7 Tips Memilih Kulkas Baru yang Terbaik untuk Dapur

Vania Al kautsar07 Jul 2022, 12:11 WIB
Diperbarui 07 Jul 2022, 12:19 WIB
Kulkas - Vania

Fimela.com, Jakarta Kulkas merupakan salah peralatan dapur yang sangat penting di dalam rumah, terutama kulkas dapat membantu menyimpan makanan dan membuatnya menjadi segar serta bertahan lama. Selain itu memiliki kulkas tak hanya untuk menjaga kesegaran makanan tetapi, dapat memberikan kesan mewah dan elemen yang kuat sebagai dekorasi rumah.

Seiring perkembangan zaman tentu kita akan melihat berbagai macam bentuk, ukuran, dan fitur yang berbeda dari setiap kulkas. Tentu sebelum membeli kulkas ada beberapa faktor yang perlu kamu pertimbangkan terlebih dahulu seperti fitur, kapasitas, dan lainnya.

Ada baiknya untuk mempertimbangkan dengan benar untuk mematikan kulkas pilihan agar tahan lama dan seusai dengan kebutuhan. Berikut beberapa tips memilih kulkas yang perlu kamu tahu, sebelum membelinya:

1. Ukuran

Kulkas - Vania
Ilustrasi Kulkas/https://www.shutterstock.com/New Africa

Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum membeli kulkas adalah perhatikan ukuran, mempertimbangkan kulkas tidak hanya pada kapasitas penyimpannya sendiri tetapi juga dimensinya. Pastikan untuk memilih kulkas dengan volume yang sama tetapi dengan dimensi yang berbeda, perbedaan ini dapat berupa tinggi maupun lebar. Sebelum itu kamu juga perlu mengukur area untuk meletakkan kulkas sebelum membelinya.

2. Posisi

Kulkas - Vania
Ilustrasi Kulkas/https://www.shutterstock.com/Andrey_Popov

Hal selanjutnya sebelum kamu membeli kulkas adalah memperhatikan posisinya dan menaruhnya di area dapur. Hal ini sangat penting untuk menentukan jenis kulkas atau jumlah pintu yang kamu pilih, jika kamu memilih kulkas yang memiliki dua pintu atau yang berdampingan maka pilihkan yang cukup untuk ruang di dapur.

3. Konsumsi Energi

Kulkas - Vania
Ilustrasi Kulkas/https://unsplash.com/Erik Mclean

Kulkas merupakan salah satu alat elektronik yang membutuhkan listirk tidak sedikit, oleh karena itu sebelum kamu membelinya sangat penting untuk mepertimbangkan dan mengetahui berapa kapasitas yang digunakan pada kulkas tersebut agar tidak membebani listrik di rumah. Ada baiknya, jika kamu memilih kulkas yang ramah lingkungan serta memiliki teknologi inverter.

4. Teknologi Tambahan

kepribadian berdasarkan isi kulkas
Photo by rawpixel.com from Pexels

Sebagian besar kulkas pada saat ini tentu memiliki beberapa fitur tambahan yang memiliki teknologi tinggi, salah satu fitur yang paling umum pada kulkas modern saat ini adalah dispenser air built-in. Teknologi tambahan pada kulkas lainnya ternyata ada yang menggunakan smartphone sebagai alat penghubung, hal ini memungkinkan kamu dapat mengatur suhu dan memeriksa apa saja di dalam kulkas hanya melalui smartphone.

5. Desain

Kulkas - Vania
Ilustrasi Kulkas/https://www.shutterstock.com/New Africa

Tentu banyak orang menginginkan design kulkas yang menarik dan bernuansa mewah, kulkas sendiri pada saat ini dapat menjadi salah satu elemen estetika dalam desain dapur. Ada beberapa kulkas yang memiliki finishing glossy serta mewah yang menyediakan berbagai warna, kamu dapat menyesuaikan warna dan desain kulkas dengan konsep dapur kamu.

6. Fitur Penyimpanan

Kulkas - Vania
Ilustrasi Kulkas/https://unsplash.com/Ello

Selanjutnya sebelum membeli kulkas kamu juga perlu mempertimbangklan fitur penyimpanan pada kulkas, ada baiknya untuk memeriksa kompartemen penyimpanan yang tersedia. Selain itu kamu juga dapat mengetahui jenis bahan makanan yang dapat disimpan di kulkas.

Ketika kamu membutuhkan kulkas dengan penyimpanan makanan beku yang banyak ada baiknya untuk memilih kulkas dengan freezer yang besar. Tetapi, jika kamu membutuhkan kulkas untuk menyimpan buah-buahan, makanan ringan, atau sayuran pilihlah kulkas yang dilengkapi dengan kompartemen yang khusus.

7. Merk dan Garansi

Kulkas - Vania
Ilustrasi Kulkas/https://www.shutterstock.com/Pixe-Shot

Hal yang paling penting sebelum membeli kulkas adalah memilih merk dan garansi yang terjamin, banyak merk yang diperjual belikan tetapi tidak memiliki garansi yang cukup lama. Kulkas yang diproduksi oleh merk yang besar tentu akan menawarkan garansi dan layanan yang lebih aman, hal ini dapat membantu kamu setiap menghadapi masalah dengan kulkas. Sebelum kamu membelinya ada baiknut untuk menangakan masa garansi, lokasi pusat layanan, dan prosedur klaim jika kulkas tidak berfungsi dengan baik.

Sangat penting untuk mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli kulkas, karena membeli kulkas merupakan masalah yang besar. Jika kamu salah membelinya maka akan membuat beberapa masalah lainnya di dapur, meskipun tidak dugunakan setiap hari tetapi mengetahui tips memilih kulkas sebelum membelinya salah satu hal yang kamu perlukan.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela