Sukses

Lifestyle

5 Tanda Masih Terjebak di Masa Lalu dan Menghambat Kebahagiaanmu

Fimela.com, Jakarta Kejadian, peristiwa, atau hal tak menyenangkan yang terjadi di masa lalu bisa sulit untuk dilupakan. Bahkan bisa terus membayangi kita dan membuat kita terus menerus terjebak di masa lalu. Untuk bahagia saat ini pun jadi terasa sulit sekali.

Terjebak di masa lalu bisa membuat kita sulit untuk bahagia pada saat ini. Berikut ini lima hal yang menjadi pertanda saat ini dirimu masih belum bisa move on dari masa lalu. Mengetahui hal-hal ini akan memudahkan kita untuk berdamai dengan diri sendiri dan semua yang telah terjadi.

 

1. Menyimpan Dendam

Masih ada dendam di dalam hatimu. Ada sesuatu yang mengganjal di dalam dirimu. Semacam ada bara api yang masih kamu simpan di dadamu. Energimu pun kerap habis karena ada hal buruk yang masih kamu simpan di dalam dirimu. Padahal makin lama menyimpan dendam, makin berat langkahmu untuk bisa mendapatkan kebahagiaan di masa kini.

2. Masih Menyalahkan Banyak Hal

Masa lalu sudah berlalu, tetapi kamu masih menyalahkan banyak hal. Masih menyalahkan keadaan dan orang-orang yang ada di sekitarmu. Padahal terus menerus menyalahkan segalanya cuma bakal menumpuk racun di dalam diri. Kita perlu merelakan dan melepaskan hal-hal yang sudah tak bisa kita ubah lagi supaya kita bisa lebih fokus mengusahakan hal-hal yang masih bisa diperbaiki.

 

 

3. Terus Berandai-andai

Masih belum ada kerelaan menerima realitas yang ada. Terus berandai-andai dan berkhayal bisa mengubah keadaan. Padahal dirimu tak punya kuasa untuk memutar waktu atau kembali ke masa lalu. Pahit getirnya situasi yang ada saat ini pun perlu diterima apa adanya, lalu petik hikmah dan pelajaran yang bisa jadi bekal agar tidak mengulang atau melakukan kesalahan yang sama.

 

 

4. Menolak Peluang Baru

Ada kesempatan atau peluang baru untuk dicoba, tetapi kamu tidak mau mengambilnya. Kamu masih enggan untuk mendapatkan hal baru, sebab ruang di hatimu masih dipenuhi oleh hal-hal yang sudah berlalu. Makin sering menolak atau mengabaikan berbagai kesempatan, makin sulit untuk melangkah ke depan dalam hidup.

 

 

5. Tidak Mau Melakukan Usaha Apa pun

Kamu benar-benar menyerah dan pasrah. Tak mau melakukan usaha apa pun untuk bangkit. Tak mau berupaya sedikit pun untuk sekadar mengambil satu langkah baru. Kamu malah mengasihani dirimu sendiri atas hal-hal yang terjadi di masa lalu. Padahal saat ini sebenarnya kamu punya peluang dan kesempatan baru untuk membuka lembaran baru.

Semoga kita semua bisa memetik pelajaran dan hikmah dari semua kejadian di masa lalu. Terima kasih sudah bertahan hingga saat ini, dan saatnya untuk melangkah ke depan dengan semangat baru yang lebih baik.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading