Jangan Keliru, Cek 3 Cara Pesan Kopi di Kafe yang Benar

Kezia Prasetya Christvidya04 Jul 2022, 11:05 WIB
Diperbarui 05 Jul 2022, 12:34 WIB
coffee shop

Fimela.com, Jakarta Zaman sekarang ada banyak sekali kafe yang bagus, cocok untuk nongkrong dan memiliki lokasi yang strategis. Namun, karena banyaknya menu yang disajikan, hal ini dapat membuat pelangan bingung untuk memilih menu. Apalagi jika melihat harga yang ditawarkan untuk membeli segelas kopi terbilang cukup mahal.

Sebenarnya tak perlu ragu-ragu untuk datang ke coffee shop atau kafe yang terkesan mahal. Tak semua menu dijual dengan harga yang mahal. Terkadang kafe tersebut menyediakan menu yang sedang promo.

Memang benar jika coffee shop menyediakan menu-menu unik, yang membuat pelanggan bingung dengan namanya. Tapi Sahabat Fimela tidak perlu khawatir dengan menu kopi yang disajikan di coffee shop. Yuk cek cara pesan kopi di kafe yang benar:

Jenis Kopi di Kafe

kopi
ilustrasi jenis kopi/Teerapong mahawan/shutterstock

1. Espresso

Jenis minuman kopi yang wajib dikenali pecinta kopi yang pertama adalah espresso. Espresso adalah kopi murni yang tidak dicampur dengan bahan apapun, dan tanpa menggunakan susu atau gula. Rasa kopi pahitnya lumayan kuat dengan tekstur kopi yang berwarna hitam pekat, terdapat buih putih diatasnya, dan di sajikan dengan cangkir khusus untuk espresso dengan ukuran sekitar 30mililiter. Kopi ini mengandung kalori yang rendah.

2. Americano

Americano adalah jenis kopi yang hampir sama dengan espresso. Perbedanaanya adalah americano terbuat dari mengencerkan espresso yang dicampur dengan air. Jenis kopi ini memiliki nama lain Long Black. Biasanya disajikan menggunakan cangkir dengan ukuran 178mililiter, dan bisa disajikan dengan dingin atau panas.

3. Cappucinno

Minuman cappucinno berasal dari negara Italia, yang terkenal dengan kopi yang berlapis foam susu dan ditaburi dengan bubuk cokelat. Kopi ini dibuat dengan campuran susu dan espresso dengan perbandingan 1:1. Biasanya kopi ini disajikan dengan gelas ukuran 88milimeter hingga 177milimeter. Cappucinno juga bisa disajikan dengan es maupun panas.

4. Macchiato

Macchiato merupakan jenis kopi yang disajikan dengan dua macam yang berbeda, yaitu long macchiato dan short macchiato. Macchiato jenis long dibuat menggunakan double espresso, sedangkan short macchiato dibuat dengan single shot espresso. Hampir sama dengan cappucino, macchiato dibuat dengan campuran susu. Namun perbandingannya susu dan espresso adalah 4:1.

 

Jenis Kopi di Kafe

kopi
ilustrasi jenis kopi/Elena Veselova/shutterstock

5. Mocha

Mocha merupakan jenis kopi yang berasal dari daerah Yaman, yaitu Moka. Kopi ini sangat unik dan beda dari yang lain. Karena kopi ini dibuat dengan susu, cokelat dan espresso. Kopi mocha dibuat dengan perbandingan 1/5 susu, 2/5 cokelat dan 2/5 espresso. Kopi mocha juga memiliki nama lain mochachino.

6. Affogato

Jenis kopi affogato sangat terkenal di negara Eropi. Kopi ini biasanya digunakan sebagai minuman pencuci mulut, disajikan saat musim panas dan setelah makan malam. Minuman ini memiliki rasa yang nikmat, karena terbuat dari campuran espresso dengan es krim vanilla, dengan perbandingan 2/5 espresso dan 3/5 es krim.

7. Cold Brew

Kopi identik disajikan dengan menggunakan air hangat. Namun jenis kopi cold brew ini disajikan dengan air dingin. Kopi ini memiliki rasa yang tidak terlalu pahit dan tidak terlalu asam. Es kopi yang satu ini sangat terkenal di Korea dan sering muncul di dalam drama Korea.

8. Frappe

Jenis kopi terakhir yang sering ada di menu kafe adalah frappe. Nama kopi ini berasal dari bahasa Yunani yang artinya es kopi. Kopi ini terbuat dari campuran kopi, air, gula dan es batu yang dikocok atau diolah menggunakan blender, hingga berbentuk busa.

Cara Pesan Kopi di Kafe

kopi
ilustrasi cara pesan kopi/Aleksandrs Muiznieks/shutterstock

1. Mendatangi Barista

Saat memasuki kafe, sebaiknya langsung berjalan mendatangi barista. Kemudian perhatikan menu yang disediakan di kafe tersebut. Pilihlah kopi sesuai dengan budget yang dimiliki.

2. Jangan Malu Tanya Pada Barista

Jika tidak paham dengan menu yang ada, sebaiknya tanyakan pada barista. Tak hanya bertanya tentang menu dan harganya saja, sebaiknya tanyakan juga tentang promo yang ada. Karena biasanya ada promo-promo yang disediakan dari kafe tersebut. Bahkan coffee shop sering menyediakan menu rahasia, yang tidak tertulis dalam daftar menu.

3. Bayar Terlebih Dahulu

Setelah memesan kopi, jangan lupa untuk membayar terlebih dahulu. Kafe akan menyediakan berbagai macam pembayaran, bisa menggunakan metode pembayaran debit atau cash. Bahkan banyak kafe yang sudah menyediakan sistem pembayaran menggunakan QRIS. Jika sudah membayar, cari tempat duduk dan tunggulah sampai barista memanggil namamu. Kemudian ambil kopi tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela