5 Cara Tenangkan Diri saat Sedang Banyak Pikiran

Endah Wijayanti08 Agu 2022, 08:15 WIB
Diperbarui 08 Agu 2022, 08:15 WIB
merenung sedih putus

Fimela.com, Jakarta Saat sedang banyak pikiran, kita merasa tidak nyaman. Rasa takut, cemas, gelisah, hingga sedih bisa memenuhi diri. Kita pun jadi sulit berpikir jernih.

Sebelum membuat keputusan penting atau sebuah pilihan, kita perlu berada dalam keadaan tenang agar tidak makin memperburuk keadaan. Berikut ini sejumlah strategi sederhana yang bisa dicoba untuk tenangkan diri saat sedang banyak pikiran. Langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Luangkan Waktu untuk Jalan Kaki

mandiri santai minum kopi
ilustrasi perempuan bahagia/Dean Drobot/Shutterstock

Aktivitas berjalan kaki bisa bantu tenangkan pikiran. Jalan kaki sendirian bisa bantu tenangkan pikiran. Jalan kaki bersama teman bisa membaut hati lebih senang. Intinya, jalan kaki bisa membuat kesehatan mental kita lebih baik. Akan lebih baik jika berjalan kaki di alam terbuka agar pikiran jadi terasa lebih segar.

 

 

2. Lakukan Gerakan Yoga

tips sebelum yoga
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/anontae2522

Melakukan gerakan yoga bisa bantu rilekskan otot tubuh. Selain itu, banyak penelitian ilmiah telah membuktikan manfaat yoga dalam melepas stres karena dapat merangsang pelepasan hormon endorfin sehingga mengurangi kortisol dalam tubuh dengan cara melatih pernapasan dan membuat tubuh rileks. Daripada menghabiskan terlalu banyak waktu dalam situasi tertekan, coba lakukan gerakan yoga sederhana untuk bantu rilekskan pikiran.

 

 

3. Menulis Jurnal

surat ayah dan membuat bapak bangga
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/d8nn

Menulis jurnal bisa bantu mengurai benang kusut yang ada di kepala. Mengutip buku How to Love, catatan berfungsi untuk merefleksikan, mengungkapkan, dan mengingatkan kembali pengalaman positif saat kita membacanya. Menuliskan perasaan atau hal-hal yang mengganggu pikiran bisa menghadirkan perasaan nyaman karena beban yang ada di pundak sudah kita tuangkan dalam tulisan.

 

 

4. Berbenah Barang-Barang

surat ayah dan mirip berdebat
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Mrsiraphol

Dalam berbenah, kita bisa membuat tiga sistem, yaitu barang yang perlu tetap disimpan, barang yang bisa didonasikan, dan barang yang perlu dibuang. Pilih dan pilah barang-barang dalam tiga sistem tersebut. Saat berbenah barang-barang, pikiran kita juga akan terasa ikut dibenahi. Sehingga ketika melihat barang lebih rapi, pikiran kita pun bisa terasa lebih jernih.

 

 

5. Berbagi Cerita dan Perasaan

teman curhat
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Saat ada banyak hal rumit menumpuk di kepala, sulit bagi kita untuk berpikir jernih. Terlalu sibuk dengan menumpuk beban perasaan sendiri membuat kita kadang jadi terlalu keras hati. Saat kita bisa menemukan orang yang tepat yang mau mendengar isi hati kita, perasaan kita akan terasa lebih lunak. Hati pun bisa lebih tenang dan pikiran bisa lebih ringan.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba untuk bantu tenangkan diri saat sedang banyak pikiran. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela