Sukses

Lifestyle

5 Bukti Dirimu Saat Ini Sudah Lebih Bahagia dari Sebelumnya

Fimela.com, Jakarta Hidup memang tak selalu indah. Bahkan dalam fase tertentu dalam hidup, kita bisa dihadapkan pada berbagai macam permasalahan yang datang silih berganti tak ada habisnya. Sampai kemudian, kita sampai pada titik ini. Titik yang sebenarnya lebih baik dari sebelumnya.

Bisa jadi saat ini dirimu sudah lebih bahagia dari sebelumnya. Dirimu yang "versi hari ini" sudah jauh lebih bahagia dari dirimu "versi dulu". Mungkin kamu belum menyadarinya, tapi yuk coba cek tanda-tanda berikut ini. Saat kamu merasakan hal-hal ini maka besar kemungkinan hidupmu saat ini sudah lebih bahagia dari sebelumnya.

 

 

 

1. Menjadi Satu Tim dengan Diri Sendiri

Sering mendengar saran pentingnya mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain? Kita perlu mengenal diri sendiri agar memudahkan kita beraptasi dengan perbedaan yang ada saat menjalin hubungan dengan orang lain. Ketika saat ini kita sudah mencintai diri sendiri, kita sebenarnya sudah menemukan salah satu kebahagiaan terindah dalam hidup. Kita menyayangi diri sendiri sebagai bentuk syukur kita dianugerahi kehidupan, sehingga ketika mengalami masalah tidak terpuruk dalam kesedihan terlalu lama.

2. Bisa Memetik Pelajaran dari Tiap Kejadian

Mengutip buku How to Love, ada istilah yang namanya post traumatic growth, yaitu pertumbuhan pascatrauma. Luka atau kejadian pahit di masa lalu bisa membuat kita terpuruk dan kehilangan harapan dalam hidup. Namun, ketika kita bisa memetik pelajaran atau mengambil hikmah dari kejadian yang ada, maka kita bisa membuka lembaran baru untuk hidup yang lebih baik. Kebahagaiaan pun bisa mengalir dengan sendirinya.

3. Tidak Banyak Mengeluh Lagi

Hidup saat ini dijalani dengan lebih banyak bersyukur. Tidak lagi banyak mengeluh atau komplain. Mengutip buku Happiness Inside, komplain dan kebahagiaan seperti terang dan gelap, keduanya tidak mungkin hadir berbarengan. Ketika komplain hadir, kebahagiaan bisa menghilang dan memudar. Jadi, kalau saat ini kita sudah tidak gampang mengeluh lagi, kebahagiaan sudah ada di dalam diri kita.

4. Menjaga Harapan Baik

Tak ada keinginan untuk melukai atau membalas dendam dengan cara buruk kepada orang lain. Dirimu yang saat ini senantiasa menjaga harapan baik. Mengutip buku How to Love, "Banyak dari kita yang pernah mengalami perpisahan dan perasaan yang saling berkaitan, seperti tertolak, kecewa, dan kesepian. Jika kita pernah merasakannya, doakan orang yang telah terpisah dari kita. Kirimkan energi positif dan harapan kepada mereka. Tidak membenci mereka merupakan balas dendam yang terbaik, satu-satunya balas dendam yang tidak akan meninggalkan bekas luka dalam hati kita." Saat hati sudah dipenuhi dengan harapan baik, maka dirimu yang saat ini sudah lebih baik dan bahagia daripada dirimu yang dulu.

 

 

5. Lebih Berani Menjadi Diri Sendiri

Mengutip buku The Comfort Book, hal paling sulit itu adalah menjadi diri sendiri. Dijelaskan lebih lanjut bahwa kita semua begitu terbebani sehingga kita tidak selalu bisa melihat kenyataan siapakah diri kita. Lebih mudah untuk menutupi ketidaksempurnaan daripada menerimanya. Diri kita memang tidak sempurna, tapi bukan berarti kita tak bisa melakukan hal terbaik dalam hidup ini. Saat kita sudah berani menjadi diri sendiri dan mengusahakan hal-hal terbaik untuk menjalani hidup dengan lebih bermakna, maka kita sudah memiliki kebahagiaan di dalam hati kita.

Apa pun yang sedang kamu alami atau perjuangkan saat ini, semoga kamu bisa tetap bahagia dan mendapatkan kebaikan dalam hidup yang kamu jalani, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading