Sukses

Lifestyle

5 Bukti Sebenarnya Dirimu Mampu Melewati Masa Berat yang Ada

Fimela.com, Jakarta Masa berat dalam hidup kadang tak bisa kita hindari. Justru perlu kita hadapi dan alami secara langsung. Dari setiap masa berat, ada hal-hal yang bisa kita petik untuk tumbuh dan berproses jadi pribadi yang lebih baik.

Meyakini selalu ada kemudahan setelah kesulitan, di dalam diri kita bisa jadi ada hati yang lebih kuat dan tegar daripada yang pernah kita kira. Bahkan kita sebenarnya punya kemampuan untuk melewati ujian hidup dan masa berat yang ada. Berikut ini lima tanda umum atau hal-hal yang bisa jadi pertanda bahwa diri kita ini sebenarnya adalah perempuan kuat.

 

 

1. Memilih untuk Melangkah, Bukan Menyerah

Saat kita memilih untuk melangkah ke depan dan bukan menyerah, maka kita sebenarnya mampu melewati masa berat yang ada. Setiap ujian dan cobaan hidup yang menghampiri bisa kita atasi dengan baik. Walau tak selalu sempurna atau mendapatkan hasil terbaik, tetap saat kita masih bisa melangkah maka kita sebenarnya bisa melalui masa-masa berat dan mengatasi masalah yang ada.

 

2. Mampu Menerima Ketidaksempurnaan

Sesekali kita perlu menerima dengan lapang dada kesalahan dan kekurangan yang kita punya. Agar dengan begitu, kita bisa lebih mudah merelakan hal-hal yang tak bisa kita kendalikan lagi. Sehingga beban hidup pun tak terasa lebih berat dari yang semestinya, dan bisa lebih fokus melakukan hal-hal yang lebih baik untuk menemukan jalan keluar atau solusi untuk masalah yang ada.

3. Bisa Melapangkan Hati Menerima Kenyataan

Tak semua hal bisa kita ubah. Hal-hal yang terjadi di masa lalu pun tidak terus menerus kita sesali atau ratapi. Mengutip buku Menghilang, Menemukan Diri Sejati, "Hidup ini jangan sampai tercengkeram oleh masa lalu, tidak usah melamunkan terlalu jatuh tentang masa depan, jalanilah yang sekarang, di sini, dan saat ini." Saat sudah fokus dengan yang ada saat ini dan menerima kenyataan yang ada, maka yakin saja kita bisa melewati masa berat yang ada saat ini.

 

 

4. Punya Rutinitas yang Masih Bisa Dijalani dengan Baik

Bisa menjalani rutinitas seperti biasa perlu disyukuri. Bahkan, menjalani keseharian seperti biasa bisa bantu menguatkan diri dan bangkit lagi perlahan untuk hari yang lebih baik. Saat kita masih punya rutinitas yang dapat dijalani dengan baik, kita bisa meneguhkan hati kembali untuk mengatasi masalah dan melalui masa berat dengan lebih kuat lagi.

 

 

5. Senantiasa Menjaga Kesabaran

Kesabaran selalu ada di dalam diri. Masa berat yang sedang dialami tak perlu terus menerus disesali. Mengutip buku Kosakata Keagamaan, hampir seluruh keadaan dan situasi yang dihadapi manusia membutuhkan kesabaran, karena situasi dan keadaan tersebut tidak keluar dari dua kemungkinan. Pertama, sejalan dengan kecenderungan jiwa manusia. Kedua, tidak sejalan dengan kecenderungan jiwa manusia. Selama kita masih bisa menjaga kesabaran di dalam diri, maka yakin saja akan selalu ada kekuatan yang membantu kita bertahan di masa sulit.

Semoga dari setiap masalah dan masa berat yang ada, kita bisa jadi pribadi yang lebih bijak dan dewasa lagi. Terima kasih sudah terus melangkah hingga sampai ke titik ini.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading