Sukses

Lifestyle

Jarang Disadari, Ini 5 Tanda yang Menunjukkan Kamu Terlalu Manja

Fimela.com, Jakarta Karakter dan sifat kita tentu dapat dipengaruhidari lingkungan dimana kita dibesarkan. Pendidikan orangtua dan lingkungan memberikan peran besar dalam membangun karakter. Beberapa anak mungkin memiliki kepribadian yang mandiri, dan sebagian lainnya hanya berpangku tangan dan sangat manja.

Orang-orang yang manja biasanya, enggan untuk melakukan usaha keras untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Mereka juga mudah menyerah, menyepelekan hal-hal kecil dan bahkan sulit untuk disiplin. Ingin mengetahui lebih jelas tentang tanda-tanda anak yang dimanja? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Kamu Terlalu Mudah Menyerah

Seberapa cepat kamu menyerah pada tugas-tugas sulit? Beberapa tugas bisa sangat sulit sampai-sampai kita ingin segera menyerah. Tetapi jika kamu mendapati diri menyerah pada sebagian besar tugas dengan hanya sedikit kesulitan, mungkin kamu terlalu dimanjakan.

2. Mengeluh daripada Menikmati Apa yang Dimiliki

Berapa kali kamu mengeluh dalam sehari? Jika kamu lebih sering mengeluh tentang ketidaknyamanan kecil dalam hidup daripada menikmatinya, kemungkinan besar kamuterlalu dimanjakan. Jika kamu terbiasa mendapatkan apa yang kamu inginkan untuk waktu yang lama, maka kamu mungkin mulai menemukan bahwa ketidaknyamanan kecil apa pun layak untuk dikeluhkan.

3. Tidak Terlalu Suka Menawarkan Bantuan

Apakah kamu menawarkan bantuan untuk orang lain? Ketika kamu melihat seseorang berjuang, apakah kamu sering berpikir untuk bergegas ke sisi mereka dan mengulurkan tangan? Apakah kamu mempraktikkan rasa syukur dan memberi kepada mereka yang kurang beruntung ketika kamu bisa?

Jika kamu tidak sering menawarkan bantuan kepada orang-orang di sekitarmu kemungkinan besar kamu adalah orang yang terlalu dimanja. Sangat umum bagi individu yang manja untuk tidak memikirkan orang lain sesering mereka memikirkan kebutuhan mereka. Tetapi mempraktikkan rasa syukur dan menempatkan diri pada posisi orang lain mungkin hanya membantumu mengembangkan dan menanamkan sifat kemurahan hati ini.

4. Beraksi Keras Terhadap Kekecewaan Kecil

Seberapa kuat kamu bereaksi terhadap kekecewaan sehari-hari? Tanda jika kamu dimanjakan adalah bereaksi berlebihan terhadap kekecewaan atau kekurangan terkecil sekalipun. Jika kamu terbiasa mendapatkan segalanya sesuai keinginan, kemungkinan besar kamu tidak akan terbiasa kecewa

5. Tidak Mandiri

Apakah kamu selalu bergantung pada seseorang? Baik secara emosional atau finansial? Nah ini juga merupakan tanda yang menunjukkan kamu terlalu manja. Kamu terbiasa dengan hal-hal yang dilakukan untukmu, jadi kemandirian adalah sesuatu yang sulit kamu perjuangkan. Kamu tidak pandai mengatur atau merencanakan hidup bersama karena orang lain biasanya melakukannya untukmu.

Keterampilan kemandirian ini dapat dikembangkan dengan latihan dan tekad. Jadi, ketika tugas sulitmu berikutnya muncul, ketahuilah bahwa itu mungkin tidak sesulit yang kamu bayangkan.

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading