Sukses

Lifestyle

5 Tanda Dirimu Sudah Bisa Melanjutkan Hidup dengan Baik

Fimela.com, Jakarta Kejadian, peristiwa, dan hal-hal tak menyenangkan yang terjadi di masa lalu bisa membuat kita trauma hingga sulit membuat kita melangkah ke depan. Berbagai macam luka dan kesedihan bisa menghambat kita untuk melanjutkan hidup. Meski begitu, kadang sebenarnya yang terjadi adalah saat ini kita sudah bisa melanjutkan hidup dengan baik.

Saatnya untuk lebih optimistis dan semangat lagi dalam hidup sebab upaya kita untuk bisa bertahan sampai di titik ini pun sudah merupakan hal yang luar biasa. Ada sejumlah tanda atau bukti yang menunjukkan bahwa kita sudah bisa melanjutkan hidup dengan baik, seperti beberapa tanda ini.

 

1. Masih Bisa Mendapatkan Rasa Aman

Mengutip buku Apa yang Kita Pikirkan ketika Kita Sendirian, "Ketika kita kehilangan hal-hal yang mengikat kita, sangat mudah bagi kita untuk kehilangan rasa aman dan harga diri." Saat kita masih merasa aman dan harga diri terjaga, maka kita sudah bisa melanjutkan hidup dengan lebih baik. Kita tidak gampang merasa cemas atau was-was dengan hal-hal yang kita alami dan jalani.

2. Tidak Berlebihan dalam Mengasihani Diri Sendiri

Harga diri masih terjaga dengan baik. Meski sempat bersedih dan terpuruk, tetapi tidak berlebihan dalam mengasihani diri sendiri. Mengutip buku How to Respect Myself, "Tidak mudah hidup dengan menggenggam masa lalu yang menyakitkan. Sama seperti hidup dengan memeluk sebuah bola api yang panas. Saat harga diri sehat, bola api tersebut berperan sebagai penghangat yang aman. Namun saat harga diri sedang jatuh, bola api ini berubah menjadi senjata yang berbahaya dan dapat membakar." Ada harga diri yang masih kita jaga dengan utuh sehingga kita tidak terlalu pesimistis dalam hidup.

 

3. Bisa Melakukan Hal yang Disukai

Saat memlulihkan diri dari kejadian atau peristiwa buruk, kita mungkin tidak bisa langsung melepas semua tumpukan itu dalam sekali cara. Kadang butuh menurunkan tumpukan itu sedikit demi sedikit, dan dalam prosesnya kita bisa mengimbanginya dengan melakukan hal-hal yang kita suka. Apabila saat ini kita masih bisa melakukan hal yang kita sukai, maka itu bisa jadi tanda positif bahwa hidup bisa kita lanjutkan dengan baik.

4. Bisa Memaafkan Banyak Hal

Memaafkan butuh keberanian. Bila kita sudah bisa memaafkan, kita sudah lebih dari kuat untuk melangkah ke depan. Bukan hanya memaafkan orang yang menyakiti kita, tetapi juga memaafkan diri sendiri. Memaafkan siapa saja dan apa saja akan meringankan langkah kita, dan saat kita sudah melakukannya itu jadi sinyal positif kita sudah melanjutkan hidup dengan baik.

 

5. Masih Memiliki Harapan

Masih ada harapan berarti masih ada kehidupan yang bisa diperjuangkan. Mengutip buku The Comfort Book, untuk merasakan harapan, kita tidak perlu berada dalam situasi yang luar biasa menyenangkan. Yang perlu kita lakukan adalah kembali memhamia bahwa segala sesuatu berubah. Harapan tersedia bagi semua orang, termasuk diri kita sendiri. Dengan memahami bahwa segala sesuatu berubah dan tantangan hidup bisa hadir silih berganti, maka kita bisa punya kesiapan untuk bisa kembali berdiri tiap kali terjatuh.

Semoga ke depannya kita senantiasa melanjutkan dan mengisi hidup ini dengan hal-hal yang lebih baik dan penuh warna baru, ya. Terima kasih sudah berjuang dan melakukan semua yang terbaik hingga saat ini. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading