Mengenal Omnichannel eCommerce yang Bikin Bisnis Online di Berbagai Marketplace Jadi Lebih Praktis

Vinsensia Dianawanti04 Jul 2022, 13:30 WIB
Diperbarui 04 Jul 2022, 13:30 WIB
Bisnis Bisa #NaikKeLaz

Fimela.com, Jakarta Bisnis online kini semakin merajalela seiring dengan semakin luasnya pengguna internet. Hal ini karena terbukanya peluang bisnis yang semakin besar untuk meraih lebih banyak pelanggan.

Biasanya, sebuah bisnis online tidak hanya memiliki gerai online di satu marketplace saja. Tujuannya untuk semakin merambah konsumen yang lebih luas serta memperbesar peluang penjualan.

Akan tetapi, semakin banyak marketplace atau saluran yang digunakan mungkin dapat membuat bisnis kewalahan dalam mengelolanya. Hal ini berpotensi mengurangi performa pegawai toko dalam berinteraksi dan memberikan pelayanan terhadap konsumen, yang mana bisa berisiko menurunkan kepuasan konsumen.

Untuk itu, Omnichannel eCommerce bisa menjadi solusi untuk bisa terintegrasi dengan berbagai platform marketplace dalam satu saluran. Kehadiran Omnichannel eCommerce membantu bisnis agar bisa hadir di berbagai platform marketplace atau saluran belanja online sekaligus mengelolanya secara lebih praktis. Dengan demikian, bisnis online dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih mulus dan menyenangkan.

 

Mengenal Omnichannel eCommerce

Mengenal Omnichannel eCommerce yang Bikin Bisnis Online di Berbagai Marketplace Jadi Lebih Praktis
Dengan Omnichannel eCommerce, bisa menjadi solusi praktis bisnis online dengan banyak marketplace (HiToko)

Salah satu omnichannel eCommerce yang bisa dicoba adalah HiToko besutan PT Digital Wings Indonesia. Didirikan pada 20 Juli 2021, HiToko memberikan solusi layanan Omnichannel eCommerce bagi ribuan pemilik bisnis di Indonesia.

"HiToko menyediakan solusi Omnichannel eCommerce untuk para pebisnis atau online seller di Asia Tenggara. Membantu seller mengelola bisnis di berbagai marketplace atau saluran belanja online yang terintegrasi dalam satu platform secara terpadu, meliputi aspek inti seperti produk, pesanan, pengiriman, inventaris, dan pelanggan di berbagai saluran," kata Alex Liang selaku CEO HiToko.

HiToko juga mengintegrasikan semua chat pelanggan dari berbagai saluran di HiToko Chat. Memudahkan bisnis dalam membalas setiap pesan pelanggan tanpa perlu menghabiskan banyak waktu untuk pindah-pindah saluran.

 

Fitur yang sedang dikembangkan

Kini, Hitoko sedang merancang sistem manajemen gudang yang membantu pebisnis mengelola proses inbound, outbound, transfer, pemeriksaan inventaris multigudang, memahami data inventaris real-time dari satu sistem, dan meningkatkan profitabilitas gudang.

HiToko memiliki fitur sinkronisasi otomatis dari berbagai marketplace yang membuat pengambilan pesanan lebih stabil, lebih cepat, dan memastikan tidak ada pesanan yang terlewat. Fitur ini memungkinkan seller untuk tetap mempertahankan respons yang cepat meskipun mendapatkan pesanan dalam jumlah besar.

Menurut pernyataan Dhenny Mahardika selaku Head of Digital Marketing HiToko, selama kurang dari enam bulan website HiToko dirilis sudah memiliki ratusan pengguna baru yang terdaftar dan belasan ribu pengunjung. Dalam satu bulan saja, aplikasi HiToko yang tersedia di Google Play serta App Store telah bertambah lebih dari 2000 unduhan, pengguna kami pun terus bertumbuh setiap bulannya.

 

Mengakomodir beberapa marketplace

Beberapa platform marketplace dan saluran belanja online yang sudah terintegrasi dengan HiToko saat ini di antaranya ialah Tokopedia, Shopee, Lazada, dan TikTok Shop. HiToko juga memiliki dukungan Open API sehingga dapat dengan cepat terhubung ke platform e-commerce atau saluran penjualan lainnya yang dioperasikan sendiri oleh bisnis untuk menyelesaikan integrasi multisaluran.

Saat ini, HiToko menyediakan Paket Gratis bagi para pengguna baru yang ingin mulai menikmati layanan Omnichannel eCommerce dari HiToko. Terdapat juga Paket Growing, Pro, dan Enterprise dengan kisaran harga mulai dari Rp259.000 sampai Rp1.599.000 per bulannya untuk mendapat benefit dan fitur canggih tambahan. HiToko juga secara rutin merilis kampanye atau promosi khusus untuk memberikan lebih banyak pilihan kepada para pengguna, harga yang ditawarkan oleh HiToko adalah yang termurah di Indonesia dibanding kompetitor

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela