Sukses

Lifestyle

10 Rekomendasi Wisata Seru di Jakarta Saat Weekday Sampai Weekend

Fimela.com, Jakarta Banyak warga Jakarta yang bingung saat ditanya bisa wisata apa saja di Jakarta? Kalau jawab sekenanya, paling banyak menyarankan me mal saja.

Nah, berikut ini bisa jadi panduan bagi warga Jakarta sekaligus orang luar kota untuk berwisata di ibu kota negara. Lengkap mulai dari wisata belanja, wisata kuliner, wisata sejarah, wisata budaya, mencari spot-spot cantik untuk diunggah ke media sosial.

Data dari lifestyle superapp Traveloka menunjukkan, Jakarta menjadi salah satu kota dengan peminat staycation paling banyak dan tren ini secara konsisten mengalami perkembangan yang tercermin dari adanya peningkatan pemesanan hingga 30 persen bahkan setelah libur Lebaran 2022.

Berikut beberapa ide berwisata di Jakarta, termasuk staycation, yang bisa dilakukan untuk turut memeriahkan hari ulang tahun Jakarta. Tentunya semua kegiatan ini tidak memungkinkan untuk dilakukan dalam sehari, sehingga bisa disesuaikan dengan waktumu.

 

1. Berolahraga di taman kota

Jakarta punya banyak pilihan taman yang bisa dikunjungi sebagai lokasi berolahraga, khususnya pada pagi hari. Di antaranya Sumenep Promenade dan Taman Suropati di Jakarta Pusat, Taman Ria Rio di Jakarta Timur, Taman Langsat di Jakarta Selatan, Taman Hutan Kota Penjaringan di Jakarta Utara, dan Hutan Kota Srengseng di Jakarta Barat.

 

2. Menyantap sarapan dengan menu pilihan warga Jakarta

Terdapat banyak menu sarapan di Jakarta yang bisa dipilih untuk disantap sebelum memulai hari, salah satunya bubur. Menurut data Traveloka, bubur menjadi salah satu pilihan menu sarapan penduduk Jakarta dengan waktu pemesanan biasanya pukul 07.00 – 09.00 pagi.

Memesan makanan jadi lebih mudah menggunakan layanan Traveloka Eats delivery yang memungkinkan kamu pilih dan pesan makanan favorit dengan lebih praktis dan nyaman tanpa perlu pergi ke luar rumah.

 

3. Berfoto dengan latar landmark ibu kota

Jakarta punya aneka landmark ikonis yang bisa dijadikan latar foto. Beberapa landmark ini berlokasi di tengah keramaian lalu lintas, tapi kamu tetap bisa berfoto dari sisi trotoar. Antara lain ada Monumen Nasional atau Monas, Patung Selamat Datang serta Bundaran HI, dan Gelora Bung Karno.

 

4. Jalan-jalan ke Jakarta Fair 2022

Merayakan ulang tahun Jakarta belum lengkap kalau belum ke Jakarta Fair Kemayoran 2022 atau Pekan Raya Jakarta dari 9 Juni 2022 hingga 17 Juli 2022 di JIEXpo Kemayoran, Jakarta Utara. Kamu wajib siapkan fisik yang baik karena akan banyak berjalan kaki di area ini, apalagi kalau kamu hendak wisata kuliner, menonton konser musik, belanja, dan menyaksikan pertunjukan kembang api.

 

5. Wisata ke museum dan galeri seni

Sisi sejarah Jakarta cukup menarik untuk diketahui. Kamu bisa mempelajari lebih jauh dengan mengunjungi beragam museum di Jakarta. Beberapa di antaranya ada di satu kawasan jadi lebih mudah dicapai dengan berjalan kaki, yaitu di kawasan Kota Tua.

Tidak hanya museum, sebagai kota modern Jakarta juga menjadi rumah dari beragam kesenian, termasuk seni kontemporer. Kegiatan pergi ke museum atau galeri seni ini tak hanya dapat menambah wawasan sekaligus bisa menambah pengalamanmu, namun juga dapat menjadi ajang pencarian spot foto estetik di Ibu Kota.

Kamu bisa dengan mudah mencari tiket ke museum atau galeri seni di Jakarta melalui Traveloka Xperience.

 

6. Staycation

Jakarta menjadi salah satu kota favorit masyarakat untuk staycation. Menurut data Traveloka, lokasi akomodasi favorit ada di di Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat, diikuti Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Jenis akomodasi yang paling diminati adalah hotel dan apartemen.

Agar pemilihan akomodasi menjadi lebih nyaman dan sesuai kebutuhanmu, kamu bisa membaca ulasan atau review dari para tamu hotel sebelumnya. Kamu juga bisa memesan akomodasi khusus untuk keluarga atau sekelompok teman dengan Traveloka Holiday Stays, jadi lebih private dan nyaman.

 

7. Workcation 

Selain tren staycation, tren business trip (perjalanan bisnis) atau workcation saat pertengahan minggu juga digemari masyarakat. Banyak hotel di Jakarta sudah menyediakan fasilitas workcation, tapi tetap pastikan bahwa apa yang kamu butuhkan sudah tersedia di hotel tersebut. Salah satunya koneksi internet yang mumpuni.

 

8. Keliling Jakarta dengan ragam moda Transportasi

Sebagai ibu kota negara, Jakarta memiliki banyak moda transportasi modern. Kamu bisa menjelajah ke seluruh penjuru kota dengan layanan Transjakarta, yang merupakan jaringan BRT (Bus Rapid Transit) dengan jalur bus terpanjang di dunia.

Bagi pecinta moda transportasi berbasis rel, Jakarta memiliki MRT Jakarta, LRT dan juga KRL yang juga dapat membawamu ke berbagai pilihan destinasi wisata di ibu kota. Kamu juga bisa mencoba naik Bus Wisata Transjakarta.

Cek terlebih dahulu rute-rute mana saja yang tersedia, dan titik penjemputan atau penurunan penumpang. Agar lebih praktis dan nyaman dalam menjelajah keindahan kota Jakarta, Traveloka menyediakan layanan Quick Ride serta Car Rental.

Fun fact: Berdasarkan data Traveloka, Jakarta adalah salah satu kota dengan peningkatan yang cukup tinggi untuk pemesanan moda transportasi darat yaitu sebesar 30 persen usai Lebaran 2022. Jenis transportasi yang paling digemari adalah bus dan travel, kereta api, serta rental mobil.

 

9. Mengenal ragamnya budaya di Jakarta

Bisa dikatakan, Jakarta adalah melting pot beragam budaya. Selain kawasan pecinan di Glodok, misalnya, kamu bisa mendatangi area Little India di Pasar Baru dan area Little Tokyo di Blok M. Kamu bisa jalan-jalan sendiri atau ikut tour berdurasi beberapa jam bersama wisatawan lainnya. Kalau kamu ingin mengetahui lebih jauh soal budaya Betawi, salah satu tempat yang bisa dikunjungi adalah Setu Babakan. Selain menikmati makanan khas Betawi, kamu juga bisa belajar bikin kerak telor dan mengelilingi museum.

 

10. Jalan-jalan ke tempat wisata outdoor di Jakarta

Selain mal, Jakarta punya banyak tempat wisata outdoor yang wajib dikunjungi. Misalnya Taman Margasatwa Ragunan, Taman Wisata Alam Mangrove, dan Dunia Fantasi atau Dufan. Kalau ingin wisata ke Dufan, kamu disarankan pesan tiket online terlebih dulu. Salah satunya di Traveloka Xperience.

Selain taman wisata, kamu juga bisa menjelajah keindahan kepulauan seribu di Jakarta dengan turut mengikuti tur wisata. Untuk memudahkan kamu menentukan persiapan perjalanan dari jadwal wisata, transportasi hingga akomodasi, kamu bisa dengan mudah memesan tur kepulauan seribu melalui Traveloka Xperience.

Fun fact: Terdapat peningkatan booking hingga dua kali lipat di Traveloka, khususnya untuk amusement park, saat libur Lebaran 2022 dibanding sebelum periode libur lebaran.

Setelah menyimak rangkaian tips dan rekomendasi Traveloka diatas, pastikan momen perayaan HUT Jakarta kamu dan orang tersayang lebih berkesan dan tak terlupakan dengan memanfaatkan beragam kemudahan yang disediakan aplikasi Traveloka. Mulai dari produk dan layanan yang end-to-end untuk para konsumen, hingga rangkaian program harga spesial yang dapat dengan mudah ditemukan oleh konsumen.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading