5 Cara Memiliki Work-Life Balance Melalui Kebiasaan Sederhana

Endah Wijayanti02 Agu 2022, 10:35 WIB
Diperbarui 02 Agu 2022, 10:35 WIB
aku uang dan jatuh bangun bisnis

Fimela.com, Jakarta Work-life balance bisa didefinisikan secara berbeda pada tiap orang. Namun, secara umum istilah ini mengacu pada kehidupan yang nyaman dan seimbang karena bisa menekuni pekerjaan dan melakukan berbagai aktivitas lain dengan baik. Untuk memiliki work-life balance pun bisa dilakukan melalui sejumlah cara.

Bagi yang saat ini sedang berupaya untuk mempunyai kualitas hidup yang lebih baik, strategi sederhana ini bisa dicoba. Berikut lima kebiasaan sederhana yang bisa diterapkan untuk memiliki work-life balance. Langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Miliki Jam Tidur yang Teratur

perempuan bangun pagi
ilustrasi bangun pagi/photo created by marymarkevich - www.freepik.com

Melansir laman health.clevelandclinic.org, saat kita berhenti merawat tubuh, itu tanda kita tak memiliki work-life balance yang baik. Untuk mulai merawat tubuh dengan lebih baik bisa dimulai dengan menjadwalkan jam tidur yang teratur. Usahakan untuk mendaptkan tidur yang cukup dan nyenyak untuk kualitas hidup yang lebih baik. Imbangi juga dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga rutin agar tubuh tetap bugar.

 

 

2. Buat Jadwal Kerja yang Jelas

aku uang dan beasiswa
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/xmee

Saatnya untuk meningkatkan kepuasan batin dan kenyamanan dalam bekerja. Caranya bisa dengan membuat jadwal kerja yang jelas. Sehingga kita bisa mengatur jadwal dan prioritas lain dengan lebih mudah. Dengan jadwal kerja yang jelas ini juga bisa membuat kita terhindar dari stres atau rasa tertekan menepati setiap tenggat pekerjaan yang ada.

 

 

3. Buat Jadwal Rehat

aku uang dan ibu rumah tangga
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/tuaphoto

Kalau pekerjaan perlu dijadwalkan, maka kebutuhan untuk rehat juga perlu dijadwalkan agar bisa lebih seimbang. Kita bisa membuat jadwal liburan atau cuti. Kita semua selalu butuh waktu rehat dan istirahat yang cukup untuk mengisi ulang energi. Rehat yang cukup juga bisa menyokong produktivitas kerja kita.

 

4. Hadirkan Batasan Aktivitas yang Jelas

aku uang dan sebagai freelancer
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/wichayada+suwanachun

Maksudnya saat sedang bekerja, benar-benar fokus mengerjakan semua tugas pekerjaan yang ada. Sementara saat sedang beristirahat, maksimalkan waktu untuk merilekskan tubuh dan pikiran. Ada batasan aktivitas yang jelas. Kalau kita terus menerus mencampuradukkan aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan dan non-pekerjaan, nantinya kita malah makin gampang stres.

5. Ciptakan Mekanisme Pertahanan Sendiri

aku uang dan bijak pakai uang
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Chakkrit

Temukan cara ternyaman untuk membuatmu rileks. Tak harus sama dengan cara yang dimiliki orang lain dalam mengelola dan meredakan stres. Mengutip buku How to Love, manusia mengatasi stres dengan kebiasaan dan pengetahuan masing-masing. Tiap individu punya mekanisme pertahanan dirinya sendiri. Mekanisme pertahan diri adalah kebiasaan yang sudah berlangsung lama dan susah diperbaiki. Ada yang bisa menenangkan diri dengan menyendiri. Ada juga yang butuh teman bicara untuk bisa meringankan perasaan.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba untuk memiliki work-life balance. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela