Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Kartu ATM Terblokir yang Bikin Panik

Fimela.com, Jakarta Kartu ATM menjadi salah satu pelengkap untuk mempermudah berbagai hal saat melakukan transaksi, selain itu kartu ATM juga sangat mudah saat dibawa karena tidak memakan banyak tempat saat digunakan.

Meskipun kartu ATM dapat mempermudah banyak orang tetapi, kamu juga perlu berhati-hati saaat menggunakannya. Banyak penipuan yang beredar serta beberapa masalah yang dapat menyebabkan kartu ATM terblokir.

Kartu ATM yang mengalami masalah atau terblokir terkadang akan sulit untuk digunakan. Berikut beberapa penyebab kartu ATM terblokir yang kerap sekali terjadi dan bikin khawatir:

1. Penggunaan di Lokasi yang Berbeda

Hal ini terkadang dapat terjadi jika kamu menggunakan kartu di Negara tertentu dan tiba-tiba menggunakannya saat berada di luar negeri. Terkadang bank akan memblokir kartunyam karena hal ini berkaitan dengan antivitas pencurian yang dicurigai oleh bank tersebut.

2. Kesalahan Teknis

Kesalahan teknis dari pihak bank ternyata juga dapat menyebabkan kartu terblokir, hal ini biasanya dapat terjadi ketika adanya peningkatan sistem pembayaran yang lebih canggih. Saat kamu berbelanja, mungkin saja tempat belanja tersebut belum memperbarui sistem atau mungkin terdapat kendala teknis dari pihak bank. Dalam kasus inilah mengapa ATM yang kamu gunakan dapat terblokir, masalah satu ini tak perlu membuat kamu khawatir karena dapat diselesaikan dengan mudah.

3. Memasukkan Data yang Salah

Bisa jadi saat kamu memasukkan data atau pin yang berulang dan salah, maka dapat membuat bank memblokir kartu ATM yang kamu gunakan, karena kamu memasukkan informasi yang salah saat mencoba melakukan transaksi. Biasanya setelah 3 kali gagal memasukkan informasi yang salah, bank akan otomatis memblokir penggunaan kartu sementara.

4. Pembelian yang Jarang

Ternyata bank memperhatikan bagaimana dan cara pola pengeluaran normal pada kartu atm debit maupun kredit yang digunakan. Jika kamu kebetulan melakukan pembelian dengan nilai jarang tinggi, kemudian tiba-tiba mlakukan transaksi dengan nominal yang sangat tinggi bisa jadi bank akan memblokir kartu yang kamu gunakan karena adanya aktivitas yang tidak biasa.

5. Banyak Perubahan

Bank ternyata terus menerus mengubah syarat dan ketentuan untuk mengatur kartu kredit maupun debit bagi penggunanya. Sementara itu, bank biasanya akan menginformasikan berbagai perubahan kepada penggunanya melalui email, no handphone, situs web, dan lainnya. Salah satu perubahan yang dapat dilakukan bank adalah memblokir kartu atm yang sedang digunakan seseorang, hal ini tentu ada kentuan dan syarat dari bank untuk melakukan pemblokiran.

Ada banyak penyebab yang membuat ATM terblokir, hal inilah yang perlu kamu tahu dan hindari. Jika kamu mengalami ATM yang terblokir ada baiknya untuk membawanya ke Bank agar segera diganti dengan yang baru dan tidak terjadi kerusakan lainnya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading