Sukses

Lifestyle

4 Penyebab Panu di Tangan dan Cara Pencegahannya

Fimela.com, Jakarta Panu terjadi karena infeksi jamur yang sangat umum dan dapat mengganggu pigmentasi normal kulit. Panu dapat menghasilkan bercak-bercak kecil di kulit yang biasanya memiliki warna lebih terang atau mungkin lebih gelap pada kulit dan sekitarnya.

Infeksi dari panu ini disebabkan oleh jamur Malassezia furfur, jamur satu ini dapat terjadi secara alami pada kulit dan dapat berkembang biak seperti ragi, dan membuat tubuh serta bagian kulit mengalami panu.

Panu bisa terjadi pada bagian tubuh dimana saja, hal ini sangat menganggu dan membuat kita tak nyaman serta percaya diri. Tapi, ada beberapa pengobatan dari panu sendiri yang biasanya menggunakan salep. Berikut beberapa penyebab panu di tangan yang bikin tak nyaman:

Gejala dari Panu di Tangan

Seseorang yang mengalami gejala panuan biasanya akan mengalami bintik-bintik yang muali muncul di area kulit. Bintik-bintik ini mungkin lebih terang atau gelap dari kulit dan sering kali terlihat ketika kamu memiliki kulit yang agak coklat.

Meskipun sering terjadi di sekitar leher atau bagian kulit lainnya, panu juga dapat terjadi di bagian tangan. Berikut beberapa gejala yang mungkin kamu alami saat mengalami panuan :

  • Bintik-bintik gatal.
  • Bintik-bintik yang tumbuh perlahan seiring waktu.

Penyebab dan Faktor Risiko Panu di Tangan

Pada panu, jamur yang hidup pada area kulit yang sehat ternyata dapat tumbuh terlalu cepat dan membuat adanya bercak-bercak di sekitar kulit tumbuh dan berubah warna. Pertumbuhan berlebih ini juga dapat dipicu oleh kombinasi faktor lingkungan dan biologis, selain itu berikut beberapa faktor lainnya:

  • Kulit berminyak.
  • Tinggal di iklim yang panas dan lembab.
  • Fluktuasi hormon.
  • Sistem kekebalan tubuh yang melemah.

Bagi seorang remaja mungkin sering mengalami fluktuasi hormonal, sehingga pada remaja kemungkinan akan mengalami risiko panu di tangan, kepala, atau bagian tubuh lainnya.

Cara Mendiagnosis Panu

Panu atay tinea versikolor tentu tidak berbaya tapi, hal ini justru dapat membuat banyak orang tak percaya diri. Kamu juga perlu ke dokter kulit untuk mengetahui penyebab lainnya dan cara mengatasi masalah satu ini.

Cara Mengatasi dan Pencegahan Panu

Banyak pilihan obat yangs ederhana untuk mengatasi panu, tentu jika kamu periksa ke dokter akan mengetahui apa saja obat yang tepat untuk mengatasi masalah satu ini. Berikut beberapa pilihan perawatan yang dapat kamu lakukan:

  • Krim dan losion yang mengandung selenium sulfide, ketoconazole, atay pyrithione zinc.
  • Sampo obat dan sabun mandi khusus untuk mengatasi jamur.
  • Obat antijamur yang digunakan pada area tubuh yang terkena panu.

Cara Mencegah Panu di Tangan

Cara yang dapat kamu lakukan untuk pencegahan pada panu yang paling efektif adalah kebersihan, menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran dari kulit ternyata dapat melindungi seseorang dari tertular infeksi satu ini. Lotion dan shampoo antijamur juga menjadi pengobatan sederhana dan tepat untuk mengatasi panu.

Panu tentu membuat banyak orang tak percaya diri, terlebih panu sangat terihat di bagain tangan dan menimbulkan bintik-bintik kecil di tangan. Untuk masalah satu ini kamu dapat minta salep atau lotion di apotek yang dikhususkan untuk mengatasi masalah panu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading