Sukses

Lifestyle

Wangi dan Bersih, Ini Tips Sederhana Agar Dapur Tidak Bau

Fimela.com, Jakarta Bagi setiap perempuan dapur menjadi salah satu tempat yang paling favorit. Dapur juga menjadi salah satu bagian rumah yang sering dipakai. Bicara mengenai dapur, bagian rumah ini berpotensi bau dan kotor karena ini merupakan tempat untuk memasak juga menyimpan aneka bahan makanan. Dapur yang tak terawat dengan baik juga berpotensi menyebabkan virus serta bakteri berkembang dengan baik. 

Dapur adalah bagian rumah yang memiliki peranan sangat penting. Karena hal ini, dapur sebaiknya dirawat dengan baik dan dipastikan untuk senantiasa wangi juga bersih. Karena apa? Dapur yang wangi dan bersih akan membuat kita merasa nyaman dan lebih semangat dalam memberikan sajian terbaik untuk keluarga di rumah.

Agar dapur lebih wangi dan bersih, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Berikut beberapa tips agar dapur tidak bau tersebut.

Pastikan Dapur Memiliki Ventilasi

Tips pertama adalah pastikan bahwa dapur memiliki ventilasi. Ventilasi berperan penting untuk melancarkan sirkulasi udara di dapur. Dengan sirkulasi udara yang lancar, ini akan membuat dapur terasa lebih wangi, nyaman dan bersih.

Segera Cuci Peralatan Masak yang Tak Terpakai

Usahakan untuk segera mencuci aneka peralatan masak yang tidak terpakai. Menumpuknya peralatan masak atau makan yang kotor hanya akan membuat dapur bau tak sedap. Ini juga menyebabkan masuknya lalat, tikus dan serangga lain di dapur sehingga membuat dapur semakin kotor.

Hindari Menyimpan Makanan yang Mudah Busuk di Luar Lemari Es

Untuk bahan makanan yang lembab dan mudah busuk sebaiknya simpan di dalam lemari es. Ini agar bahan makanan ini tahan lebih lama dan tidak lagi mudah busuk. Hindari menyimpan bahan makanan ini di luar makanan karena bisa menyebabkan aroma tidak sedap di dapur.

Manfaatkan Lemon, Baking Soda dan Cuka

Lemon, baking soda dan cuka bermanfaat menyerap bau serta membersihkan dapur dengan lebih baik. Manfaatkan bahan–bahan tersebut untuk membersihkan dapur dengan cara dicampur dengan pembersih lantai atau sabun cuci piring.

Manfaatkan Kopi dan Rempah-Rempah

Kopi dan rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, pala dan sejenisnya memiliki aroma wangi. Ini bisa dijadikan pewangi alami dapur dan mengurangi aroma bau tak sedap di dapur. Caranya cukup mudah, letakkan rempah-rempah tersebut di wadah bersih di dapur. Kamu juga bisa memanfaatkan rempah-rempah ini untuk bumbu masakan. 

Bersihkan Lemari Es Secara Rutin

Pastikan untuk membersihkan lemari es secara rutin. Lemari es yang kotor dan bau akan membuat dapur juga menjadi bau. Sebaiknya lemari es dibersihkan setiap satu minggu sekali atau maksimal satu bulan sekali.

Buang Sampah Secara Rutin Setiap Hari

Pastikan untuk membuang sampah di dapur setiap hari. Pisahkan juga antara sampah basah dengan sampah kering. Lebih baik jika Mom meletakkan tempat sampah di luar dapur demi mengurangi aroma tak sedap pada dapur. 

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar dapur tidak bau. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading