5 Bukti Dirimu Perempuan Sulung yang Bahunya Luar Biasa Kuat

Endah Wijayanti03 Agu 2022, 15:15 WIB
Diperbarui 03 Agu 2022, 15:15 WIB
perempuan dan hidup apa adanya

Fimela.com, Jakarta Urutan lahir sedikit banyak memengaruhi temperamen dan kepribadian. Sebagai perempuan sulung misalnya, kita sudah cukup terbiasa untuk dididik lebih mandiri dan lebih kuat dari adik-adik kita. Ketika kita makin dewasa dengan masalah hidup yang makin kompleks, kita pun bisa memiliki bahu yang lebih kuat dan setegar karang.

Masalah dan tantangan hidup yang dihadapi perempuan sulung memang tak selalu mudah. Namun, selalu ada ketangguhan yang luar biasa di dalam diri kita untuk bisa bertahan dan mengatasi setiap persoalan yang ada. Berikut ini tanda bahwa dirimu sebenarnya perempuan sulung yang kuat dan tangguh.

 

 

1. Selalu Sepenuh Hati dalam Melakukan Sesuatu

perempuan berani
Ilustrasi/Copyright pexels.com/@mentatdgt-330508

Tidak pernah ada kata setengah-setengah di dalam kamus hidupmu. Saat melakukan sesuatu, kamu melakukannya sampai tuntas. Ada motivasi besar di dalam dirimu untuk menjadi pribadi yang sukses. Hal ini juga umunya berkaian dengan semangat untuk membuat pencapaian terbaik dalam hidup. Melansir laman drjen.com, penelitian-penelitian yang lebih modern menemukan bahwa anak sulung lebih cepat berbicara dan lebih berorientasi pada pencapaian. Dr. Jennifer Hartstein, seorang psikolog anak, remaja, dan keluarga yang berpraktik di New York City, memaparkan bahwa anak sulung senantiasa mendambakan persetujuan dan perhatian.

 

 

2. Mengedepankan Kejernihan Pikiran

perempuan dan keberanian
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Svetlana+Sokolova27

Walau kamu tak benar-benar mahir atau sempurna dalam menghadapi semua persoalan yang ada, tapi setidaknya kamu bisa tetap berupaya untuk tenang ketika menghadapi situasi atau persoalan yang menghimpit. Kemampuanmu untuk tetap tenang dan mengedepankan kejernihan pikiran saat menghadapi sebuah masalah menempa mentalmu jadi lebih kuat. Kamu pun tidak pernah gegabah dalam membuat pilihan atau mengambil keputusan.

 

 

3. Punya Empati yang Tinggi

surat ayah dan rindu yang tak sampai
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Twinsterphoto

Seorang anak perempuan pertama umumnya terbiasa memikirkan adik-adiknya tiap kali mendapatkan sesuatu. Terbiasa berbagi dan berempati dengan keadaan di sekitarnya. Empati, mengutip laman KBBI, adalah keadaan mental yang membuat seseorang merasa atau mengidentifikasi dirinya dalam keadaan perasaan atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain. Empati yang tinggi di dalam dirimu menjadi bukti bahwa kamu punya hati yang kuat dan tegar.

 

 

4. Punya Semangat Hidup yang Tinggi

surat ayah dan kehebatannya
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/K-Angle

Tidaklah mudah menerima berbagai tekanan dan tuntutan sebagai anak perempuan sulung dalam keluarga. Begitu banyak momen yang membuat kita rasanya ingin menyerah saja. Akan tetapi, kamu memilih untuk menjalani hidup dengan sebaik-baiknya. Sebab kamu meyakini kamu terlahir ke dunia ini karena ada hal baik yang bisa kamu lakukan untuk orang lain dan lingkunganmu.

 

 

5. Tidak Pernah Menyimpan Dendam

surat ayah dan dear
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/K-Angle

Masalah hidup sudah membuat bahumu berat. Jadi, kamu tak ingin makin memperburuk dan membuat bebanmu bertambah dengan menyimpan dendam. Dalam menyikapi orang-orang yang pernah melukai dan mengecewakanmu, kamu senantiasa berusaha untuk memaafkannya. Tumbuh sebagai perempuan sulung yang dituntut serba bisa, kita menyadari bahwa kita tak selamanya bisa bergantung pada orang lain untuk menyenangkan hati kita.

Semoga kita bisa menjalani hidup kita dengan hati yang tabah, ya. Meski beban hidup terasa berat, tapi ada bahu setegar karang yang kamu punya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela