Sukses

Lifestyle

Diary Fimela: Cerita Sukses Perjalanan Karier Bernard Huang Jalani 3 Dunia Karier Berbeda

Fimela.com, Jakarta Maksimalkan potensimu, mungkin kata inilah kata yang cocok untuk menggambarkan sosok dari Bernard Huang. Bagaimana tidak, di tengah kesibukannya sebagai seorang manajer perusahaan minuman impor, ia tetap aktif mengelola akun media sosial yang berisi tips-tips dan rekomendasi seputar makanan.

Melalui akun intagram @bernard_huangg dan @deliciousbatam, Pria kelahiran Palembang 34 tahun silam itu rutin mengunggah konten-konten yang selalu dinanti-natikan oleh para pengikutnya, hobinya ini membuat ia sukses jadi seorang influencer.

"Saya dan keluarga kebetulan memang suka kulineran dan mencari makanan dan minuman yang jarang terekspos masyarakat. Dari rutinitas ini sayang kalau hanya sekadar makan dan tidak ada dokumentasinya. Apalagi saya juga kerja di bidang minuman, nah mulailah itu awal-awal buat konten media sosial dan ternyata banyak yang menyukainya" ujar Bernard, yang kini juga menjadi seorang influencer. Sabtu (30/07/2022).

Memiliki pengikut capai 117 ribu

Sampai saat ini akun @bernard_huangg sudah diikuti 117 ribu pengikut sementara  akun @deliciousbatam sudah memiliki 37 ribu pengikut. "Dari aktifitas ini ternyata saya menemukan masih banyak pedagang UMKM yang belum kepikiran untuk menggunakan media sosial sebagai ajang promosi. Ada banyak makanan dan minuman yang sebenarnya sangat enak tapi minim informasi baik di internet maupun media sosial. Dan ini tentu sangat berpengaruh ke jumlah pelanggan yang datang" ungkapnya.

"Akhirnya karena mereka tau aktifitas saya,  beberapa minta dibantu supaya usahanya lebih 'digital' lagi. Dari situ saya mulai membantu para pemilik UMKM sebagai konsultan digital marketing, baik dari sisi media sosialnya maupun aktivasi di market place. Banyak dari UMKM kita yang ternyata masih tergantung dengan cara-cara lama untuk menarik pelanggan" kata Bernard.

Kegemaran Bernard Huang dalam membantu para pemilik UMKM ini juga ternyata membuat dirinya sering diundang dalam acara-acara seminar seputar bisnis. "Pesertanya beragam dari mulai yang sudah punya usaha sampai yang baru mau memulai. Intinya saya berbagi ilmu yang saya tau kepada mereka seputar digital marketing" ucap Bernard. 

Menjalani tiga peran berbeda

Pengetahuannya soal digital marketing ini juga ia terapkan dalam memulai Mr B Coffe di Kota Batam pada Januari tahun 2022 ini. "Memiliki cafe yang menyajikan kopi premium dari biji berkualitas sudah menjadi mimpi saya dan istri sejak tahun 2015. Karena memang kami hampir setiap harinya minum kopi, seperti ada yang kurang kalau belum ngopi. Tapi tahun itu dana saya masih terbatas dan baru kesampaian di tahun ini" ungkapnya.

Mr B Coffee sendiri terletak di Limindo Trade Centre 2 Blok A, Nomor 12, Batam Center, yang bersebelahan langsung dengan Bhinneka Resto & Cafe. Lokasinya mudah diakses dari Simpang Orchid Park, Batam Center. "Bedanya Mr B Coffe dari kafe lainnya terletak dari menu-menu yang disajikan. Kafe kami menyajikan varian kopi yang jarang ditemui, selain itu desain tempatnya juga sangat instagramable. Jadi cocok untuk nongkrong dan foto-foto cantik" katanya.

Meskipun Bernard sudah memilik kafe sendiri serta media sosial yang jumlah pengikutnya ratusan ribu, namun ia masih bekerja sebagai manajer perusahaan. "Saya kira satu sama lainnya tidak bertabrakan selama di-manage dengan baik. Yang penting kita bisa memaksimalkan semua potensi yang kita miliki" katanya.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading