5 Perubahan Positif saat Menerima Diri Apa Adanya

Endah Wijayanti07 Agu 2022, 13:45 WIB
Diperbarui 07 Agu 2022, 13:45 WIB
perempuan dan bahagia apa adanya

Fimela.com, Jakarta Selama ini kita sering mendengar seruan untuk lebih mencintai diri sendiri. Mencintai diri sendiri menjadi semacam fondasi penting untuk bisa kuat dan bahagia menjalani hidup. Langkah awal untuk lebih mencintai diri sendiri adalah menerima diri seutuhnya.

Saat kita sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan diri, serta senantiasa berproses menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu, proses menerima diri sendiri akan menghadirkan sejumlah dampak positif. Berikut ini lima perubahan yang paling terasa saat kita bisa menerima diri sendiri.

 

 

1. Terbebas dari Belunggu Masa Lalu

perempuan santai minum teh di taman
ilustrasi tersenyum bahagia/TimeImage Production/Shutterstock

Kita bisa lebih fokus menjalani masa kini. Masa lalu menghadirkan hikmah dan pelajaran untuk membantu kita jadi pribadi yang lebih bijak di masa kini. Kita pun tidak terlalu terbebani dengan masa lalu atau masa depan yang di luar kontrol diri. Kita makin fokus menikmati, menjalani, dan mensyukuri semua yang ada saat ini akan membantu kita untuk bisa lebih bahagia.

 

 

2. Lebih Mudah Bahagia

perempuan mendengarkan musik
ilustrasi santai bahagia/AnemStyle/Shutterstock

Kita tak lagi terobsesi dengan standar kehidupan orang lain. Jika ada orang yang lebih berprestasi atau memiliki pencapaian yang lebih besar dari kita, kita menjadikannya sebagai motivasi dan sumber semangat baru. Tak lagi merasa iri apalagi cemburu dengan kehidupan orang lain. Kita lebih fokus untuk meningkatkan kualitas hidup kita yang lebih berharga, dan ini membuat kita lebih mudah bahagia.

 

 

3. Hati Lebih Tenang

mandiri santai minum kopi
ilustrasi perempuan bahagia/Dean Drobot/Shutterstock

Kita sudah merasa cukup dengan semua yang kita punya, dan tak terlalu memaksakan diri untuk menambah beban yang tak perlu lagi. Ini akan membuat hati lebih tenang. Menerima diri apa adanya memudahkan kita untuk mensyukuri banyak hal di sekitar kita, dan tak lagi terobsesi dengan hal-hal yang tak semestinya kita paksakan untuk kita miliki.

 

 

4. Lebih Semangat Mencoba Hal Baru

tertawa bahagia
ilustrasi perempuan cantik/mentatdgt/Shutterstock

Menerima diri sendiri membantu kita untuk senantiasa mengasah potensi diri. Bahkan dengan kekurangan yang ada, kita jadi terpacu untuk mencoba hal-hal baru agar kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu. Meski gagal dalam melakukan sesuatu, itu tak membuat kita terpuruk terlalu lama. Sebab kita menyadari diri kita bisa belajar hal baru dari setiap kegagalan dan pengalaman yang ada.

 

 

5. Makin Nyaman Menjalani Rutinitas

cantik tersenyum bahagia
ilustrasi/Makistock/Shutterstock

Walaupun diri kita tak sempurna tapi kita bisa menjalani hidup dengan lebih baik karena kamu mensyukuri semuanya. Kita bisa mengenakan apa pun yang membuat kita senang, dan ini membantu kita menemukan lebih banyak kenyamanan dalam menjalani rutintias. Sebab kita tak lagi terobsesi dengan membuat perbandingan penampilan dengan orang lain.

Jadi, apakah sudah siap untuk menyambut hidup yang lebih baik? Semoga ke depannya kita bisa jadi pribadi yang lebih bahagia ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela