenaga yang baru.

 

 

 

3. Variasikan Kegiatan

Mencoba hal baru, memasang target baru, menaklukkan tantangan baru, atau sekadar meluangkan waktu untuk rehat, apa pun bisa dilakukan selama itu bisa mengakomodasi rasa bosan yang ada. Variasikan kegiatan atau aktivitas bisa membuat kita lebih nyaman dalam menjalani rutinitas. Rasa bosan pun bisa luruh dengan sendirinya.

4. Jernihkan Pikiran dengan Udara Segar

Melansir laman Lifehack.org, ada istilah "forest bathing" yang mengacu pada aktivitas jalan kaki di alam terbuka. Tak harus pergi ke hutan, tetapi bisa cukup dengan jalan kaki di taman atau keliling kompleks perumahan. Berjalan kaki dan memperhatikan sekitar bisa menjernihkan pikiran dan rasa bosan pun bisa tergantikan dengan rasa nyaman.

 

 

5. Mulai Hari Lebih Awal

Mulai hari lebih awal, bisa dengan bangun pagi lebih awal atau beraktivitas lebih awal dari jadwal biasanya. Awali hari dengan aktivitas ringan. Entah dengan menyiapkan sarapan kesukaan atau melakukan olahraga ringan di pagi hari dengan udara yang masih segar. Awal hari yang menyenangkan bisa membantu kita mendapatkan suasana hati yang lebih nyaman.

Yuk, tetap semangat jalani hidup. Semoga tips dan info di atas bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading