Sukses

Lifestyle

5 Cara Kuatkan Diri saat Kehilangan Motivasi Hidup

Fimela.com, Jakarta Kehilangan motivasi hidup bisa membuat kita seakan berada di tepi tebing dengan mata tertutup. Tak ada lagi semangat juang untuk bertahan, dan hanya tinggal menunggu segalanya berakhir. Segalanya terasa hampa dan gelap, serta diri ini seakan sudah tak berguna di dunia ini.

Saat kehilangan motivasi hidup, ada baiknya kita meminta bantuan. Kalau sudah mengarah ke gejala depresi, kita perlu mencari bantuan profesional seperti ke psikolog atau psikiater. Sementara itu, jika kita masih merasa ada setitik semangat untuk kembali bangkit, berikut ini sejumlah strategi sederhana yang bisa dicoba untuk menguatkan diri untuk bisa kembali melangkah ke depan.

 

 

1. Alihkan Fokus Baru ke Hal yang Paling Disukai

Mengutip laman Positivity Blog, saat kita sangat suka melakukan sesuatu maka motivasi untuk melakukannya umumnya bisa datang secara otomatis. Saat kehilangan motivasi hidup, bisa coba ajukan pertanyaan ini ke diri sendiri, "Apakah aku melakukan hal yang benar-benar ingin kulakukan?" Kalau tidak, maka coba buat fokus baru melakukan hal yang paling disukai. Buat diri nyaman lebih dulu untuk bisa kembali kuat.

 

 

2. Apresiasi Diri Sendiri yang Sudah Bertahan

Membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain secara berlebihan malah bisa membuat kita makin rendah diri. Untuk bisa kembali bersemangat jalani hidup, kita perlu lebih dulu mengapresiasi diri sendiri. Sudah berjuang dan bertahan hingga sampai ke titik ini adalah pencapaian luar biasa. Saat kita menyadari bahwa sebenarnya kita punya jiwa pejuang di dalam diri kita, maka kita bisa menemukan kekuatan baru untuk melangkah ke depan.

 

 

3. Tingkatkan Harga Diri

Tahukah bahwa salah satu cara terbaik untuk meningkatkan harga diri adalah kembali mencintai diri sendiri? Mengutip buku How to Respect Myself, jika kita mencintai diri sendiri maka hidup akan menjadi lebih mudah. Kita merasa seperti ada yang menemani meskipun berjalan sendirian. Kadang kita kehilangan motivasi hidup karena merasa tak ada yang memihak kita. Padahal batin dan hati kita selalu menyertai dan tak pernah meninggalkan kita sendirian.

 

4. Rangkai Harapan-Harapan

Sekecil apa pun harapan baru yang dirangkai, itu sudah bisa jadi sumber kekuatan baru untuk melanjutkan hidup. Mengutip buku The Comfort Book, "Untuk merasakan harapan, kita tidak perlu berada dalam situasi yang luar biasa menyenangkan." Hal-hal sederhana yang ada di sekitar kita bisa memunculkan harapan baru dan menjadi pemantik semangat untuk memperjuangkan hidup lebih baik lagi.

5. Berdamai dengan Rasa Kesepian

Mengutip buku Honjok, "Meskipun menimbulkan penderitaan dan kesedihan, kesepian juga tak bisa dihindari, dan merupakan keadaan yang harus dibiasakan untuk kita terima dan dipetik maknanya jika kita ingin menjalani kehidupan yang bermakna." Kehilangan motivasi hidup kerap membuat kita merasa kesepian, dan rasa kesepian ini tak selalu buruk. Bisa jadi rasa kesepian hadir untuk mengarahkan kita untuk lebih mencintai diri sendiri dan menikmati hidup dengan lebih bermakna.

Semoga ke depannya kita bisa menjalani hidup dengan hati yang lebih tegar, ya. Terima kasih sudah melakukan semua yang terbaik hingga sekarang.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading