Sukses

Lifestyle

7 Penyebab Tidak Fokus Saat Bekerja yang Paling Umum dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Mungkin salah satu musuh terbesar saat bekerja adalah “fokus” Kita semua pasti pernah mengalami hari dimana sangat malas untuk bekerja atau terasa banyak tekanan. Merasa tidak  nyaman atau sulit untuk bekerja merupakan hal yang sangat normal dan dapat terjadi oleh siapa saja.

Banyakanya dateline sehingga akan membuat pekerjaan menumpuk, hal ini terkadang akan menimbulkan tekanan dari pekerjaan, rekan kerja, atau atasan yang membuat kita sulit untuk fokus. Masalah pribadi yang sedang dialami oleh setiap orang tentu dapat menghambat pekerjaan dan membuat banyak orang kesulitan untuk fokus.

Fokus tentu sangat penting untuk bekerja, karena dengan adanya fokus pada pekerjaan apapun yang sedang dikerjakan akan cepat selesai. Berbeda saat kita sedang tidak fokus dengan pekerjaan yang kita kerjakan, berikut beberapa penyebab tidak fokus saat bekerja:

1. Sangat Lelah

Setiap orang yang bekerja hampir 7 jam atau lebih tentu akan merasa sangat lelah di sore hari, bekerja dari pagi hingga sore atau bahkan malam hingga pagi akan membuat kesehatan tubuh terganggu. Merasa sangat lelah saat bekerja tentu akan mengganggu aktivitas selain itu dapat membuat kita kesulitan untuk fokus bahkan saat bekerja.

Selain itu saat kamu memiliki masalah dengan tidak cukup tidur, maka akan memberikan efek samping seperti merasa lelah atau sulit berkonsentrasi saat bekerja. Seseorang yang merasa sangat lelah atau kurang tidur terkadang akan mengalami gangguan komunikasi antara sel-sel otak dan membuat mereka lambat dalam merespons sesuatu.

2. Merasa Kewalahan

Kewalahan atau tidak sanggup dengan tugas yang dikerjakan, sangat umum di dunia kerja. Terkadang kita akan mendapatkan sebuah tugas yang sangat rumit atau bahkan tidak tahu bagaimana cara untuk mengatasi dan menyelesikan tugas tersebut. Pekerjaan yang membuat kita terasa sangat kesulitan untuk melakukan sesuatu terkadang dapat membuat seseorang sulit berkonsentrasi dan tidak fokus.

3. Sedang Mencoba Multitasking

Pernah mendengar istilah “multitasking” atau “multitask”? Ada banyak orang yang bekerja dan berusaha untuk menjadi pribadi yang dapat diandalkan atau terkadang dapat merepotkan dirinya sendiri. Seseorang yang multitasking terkadang akan mencoba beberapa hal secara sekaligus, seperti saat kamu berbicara dengan klien di telfon, membalas email, atau merevisi prososal yang dikerjaan secara bersamaan.

Semua orang tentu akan kesulitan menghadapi hal ini, apalagi jika tidak terbiasa, mungkin akan ada beberapa orang yang dapat multitasking. Hal ini dapat dilakukan karena mereka terbiasa dan sudah memanage waktu dengan baik, saat kita berusaha mencoba beberapa pekerjaan dan tugas secara sekaligus akan membuat kita kesulitan berkonsentrasi atau bahkan tidak fokus dengan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab.

4. Membeci Pekerjaan

Terkadang aka nada waktunya kita sangat membeci pekerjaan dan menyukai pekerjaan yang kit alakukan, seseorang yang membenci dengan pekerjaan mereka tentu akan melakukan setiap hal yang menghindari pekerjaan tersebut.

Selain itu pekerjaan yang tidak kita sukai ternyata akan membuat seseorang selalu menunda-nunda untuk menyelesaikannya, hal ini juga dapat memberikan efek negatif pada diri kita sendiri dan membuat kita merasakan kesulitan untuk fokus pada pekerjaan.

5. Tidak Memiliki Manajemen Waktu yang Baik

Manage atau mengatur, memiliki peran yang sangat penting bagi setiap orang yang akan melakukan pekerjaan mereka. Akan sangat sulit fokus di tempat kerja jika kita tidak memiliki manajemen waktu dengan baik atau perusahaan yang tidak memilikinya. Seseorang yang kesulitan untuk mengatur dengan baik dalam pekerjaannya akan keseulitan fokus dan selalu menunda pekerjaannya.

6. Terganggu atau Terlalu Ramai

Mungkin aka nada beberapa orang yang nyaman bekerja di tempat yang sepi dan beberapa lainnya terbiasa di tempat yang ramai, seseorang yang sulit fokus saat bekerja dapat disebabkan oleh adanya rekan kerja yang mengobrol dengan suara keras atau mendengarkan musik keras. Adanya kebisingan dapat membuat seseorang sulit berkosentrasi dan justru terkadang akan ikut mengobrol dengan rekan kerjanya sehingga akan kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaannya.

7. Terlalu Banyak Bekerja

Istilah saat ini adalah “overworked”, jika kamu terlalu banyak bekerja atau memiliki banyak pekerjaan secara bersamaan tentu akan kesulitan untuk bekerja. Alih-alih ingin menjadi orang yang multitask atau talented, terkadang hal ini akan membuat seseorang sulit fokus dan kurangnya produktivitas.

Terkadang beban pekerjaan yang berlebihan tidak hanya sulit untuk membuat kita fokus, hal ini juga dapat memberikan dampak negatif untuk kesehatan tubuh, bekerja memang baik dan penting tetapi kesehatan tubuh sangatlah penting.

Cara Mengatasi Sulit Fokus dalam Bekerja

Fokus memang sangat baik untuk pekerjaan yang sedang kita lakukan, tetapi saat kita merasa sulit untuk berkonsentrasi terkadang akan membuat beberapa masalah lainnya, berikut beberapa cara untuk mengatasi fokus dalam bekerja:

  • Istirahat yang cukup.
  • Mengurangi stress.
  • Atur pola makan dan gaya hidup.
  • Manage waktu dengan baik.
  • Beri hadiah untuk diri sendiri.

Itulah beberapa penyebab kesulitan berkonsentrasi atau fokus saat bekerja dan cara mengatasinya yang perlu kamu tahu. Setiap orang tentu memiliki tingkatan stress mauapun pekerjaan yang berbeda, meskipun bekerja baik tetapi, kamu juga perlu memikirkan kondisi serta kesehatanmu terlebih dahulu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading