5 Cara Tenang Menyikapi Orang yang Selalu Curiga Padamu

Endah Wijayanti06 Agu 2022, 13:15 WIB
Diperbarui 06 Agu 2022, 13:15 WIB
perempuan dan berusaha untuk tenang

Fimela.com, Jakarta Punya kenalan atau seseorang yang selalu curiga padamu? Apa pun yang kamu katakan dan lakukan selalu saja dicurigainya, dan hal ini membuatmu tidak nyaman sama sekali. Menghadapi orang yang selalu curiga padamu memang bisa sangat menguras energi.

Emosi kita mungkin akan mudah tersulut dan meledak-ledak saat menghadapinya. Hanya saja amarah takkan menyelesaikan apa pun. Jadi, akan lebih bijak saat kita memilih cara yang lebih sederhana dalam menghadapi dan menyikapi orang yang selalu curiga kepada kita.

 

 

1. Lebih Fokus kepada Diri Sendiri

perempuan dan hidup yang lebih bahagia
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Pixel-Shot

Orang yang selalu curiga padamu pada dasarnya punya masalah dengan diri sendiri dan kehidupannya sendiri. Jadi, mending kamu fokus membuat diri sendiri nyaman. Mengutip buku How to Respect Myself, agar bisa hidup berbahagia, kita harus membiasakan diri membiarkan urusan orang lain menjadi urusannya. Sebab kita akan makin sulit bahagia jika terus-terusan memikirkan ucapan atau tindakan orang lain.

 

 

2. Utarakan Fakta

zodiak perempuan bahagia
ilustrasi perempuan berkacamata/photo created by lookstudio - www.freepik.com

Orang yang selalu curiga padamu biasanya akan selalu mencari berbagai macam cara dan celah untuk membuatmu merasa tak nyaman. Tak semua ucapannya perlu direspons. Kita hanya perlu mengutarakan fakta atau kenyataan yang ada. Sehingga orang yang selalu curiga tak menemukan celah untuk menjatuhkan kita dengan bualannya.

 

3. Sampaikan Rasa Tidak Nyaman

perempuan di kebun bunga
ilustrasi./Mumemories/Shutterstock

Tak harus langsung marah-marah atau dengan emosi meledak-ledak dalam menyampaikan rasa tidak nyaman. Kita bisa menggunakan kata-kata yang tegas dalam menyampaikan perasaan kita. Tak harus dengan menyalahkan atau menghakimi, cukup utarakan rasa tidak nyaman yang ada untuk meringankan perasaan sendiri.

 

4. Tampakkan Sikap Biasa Saja

perempuan dan bahagia jalan hidup
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/lookstudio

Daripada capek-capek menghabiskan energi menanggapinya, kamu bisa coba bersikap biasa saja. Bisa tetap nyaman dan bahagia menjadi diri sendiri. Kalau merasa perlu menjaga jarak dengannya, lakukan saja sesuai kenyamanan tanpa harus membesar-besarkan masalah. Jika perlu, tampilkan ekspresi bahagia apa adanya karena itu yang akan bantu meringankan perasaan kita juga.

 

5. Atur Napas Lebih Perlahan dan Teratur

yoga sebelum tidur
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/petrunjela

Daripada memaksakan diri untuk mengubah orang lain atau menyerap energi negatifnya, cobalah untuk membiarkan itu menjadi urusannya. Atur napas lebih perlahan dan teratur untuk bantu tenangkan diri. Sebelum merespons semua ucapan atau tindakan orang yang hanya ingin membuatmu tak nyaman, mengatur napas bisa memudahkan kita untuk berpikir lebih jernih dan mendapatkan hati yang lebih tenang.

Kalau menurut Sahabat Fimela sendiri, cara apa yang paling efektif dalam menyikapi orang yang selalu menaruh curiga kita pada kita?

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela