5 Cara Tegarkan Diri Hadapi Keterbatasan dalam Hidup

Endah Wijayanti06 Jul 2022, 14:15 WIB
Diperbarui 06 Jul 2022, 14:15 WIB
perempuan dan keterbatasan hidup

Fimela.com, Jakarta Pernah merasa tak punya semangat hidup karena merasa punya banyak keterbatasan? Saat orang lain bisa memiliki sejumlah keistimewaan hingga hidupnya terasa lebih mudah, kamu malah merasa tidak bisa bertahan dan menjalani hidup yang ada karena merasa punya banyak keterbatasan. Rasanya begitu banyak kekurangan di dalam hidupmu.

Menghadapi dan menyikapi hidup yang rasanya penuh keterbatasan bisa terasa cukup menyulitkan. Kita ingin melakukan sesuatu tapi selalu gagal karena merasa selalu dihalangi oleh keterbatasan-keterbatasan. Jika seperti ini, kita perlu mengubah sudut pandang kita agar bisa lebih kuat menjalani hidup dengan lebih baik lagi.

 

1. Beradaptasi dengan Keterbatasan

perempuan dan hati tabah 2
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/JR-50

Mengutip buku Yes to Life, salah satu cara untuk memberikan makna dalam eksistensi hidup manusia dalah dengan beradaptasi pada batasan-batasan. Batasan-batasan yang dimaksud mulai dari hal-hal yang tak bisa diubah, tak terhindarkan, dan sudah ditakdirkan. Saat ada keterbatasan yang tak bisa kita ubah, kita perlu berupaya untuk beradaptasi dengan keterbatasan itu. Sehingga kita bisa lebih fokus memaksimalkan atau mengoptimalkan hal-hal yang masih bisa kita perbaiki dan usahakan.

2. Sayangi Diri Sendiri

perempuan dan rendah hati
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Mangostar

Mengutip buku How to Love, perasaan mengasihani diri sendiri berbeda dengan kecemasan atau Depresi. Perasaan mengasihani diri sendiri adalah perasaan rumit yang membuat seseorang merasa kecewa dan sedih terhadap diri sendiri. Menghadapi keterbatasan yang ada bisa membuat kita merasa jadi orang paling merana dalam hidup. Namun, makin kita mengasihani diri sendiri, kita bisa makin merana dan tidak berkembang.

3. Capai Target Sendiri

perempuan baju putih dewasa kalem cantik baik hati
ilustrasi perempuan tersenyum/Hananeko_Studio/Shutterstock

Buat pencapaian diri yang terbaik. Jadikan hari-hari dan hidupmu lebih bermakna, maka ketenangan dan kenyamanan diri akan hadir dengan sendirinya. Setiap pencapaian yang berhasil dibuat akan meningkatkan harga diri, dan ini bisa membuat kita lebih bersemangat untuk memperluas pengalaman. Serta tak lagi merasa hidup dalam keterbatasan.

 

4. Optimalkan Kelebihan Diri

perempuan baik hati ramah manis
ilustrasi tersenyum bahagia/All kind of people/Shutetrstock

Hidup kita dan orang lain tidak sama. Kadang kita merasa hidup kita penuh keterbatasan karena membandingkan diri dengan orang lain, padahal perjuangan tiap orang berbeda. Daripada makin kehilangan harapan dan rendah diri jalani hidup, ada baiknya untuk mengoptimalkan kelebihan diri. Kita tak bisa mengatur atau mengendalikan kehidupan orang lain. Yang bisa kita lakukan adalah menjalani kehidupan kita sendiri dengan mengupayakan hal-hal yang masih bisa kita usahakan.

5. Beranikan Diri Menghadapi Tantangan

perempuan memandang sedih
ilustrasi/JR-50/Shutterstock

Keterbatasan bisa diibaratkan sebagai tantangan. Tantangan yang perlu kita atasi untuk bisa "naik kelas" dalam hidup. Alih-alih merasa merana dan sedih dengan keterbatasan yang ada, kita bisa coba cari celah dan kesempatan baru untuk mengubahnya jadi tantangan. Sehingga kita termotivasi untuk melakukan hal-hal baru tanpa mengeluh berlebihan.

Apa pun keterbatasan yang kita miliki dalam hidup, semoga itu tak menjadi hambatan bagi kita untuk berkembang. Semoga kita tetap bisa menjalani hidup dengan sebaik-baiknya, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela