Sukses

Lifestyle

6 Amalan Sunah di Hari Raya Idul Adha, Umat Muslim Penting Tahu

Fimela.com, Jakarta Hari Raya Idul Adha merupakan hari yang sangat istimewa bagi umat muslim. Hari ini juga bertepatan dengan penyembelihan hewan kurban dan ibadah berpahala besar lainnya. Hari Raya Idul Adha dirayakan setiap setahun sekali tepatnya di tanggal 10 Dzulhijjah. Di Indonesia sendiri, Hari Raya Idul Adha ditetapkan jatuh pada tanggal 10 Juli 2022 atau hari Minggu. 

Sebagai ibadah tahunan, sebaiknya Hari Raya ini dilaksanakan dengan sebaik mungkin. Sebaiknya Hari Raya ini juga dilaksanakan dengan melaksanakan ibadah-ibadah sunah lain seperti halnya puasa Dzulhijjah, mendirikan salat Idul Adha dan sebagainya. Berikut beberapa amalan sunah yang sebaiknya dilakukan di Hari Raya Idul Adha. 

Mengumandangkan Takbir

Amalan sunah pertama adalah mengumandangkan takbir. Umat muslim disarankan untuk mengumandangkan takbir di malam hari raya hingga malam ketiga hari tasryik. Mengumandangkan takbir bisa dilakukan di masjid, mushola atau rumah-rumah.

Mandi Sebelum Pergi Salat Idul Adha

Umat muslim disarankan dan disunahkan untuk mandi sebelum pergi salat Idul Adha. Mandi bisa dilakukan di pertengahan malam, menjelang subuh atau saat subuh sebelum berangkat salat Idul Adha. Mandi dilakukan agar tubuh lebih bersih, segar dan bugar. Mandi juga bertujuan untuk menjaga kesucian anggota tubuh sebelum beribadah kepada Allah SWT.

Memakai Pakaian Terbaik

Sama dengan sunah di hari raya Idul Fitri, memakai pakaian terbaik juga menjadi sunah di hari raya Idul Adha. Sebelum berangkat menuju masjid, mushola atau lapangan untuk salat Idul Adha, pastikan untuk memakai pakaian yang terbaik yang kamu punya. Pastikan juga pakaian tersebut bersih walau bukan pakaian yang baru. 

Memakai Wewangian

Sunah hukumnya memakai wewangian di hari raya Idul Adha. Dalam kitab Al-Majmu’ Syarhul Muhaddzab terdapat keterangan mengenai amalan sunnah ini:

"Disunnahkan pada hari raya Id membersihkan anggota badan dengan memotong rambut, memotong kuku, menghilangkan bau badan yang tidak enak, karena amalan tersebut sebagaimana dilaksanakan pada hari Jumat, dan disunnahkan juga memakai wangi-wangian."

Jalan Kaki Menuju Masjid

Sunah hukumnya untuk berjalan kaki menuju masjid atau lapangan tempat melaksanakan salat Idul Adha. Beberapa pendapat bahkan mengungkapkan jika sebaiknya jalan yang dilalui saat pergi dan pulang dari masjid adalah jalan yang berbeda. 

Makan Setelah Salat Idul Adha

Jika sebelum salat Idul Fitri umat muslim disunahkan untuk menyantap makanan terlebih dulu, di hari raya Idul Adha umat muslim sebaiknya justru menghindari makan sebelum pergi ke masjid. Di hari raya Idul Adha, umat muslim sebaiknya menyantap makanan setelah pulang dari salat Idul Adha. 

“Diriwayatkan dari Sahabat Buraidah RA, bahwa Nabi SAW tidak keluar pada hari raya Idul Fitri sampai beliau makan, dan pada hari raya Idul Adha sehingga beliau kembali ke rumah."

Itulah beberapa amalan sunah yang sebaiknya dilaksanakan di hari raya Idul Adha. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menyambut datangnya hari raya Idul Adha bagi umat  muslim di mana pun kamu berada.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading