5 Perubahan yang Paling Terasa saat Lebih Sering Tersenyum

Endah Wijayanti02 Jul 2022, 12:35 WIB
Diperbarui 02 Jul 2022, 12:36 WIB
perempuan dan lebih sering tersenyum 1

Fimela.com, Jakarta Menggerakkan bibir ke atas perlahan sembari menarik napas dalam lalu menampilkan seulas senyuman sebenarnya adalah hal yang sederhana dan mudah dilakukan. Bahkan menggerakkan otot ini bisa lebih mudah daripada mengendalikan emosi dengan instan. Lebih sering tersenyum pun bisa menghadirkan sejumlah perubahan positif.

Ada setidaknya lima perubahan yang paling terasa saat kita mulai lebih sering tersenyum. Bahkan menghadirkan senyum untuk diri sendiri bisa memberi hal baik. Berikut ini lima hal yang bisa terjadi saat kita makin sering tersenyum.

 

1. Emosi Bisa Terkendali dengan Lebih Baik

perempuan dan lebih sering tersenyum
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/lookstudio

Makin sering tersenyum maka kemampuan kita untuk mengontrol emosi jadi ikut membaik. Mengutip buku How to Respect Myself, mengontrol emosi dengan baik artinya mengetahui cara mengombinasikan perasaan dengan tepat. Saat marah dan panas berlebihan harus disirami dengan emosi dingin, sedangkan saat tidak bersemangat atau dingin maka jantung harus dipicu kembali dengan emosi panas. Tersenyum bisa bantu hadirkan emosi dingin sehingga bisa memudahkan kita untuk mengendalikan diri saat sedang marah atau merasakan emosi panas.

 

2. Suasana Hati Jauh Lebih Baik

zodiak perempuan bahagia
ilustrasi/photo created by lookstudio - www.freepik.com

Sedang bad mood atau suasana hati sedang buruk? Cobalah untuk tersenyum. Suasana hati yang buruk juga bisa diobati dengan tersenyum. Selain itu, tersenyum bisa mencegah seseorang tampak lelah dan letih. Senyum bisa melepaskan endorfin, senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami dan serotonin. Ketiganya adalah hormon yang bisa membuat suasana hati kita bahagia. Jika pikiran sedang kalut atau kalut, ambillah waktu untuk tersenyum, karena bisa bantu perbaiki suasana hati jadi lebih positif.

3. Tubuh Terasa Lebih Bugar

perempuan olahraga
ilustrasi olahraga di rumah/BUNDITINAY/Shutterstock

Orang-orang yang sering tersenyum memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik. Kondisi tubuh yang santai dengan kekebalan tubuh yang baik akan mencegah tekanan darah tinggi dan serangan jantung. Pencernaan juga lebih sehat. Tubuh bisa terasa lebih bugar saat kita makin sering tersenyum.

4. Pikiran Lebih Jernih

tertawa baju pink
ilustrasi perempuan bahagia/Krakenimages.com/Shutterstock

Saat sedang stres, biasanya wajah akan tampak muram. Makin muram ekspresi kita, makin rumit dan penuh tekanan rasanya stres yang kita rasakan. Tersenyum bisa bantu rileskan otot-otot di wajah dan ini bisa membuat pikiran kita jadi lebih jernih. Saat pikiran lebih jernih, kita bisa lebih mudah mencari jalan keluar dari masalah yang sedang kita hadapi.

 

 

5. Tampak Lebih Awet Muda

perempuan berkacamata
ilustrasi perempuan bahagia/photo created by lookstudio - www.freepik.com

Wajah orang yang tersenyum senantiasa memancarkan aura menyenangkan. Bahkan bisa membuatnya tampak lebih awet muda. Daripada murung dan cemberut, mending tersenyum untuk bisa terlihat lebih cantik dan awet muda. Kalau nggak percaya, bisa dicoba deh mulai dari sekarang lebih banyak tersenyum lagi.

Jadi, sudahkah tersenyum hari ini? Semoga dalam keseharian, kita bisa senantiasa menemukan kebahagiaan dan menciptakan kebahagiaan yang dapat mewarnani hari-hari kita.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela