Sukses

Lifestyle

Tips Pulihkan Diri Saat Merasa Lelah Secara Emosional

Fimela.com, Jakarta Pernah nggak sih merasakan tubuh yang lelah, nggak bisa berkonsentrasi dan berpikir dengan jernih, hingga ingin menjauh dari orang-orang di sekitar sekadar untuk menenangkan diri? Well, hal tersebut bisa jadi tanda kalau kamu sedang mengalami kondisi emotionally drained alias merasa lelah secara emosional.

Rasa lelah secara emosional ini bisa terjadi karena pikiran stres yang menumpuk hingga membuatnya merasakan terjebak dalam sebuah situasi yang membuatnya nggak bisa melakukan apapun. Jadi, bagaimana sih cara memulihkan diri saat menghadapi situasi tersebut?

Olahraga

Saat sedang merasakan lelah secara emosi, menggerakkan tubuh dengan olahraga bisa jadi salah satu cara yang bisa membantu mengatasinya. Bukan rahasia lagi kalau olahraga dapat mengaktifkan 'happy chemical' dalam tubuh, yaitu hormon yang dapat menimbulkan rasa bahagia dan meminimalisir stres yang dialami.

Saat mulai merasa lelah secara emosional, segera jadwalkan diri melakukan olahraga secara rutin. Jalan kaki, jogging, atau bersepeda di sekitar rumah selama 30 menit sehari bisa menjadi cara untuk meringankan perasaan lelah secara emosional tersebut.

Konsumsi Makanan Sehat

Saat mengalami stres, beberapa orang biasanya jadi malas makan, atau malah mengonsumsi makanan dengan sembarangan. Namun, jangan dibiasakan! Justru kamu wajib makan dengan teratur dan mengonsumsi makanan sehat untuk mengatasi rasa lelah secara emosional tersebut.

Hal ini karena makanan sehat dapat memberikan kandungan protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan sistem pencernaan dan sumber energi yang bisa memberikan efek kepada kondisi emosional yang dirasakan. Penting juga untuk memilih makanan yang bisa membangkitkan mood, misalnya kacang-kacangan, buah berry, hingga makanan yang mengandung asam lemak Omega 3.

Belajar Menyeimbangkan Emosi

Pernah mendengar istilah mindfulness? Teknik ini secara ilmiah telah terbukti dapat mengurangi tingkat stres dan kecemasan dan menjadi kunci untuk menyeimbangkan emosi.

Mindfulness berfokus untuk lebih memperhatikan present moment atau masa yang sekarang. Hal ini dapat membantu agar kamu lebih fokus di masa kini, sehingga dapat menjauh dari berbagai pikiran negatif. Ada beberapa teknik yang bisa dilakukan untuk mencapai mindfulness, mulai dari yoga, meditasi, hingga latihan pernapasan.

Jangan Ragu untuk Berbagi

Jika kondisi lelah secara emosional ini nggak berkurang, jangan ragu untuk berbagi. Temukan sosok yang tepat sebagai tempat bercerita. Mereka nggak harus memiliki solusi untuk masalahmu, tapi kadang pendengar yang baik saja sudah bisa membuat perasaan lebih ringan dan lega.

Jika hal tersebut tidak membantu, nggak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan sosok profesional seperti terapis, psikolog, atau psikiater. Para profesional tersebut bisa melakukan observasi terhadap kondisimu sehingga dapat memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan.

Jangan abaikan perasaan sekecil apapun yang dialami, karena bisa menjadi tanda bahwa mungkin kamu sedang membutuhkan istirahat dari kesibukan sehari-hari, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading