5 Bukti Dirimu Sebenarnya Belum Terlambat Memulai Hal Baru

Endah Wijayanti29 Jun 2022, 14:15 WIB
Diperbarui 29 Jun 2022, 14:15 WIB
perempuan dan memulai hal baru

Fimela.com, Jakarta Memulai sesuatu yang baru selalu mendebarkan. Bahkan bisa jadi sangat menggelisahkan dan membuat kita tak tenang. Saat usia makin bertambah, biasanya rasa takut mencoba hal baru jadi makin besar.

Apalagi dengan usia yang terus bertambah dan peluang yang terasa makin sempit, memulai hal baru entah itu dalam aspek pendidikan, pekerjaan, atau hubungan, bisa terasa sangat menakutkan. Namun, seperti yang sudah sering kita dengar bahwa tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai sesuatu. Bahkan sebenarnya kita belum terlambat untuk memulai hal baru yang kita mau. Lima tanda ini bisa menjadi bukti bahwa kita punya kemampuan untuk mencoba hal yang mungkin kita anggap sudah terlambat untuk kita.

 

1. Bisa Menerima Rasa Takut

segar pagi sehat olahraga
ilustrasi perempuan bahagia tersenyum/takayuki/Shutterstock

Mengutip laman Art of Improvement, rasa takut, gelisah, dan gugup adalah aspek fundamental dalam hidup. Kita semua merasakan dan mengalami semua emosi itu, khususnya ketika akan mencoba sesuatu yang baru. Mengambil risiko itu menakutkan. Mencoba melakukan hal yang terasa masih sangat asing bagi kita juga menakutkan. Namun, ketika kita sudah bisa merelakan diri untuk menerima rasa takut tersebut, kita sudah cukup siap untuk mengambil langkah pertama mencoba hal baru tersebut.

2. Dapat Memahami Konsekuensi

perempuan tabah sabar mandiri dewasa santai
ilustrasi/atiger/Shutterstock

Setiap pilihan yang kita ambil akan selalu ditemani dengan konsekuensi. Bahkan ada risiko-risiko baru yang perlu kita terima. Belum lagi dengan kemungkinan ada kegagalan yang harus kita alami saat mencoba sesuatu yang baru. Saat kita bisa mengetahui itu sama dan memahami ada konsekuensi yang bisa kita terima dan atasi, maka sebenarnya kita bisa mencoba hal baru tersebut dengan kesiapan tersebut.

 

3. Punya Standar Kebahagiaan Sendiri

perempuan tua tenang bernapas santai memakai payung
ilustrasi/polkadot_photo/Shutterstock

Akan sulit bagi kita untuk mencoba hal baru jika kita terus menerus membandingkan diri kita dengan orang lain. Kita akan terus merasa ragu untuk mencoba hal baru jika kita terus membuat perbandingan. Kita akan lebih mantap untuk mencoba hal baru saat kita punya standar kebahagian sendiri. Atau minimal dengan punya target yang ingin dicapai, kita bisa termotivasi untuk terus bergerak. Adanya standar dan target yang ditetapkan sendiri, kita bisa memiliki kesiapan yang lebih baik untuk berhasil dalam hal baru yang akan kita coba.

4. Mampu Mengelola Stres dengan Baik

santai minum kopi
ilustrasi./CandyRetriever/Shutterstock

Pastinya ada stres dan tekanan baru yang akan kita terima ketika mencoba hal baru. Apalagi kalau ada kesulitan dan tantangan baru yang perlu ditaklukkan, maka kita pun perlu siap menyambut hadirnya rasa stres yang baru. Ada saatnya kita tak bisa menolak kehadiran situasi yang membuat kita stres. Saat kita sudah memiliki kemampuan untuk mengelola stres dengan baik, maka sebenarnya kita sudah siap untuk mencoba hal baru yang kita mau.

5. Menyayangi Diri dengan Semua Kelebihan dan Kekurangan

bahagia tersenyum minum kopi
ilustrasi/Photoroyalty/Shutterstock

Memulai hal baru bisa membuat kita merasa sangat sendirian atau kesepian. Di sini, kita perlu punya bekal unuk bisa menyayangi diri sendiri dengan utuh. Mengutip buku How to Respect Myself, jika kita mencintai diri sendiri maka hidup akan menjadi lebih mudah. Kita merasa seperti ada yang menemani meskipun berjalan sendirian. Kita tidak terlalu terganggu walaupun merasa kesepian. Sehingga saat mencoba hal baru dan menapaki kesempatan baru, kita bisa lebih tegar.

Semoga apa pun hal yang ingin kita coba atau mulai kembali, kita bisa mendapatkan pengalaman yang lebih berwarna dalam hidup kita, ya. Sekalipun ada hal yang tidak sesuai rencana, yakinlah setiap pengalamannya pasti berharga.

 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela