5 Cara Menjadi Perempuan yang Tak Mudah Diremehkan Orang Lain

Endah Wijayanti02 Agu 2022, 07:15 WIB
Diperbarui 02 Agu 2022, 07:15 WIB
perempuan dan hidup yang lebih bahagia

Fimela.com, Jakarta Menjalani hidup sebagai perempuan, ada banyak tantangan yang akan kita hadapi. Bahkan seiring bertambahnya usia, kita pun akan dihadapkan pada banyak tuntutan dan tekanan baru. Selain itu, kita pun akan bertemu dengan orang-orang yang punya banyak karakter dan kepribadian.

Satu hal yang cukup menyulitkan dalam menjaga hubungan sosial adalah menghadapi orang yang meremehkan kita. Saat ada orang yang suka meremehkan kita, harga diri kita bisa hancur dan rasa percaya diri menurun. Untuk itu, kita juga perlu membekali diri dengan meningkatkan kualitas-kualitas pribadi yang membuat kita lebih kuat dan tidak mudah diremehkan atau dijatuhkan orang lain.

 

 

1. Terima Kenyataan bahwa Temperamen Manusia Berbeda-beda

perempuan bahagia
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/theshotsco

Orang yang meremehkanmu bisa jadi punya masalah sendiri dalam hidupnya. Serta punya temperamen yang kurang baik. Kita perlu menerima kenyataan bahwa temperamen manusia bisa berbeda-beda, bahkan kita tak pernah tahu isi hati tiap orang. Untuk itu, kita perlu menerima realitas tersebut lebih dulu. Supaya kita bisa lebih mawas diri.

 

 

2. Asah Potensi dan Kelebihan Diri

surat ayah dan berjauhan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/pixs4u

Ciptakan peluang untuk menunjukkan kelebihanmu. Asah dan gali potensi diri. Rangkai prestasi dan pencapaian hidup sendiri. Tiap perempuan punya hak untuk membuat pencapaian dan kesuksesannya sendiri. Saat kamu sudah bisa bersinar dan tegak berdiri dengan jalan hidup yang kamu pilih, maka orang-orang tak akan seenaknya sendiri memandang kita dengan sebelah mata.

 

 

3. Tingkatkan Kemandirian

surat ayah dan mirip berdebat
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Mrsiraphol

Cobalah untuk menciptakan kebahagiaanmu sendiri. Sekecil atau sesederhana apa pun hal yang kamu lakukan atau perbuat, selama itu bisa datangkan kebahagiaan maka tak apa untuk melakukannya. Cukupi kebutuhan sendiri sesuai kemampuan. Saat kita bisa lebih mandiri dan berdiri di atas kaki sendiri, maka orang lain akan lebih segan untuk menjatuhkan kita.

 

 

4. Perkuat Sudut Pandang Positif

surat ayah dan tanpa hadirmu
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/shisukaa

Mengutip buku Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang, "Dalam kehidupan sehari-hari, ada orang yang akan melempar sampah dan pergi begitu saja. Ada orang yang bisa menghadapi hal itu sambil tertawa atau dengan serius, tetapi ada juga orang yang tidak tahu harus berbuat apa." Supaya kita tak mudah dipandang remeh oleh orang lain, kita perlu memperkuat sudut pandang positif kita. Jika memang ada hal yang perlu kita perbaiki diri kita, maka kita bisa berupaya memperbaikinya. Tak perlu terlalu pusing dengan hadirnya orang-orang toxic di sekitar kita selama kita bisa senantiasa menjaga harga diri kita dengan kuat.

 

 

5. Tingkatkan Kenyamanan Diri

surat ayah dan dear
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/K-Angle

Buat daftar hal-hal yang kita sukai tentang diri sendiri. Tingkatkan kenyamanan menjalani setiap peran yang kita punyai. Sehingga kita tak punya waktu untuk merasa insecure atas perlakuan orang yang hanya ingin meremehkan atau menjatuhkan kita. Serta orang yang berniat meremehkan kita tak bisa mencari kelemahan kita sebab kita sudah nyaman dengan kehidupan kita sendiri.

Saatnya untuk lebih percaya diri menjalani hidup kita, ya Sahabat Fimela. Tetap semangat melangkah ke depan.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela