5 Cara Tegarkan Diri saat Penampilanmu Dicela Orang Lain

Endah Wijayanti28 Jun 2022, 12:15 WIB
Diperbarui 26 Jul 2022, 15:07 WIB
perempuan dan menjadi lebih bahagia

Fimela.com, Jakarta Pernah mengalami pengalaman tak menyenangkan saat penampilanmu atau kondisi fisikmu dicela orang lain? Atau pernah merasa minder karena orang lain tak menyukai penampilan luarmu? Menghadapi perlakuan buruk yang berkaitan dengan penampilan atau kondisi tubuh (body shaming) memang bisa membuat harga diri dan rasa percaya diri kita turun.

Memang tidak mudah untuk bisa tetap merasa baik-baik saja saat penampilan kita dicela oleh orang lain. Bahkan dunia di sekitar kita seakan hancur dan runtuh saat orang lain mencibir atau berkata buruk tentang penampilan kita. Seakan kita tak pernah diterima apa adanya dengan baik. Namun, selalu ada kesempatan yang bisa membantu kita untuk bisa berusaha tegar menghadapi situasi ini.

 

 

1. Tetaplah Berpihak pada Diri Sendiri

perempuan dan tentang menjadi diri sendiri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Pixel-Shot

Apa pun dan bagaimana pun penampilan kita, akan selalu ada orang yang berkomentar atau mengatakan macam-macam tentang diri kita. Persoalan berat badan, bentuk wajah, warna kulit, gaya rambut, dan semua hal terkait penampilan kita akan selalu dikomentari macam-macam. Kita tak bisa mengatur respons orang lain, tetapi kita masih bisa tetap berpihak pada diri sendiri. Maksudnya terlepas dari penilaian orang lain, kita masih bisa mencintai dan menerima diri sendiri apa adanya.

 

2. Kenakan Sesuatu yang Nyaman

menjadi perempuan mandiri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/DeanDrobot

Selama kita nyaman dengan apa yang kita pakai atau kenakan, kita tak akan terlalu ambil pusing dengan perkataan buruk orang lain. Orang lain yang mencela kita sebenarnya sedang ada masalah dengan dirinya sendiri. Mereka hanya ingin merasa lebih baik dengan merendahkan orang lain karena sebenarnya ada rasa rendah diri yang ingin mereka tutupi.

3. Tetap Tampakkan Raut Bahagia

perempuan mandiri itu
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Kebahagiaan adalah tanggung jawab kita. Kita bisa tetap menampakkan raut wajah bahagia di mana pun kita berada, termasuk di depan orang yang mencela penampilan kita. Walau sebenarnya kita sedang kesal atau marah, tetapi justru dengan menampakkan kebahagiaan, kita bisa membuat orang yang mencela kita jadi ciut sendiri. Sebab cibiran dan komentar jahat mereka sudah kita abaikan.

 

4. Rawat Diri dengan Baik

perempuan dan tidak menjadi beban
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Chakkrit

Mencintai dan merawat diri sendiri, ini menjadi fondasi kuat sebagai sumber kekuatan besar agar bisa bertahan di masa sulit. Menghadapi penilaian, cibiran, dan komentar buruk orang lain bisa membuat kita terpuruk. Sebelum kita membiarkan diri makin terperosok dalam kesedihan dan perasan negatif, kita bisa fokus merawat diri dengan lebih baik agar kesehatan kita bisa tetap terjaga.

5. Apresiasi Diri Sendiri

perempuan sulung tulang punggung
Menjadi perempuan sulung./Copyright shutterstock.com/g/anontae2522

Tidak semua orang perlu tahu perjuangan kita soal bisa tetap percaya diri dengan penampilan yang kita punya. Bahkan ada perkara fisik dan kondisi tubuh yang memang sudah apa adanya seperti ini sejak lahir, dan kita tak bisa mengubahnya. Daripada fokus mendengar celaan atau komentar buruk orang lain, kita bisa lebih banyak mengutarakan kata-kata atau ucapan untuk mengapresiasi diri sendiri.

Menghadapi body shaming memang bisa membuat kita tertekan. Semoga ke depannya kita bisa lebih percaya diri dengan menjadi diri kita apa adanya dan senantiasa berupaya jadi diri dengan versi lebih baik dari waktu ke waktu.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela