Sukses

Lifestyle

5 Bukti Dirimu Perempuan Mandiri dan Tak Gampang Minder

Fimela.com, Jakarta Minder atau rendah diri mungkin pernah kita rasakan dalam sejumlah pengalaman dan fase hidup yang kita jalani. Perasaan ciut, tak mampu, atau payah kadang cukup menyulitkan kita untuk berkembang. Untuk itu, kita perlu memaksimalkan kelebihan dan meningkatkan keyakinan bahwa kita bisa menjadi perempuan yang lebih berdaya.

Di dalam diri kita ada jiwa mandiri dan percaya diri yang bisa kita optimalkan. Bahkan bisa jadi saat ini sebenarnya kita sudah bisa memiliki kemandirian di di dalam diri kita. Berikut ini lima tanda versi Fimela bahwa sebenrnya dirimu adalah perempuan mandiri dan tidak gampang minder.

 

1. Nyaman Melakukan Banyak Hal Sendirian

Nonton bioskop, berlibur, atau menikmati waktu rehat sembari menyesap kopi di kafe, semua itu bisa kamu lakukan sendirian. Kamu merasa nyaman melakukan itu. Selama itu bisa mendatangkan kebahagiaan untukmu, kamu bisa melakukannya tanpa harus bergantung atau selalu merepotkan orang lain.

2. Memiliki Makna Hidup

Ada makna hidup yang senantiasa kamu pegang. Bahkan kamu merasa senantiasa bersemangat dan termotivasi jalani hidup dengan makna hidup yang kamu pegang kuat. Mengutip buku Man's Search for Meaning, sebuah jajak pendapat publik dilaksanakan di Prancis beberapa tahun lalu menunjukkan bahwa 89 persen peserta mengakui bahwa manusia membutuhkan "sesuatu" agar dapat hidup. Kamu merasa hidupmu berharga, maka kamu rela berjuang sekuat tenaga untuk menghadirkan hidup yang baik dan bermakna.

 

3. Senantiasa Berupaya Mencukupi Kebutuhan Sendiri

Meski belum memiliki segalanya atau kaya raya dengan harta melimpah, tetapi kamu senantiasa berupaya untuk mencukupi kebutuhanmu sendiri. Kamu berupaya untuk berdiri di atas kakimu sendiri. Tentu saja kamu masih dan akan membutuhkan bantuan orang lain. Namun, selama ada hal-hal yang bisa kamu selesaikan dan kerjakan dengan baik, kamu senantiasa mengusahakannya dengan maksimal.

4. Berani Memilih Jalan Hidup Sendiri

Kita punya kebebasan memilih jalan hidup sendiri. Meski berbeda dari orang kebanyakan, selama kamu masih bisa menikmati hidupmu dan menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain, kamu bisa bahagia dengan pilihan hidupmu sendiri. Kamu pun jadi merasa bisa lebih menikmati hidup dengan pilihanmu sendiri, sebab kadang kita sulit menikmati hidup karena kita terlalu terhanyut dengan arus yang ada di sekitar kita.

 

 

5. Punya Rutinitas yang Dinikmati

Menurut terapis kesehatan mental Jill Sylvester, LMHC, dalam bukunya Trust Your Intuition: 100 Ways to Transform Anxiety and Depression For Stronger Mental Health, mengungkapkan bahwa memiliki rutinitas yang dirancang sendiri akan membuatmu merasa lebih berguna dan berdaya. Bisa menjaga dan menikmati rutinitas yang produktif akan meningkatkan kemandirian kita, sekaligus membuat kita lebih percaya diri.

Yuk, jalani hidup dengan lebih baik lagi. Semoga dengan kemandirian dan kepercayaan diri yang kita punya, kita bisa menjadikan hidup kita jadi lebih indah lagi.

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading