Sukses

Lifestyle

6 Cara Membuat Cover Buku yang Mudah dan Praktis dengan Aplikasi

Fimela.com, Jakarta Saat membuat buku, Sahabat Fimela harus membuat cover buku dengan menarik. Cover buku terdiri dari bagian depan dan belakang. Tak hanya digunakan untuk menarik pembeli saja, cover buku juga berfungsi untuk melengkapi dan menjadi penguat isi buku.

Zaman yang semakin modern ini, ada banyak aplikasi yang diciptakan untuk membuat cover buku dengan mudah. Aplikasi untuk membuat cover buku bisa diakses menggunakan smartphonetablet, laptop atau komputer yang berbasis internet. Tentu saja sebelum membuat cover buku, sebaiknya tentukan tema untuk desain cover buku.

Aplikasi untuk membuat cover buku ini bisa digunakan untuk pemula. Karena ada fitur di aplikasi yang sudah menyediakan template untuk membuat cover buku. Berikut cara membuat cover buku yang mudah dan praktis dengan aplikasi:

Cara Membuat Cover Buku yang Mudah

1. PicsArt

PicsArt adalah aplikasi yang mudah digunakan untuk membuat cover buku. PicsArt merupakan aplikasi desain foto, untuk ponsel yang memiliki sistem operasi Android. Aplikasi PicsArt memiliki banyak efek yang bisa digunakan untuk mendesain foto atau gambar, bisa menambahkan teks, memberi frame dan lain sebagainya.

Cara membuat cover buku dengan aplikasi PicsArt adalah dengan memilih canvas sesuai dengan yang inginkan. Lalu masukkan foto atau gambar yang dijadikan cover buku. Kemudian tambahkan tulisan dan simbol yang sudah disediakan dalam aplikasi. Kamu bisa mengedit cover buku dengan menambahkan overlay, screen, blend, adjust untuk membuat tampilan lebih menarik. Jangan lupa menyimpan hasil dari cover buku.

2. Canva

Aplikasi Canva dapat membantu membuat cover buku, tanpa harus mengunduh aplikasi di ponsel. Canva memiliki banyak tools desain, dengan template, layout dan animasi yang banyak, sehingga bisa mempermudah untuk membuat cover buku. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, karena ada banyak template yang bisa diedit sesuai dengan selera.

Cara Membuat Cover Buku yang Praktis

2. Corel Draw

Corel Draw adalah salah satu aplikasi populer yang bisa digunakan untuk membuat cover buku. Aplikasi ini bisa digunakan di laptop dan komputer. Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah dan praktis. Siapkan perangkat yang memiliki konektivitas di internet, kemudian unduh template di website milik Freepik dengan format EPS.

Jika template sudah terunduh, buka aplikasi Corel Draw dan gunakan untuk mengedit template tersebut. Ungroup file terlebih dahulu, lalu edit pada bagian tulisan, warna, gambar, perpindahan posisi, dan lain sebagainya. Sesuaikan template dengan cover buku yang diinginkan.

3. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah aplikasi yang sering digunakan untuk mendesain dan mengedit foto. Kamu bisa menyiapkan file atau template yang diunduh dari website Freepik, dengan format PSD. Kemdian buka file menggunakan aplikasi Adobe Photoshop. Kalau template berhasil terbuka dengan aplikasi, lalu edit sesuai dengan yang diinginkan.

 

Cara Membuat Cover Buku yang Terakhir

5. Word

Cara membuat cover buku yang terakhir adalah menggunakan aplikasi Word. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk membuat tulisan. Namun aplikasi Word juga bisa untuk mengedit cover buku. Cara menggunakannya sangat mudah dan praktis. Buka lembaran yang kosong terlebih dahulu, lalu klik Insert pada menu home dan pilih Cover Page. Kamu juga bisa menggunakan foto atau gambar sesuai yang diinginkan, dan membuat cover buku menjadi lebih menarik dengan warna atau font yang tersedia di aplikasi.

6. Phonto

Phonto merupakan aplikasi biasanya digunakan untuk menambahkan teks pada foto atau gambar. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membuat cover buku. Karena aplikasi ini menyediakan teks keren dan lucu, di sebuah templat yang disediakan. Caranya dengan menyiapkan foto atau gambar yang diinginkan, lalu desain menggunakan fitur yang terdapat dalam aplikasi tersebut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading