5 Bukti Ada Kebahagiaan di Balik Hidupmu yang Biasa

Endah Wijayanti06 Agu 2022, 11:45 WIB
Diperbarui 07 Agu 2022, 07:08 WIB
perempuan dan tentang menjadi diri sendiri

Fimela.com, Jakarta Jujur saja, saat kita melihat unggahan orang-orang di media sosial kita kerap merasa minder. Melihat orang lain yang lebih terkenal, banyak uang, atau punya banyak hal menyenangkan yang bisa dibagikan, kita bisa merasa ciut. Kita yang merasa hidup biasa-biasa saja seakan tersisih dan terabaikan.

Padahal di balik hidup kita yang terasa biasa, ada kebahagiaan yang kita punya. Tak perlu merasa minder saat melihat kehebatan, ketenaran, atau kekayaan orang lain. Hidup kita yang sederhana ini pun sebenarnya adalah anugerah. Saatnya membuktikan bahwa kebahagiaanmu sebenarnya sangatlah dekat.

 

 

1. Ada Kepuasan Batin

perempuan dan cinta yang biasa
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/lookstudio

Dari pekerjaan yang ditekuni, rutinitas yang dimiliki, atau hal sederhana yang dilakukan, ada kepuasan batin yang kamu dapatkan. Kamu bisa merasa bahagia melalui sesuatu yang kamu kerjakan. Tak perlu menunggu dapat pujian atau apresiasi orang lain untuk bisa bahagia, sebab kepuasan batin yang kamu miliki sudah cukup untuk membuatmu merasa bersemangat menjalani hari.

 

 

2. Menikmati Hal-Hal Sederhana

mandiri mencintai diri sendiri
ilustrasi perempuan dewasa tersenyum bahagia/Look Studio/Shutterstock

Saat masih bisa menikmati hal-hal sederhana, maka hidupmu sebenarnya sudah bahagia. Melansir laman Reader's Digest, menikmati hal-hal kecil akan membantu kita membangun gambaran kebahagiaan yang besar. Bisa menikmati makanan rumahan, bisa tertawa saat menonton acara kesukaan, atau sekadar masih bisa tersenyum setiap hari, itu pertanda kebahagiaan sebenarnya sangat dekat dengan diri dan kehidupanmu.

 

 

3. Fokus Menjalani Masa Kini

mencintai diri sendiri bahagia santai kalem
ilustrasi perempuan dewasa/Inside Creative House/Shutterstock

Masa lalu menghadirkan hikmah dan pelajaran berharga untukmu. Masa depan tidak terlalu kamu cemaskan. Ada masa kini yang kamu jalani sepenuh hati, dan ini membuatmu bisa lebih mudah bahagia. Sebab kamu tidak akan dihantui perasaan bersalah atau kecewa serta tidak gampang gelisah hadapi ketidakpastian hidup.

 

 

4. Selalu Ada Rasa Syukur yang Terucap

cinta bertepuk sebelah tangan perempuan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/wilaiporn+Hancharoenkul

Hidupmu mungkin tak sebahagia atau sesukses orang lain. Namun, kamu senantiasa bersyukur atas setiap hal yang bisa kamu dapatkan. Selalu ada rasa syukur yang terucap, dan ini tanpa disadari menjadi salah satu sumber kekuatanmu untuk bertahan di masa-masa sulit. Dari tiap hal yang kamu syukuri, ada kebahagiaan yang semakin bertambah di dalam hati.

 

 

5. Terbuka Menghadapi Perubahan

perempuan penuh cinta
ilustrasi bahagia ceria mendengarkan musik/Dean Drobot/Shutterstock

Perubahan dalam hidup akan terus terjadi. Fase demi fase kehidupan akan kita hadapi dan alami. Semua itu kita terima dan hadapi dengan terbuka. Walau tak semua hal terjadi sesuai keinginan, tapi kemampuan beradaptasi dengan perubahan mempermudah segala hal yang kamu lakukan.

Tak perlu merasa minder saat dirimu merasa biasa-biasa saja. Sebab kebahagiaan sesungguhnya bisa lebih dekat dari yang kita kira.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela