Apa yang Dimaksud Ayam Broiler? Cek Di Sini Untuk Perawatannya

Vania Al kautsar27 Jun 2022, 19:29 WIB
Diperbarui 27 Jun 2022, 19:32 WIB
Ayam - Vania

Fimela.com, Jakarta Ada banyak jenis ayam yang mungkin kamu tidak tahu atau mungkin kamu hanya mengetahui sebagian jenis ayam saja. Mungkin jenis ayam yang paling banyak orang tahu adalah ayam kampung, padahal ada banyak jenis ayam dan berbagai rasa yam sendiri.

Perawatan ayam sendiri tidak begitu susah tetapi, membutuhkan lahan yang luas untuk memaksimalkan ayam berkembang biak dan hidup. Selain itu bagi seseorang yang ingin memiliki ayam diperlukan perawatan khusus termasuk pangan yang berkualitas.

Tahukah kamu apa itu ayam broiler? Ayam broiler merupakan salah satu jenis ayam yang paling banyak dimiliki. Selain memiliki pertumbuhan daging yang cepat, berikut beberapa penjelasan ayam broiler yang mungkin belum kamu tahu:

Apa itu Ayam Broiler?

Ayam - Vania
ilustrasi ayam/https://unsplash.com/Thomas Iversen

Ayam broiler atau ayam ras pedaging, ayam broiler merupakan ras unggulan dari hasil persilangan beberapa jenis ayam yang memiliki daya produktivitas tinggi. Ayam broiler yang merupakan hasil dari perkawinan silang dan sistem berkelanjutan sehingga mutu genetiknya dikatakan baik.

Untuk beberapa genetik yang baik akan muncul secara maksimal apabila ayam tersebut diberikan beberapa faktor lingkungan yang mendukung, pakan yang berkulitas tinggi, dan perawatan kesehatan yang memadai.

Ternyata ayam broiler merupakan salah satu ayam ternak yang paling ekonomis jika dibandingkan dengan ayam lainnya. Ayam broiler juga sangat cepat dalam pertumbuhannya dan produksi dagingnya.

Cara Merawat Ayam Broiler

Ayam - Vania
ilustrasi ayam/https://unsplash.com/Chatnarin Pramnapan

Merawat ayam broiler tidaklah mudah, ada beberapa cara yang perlu kamu perhatikan saat merawat ayam broiler. Berikut beberapa cara perawatan ayam broiler yang dapat kamu lakukan:

  • Memilih DOC yang berkualitas.
  • Memastikan kandang yang sesuai dan nyaman bagi ayam.
  • Menggunakan kandang yang tertutup.
  • Memasang penerangan di kandang.
  • Memberikan pakan ayam yang bernutrisi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai ayam broiler dan cara perawatan yang dapat kamu lakukan. Perawatan ayam boriler sendiri tak mudah ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, semoga beberapa informasi diatas bermanfaat untuk kamu.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela