Sukses

Lifestyle

4 Cara Membuat Ringkasan yang Simpel dan Mudah

Fimela.com, Jakarta Saat mendapatkan tugas membuat ringkasan, Sahabat Fimela tidak perlu bingung cara membuat ringkasan yang simpel dan mudah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat ringkasan.

Ringkasan dibuat untuk memperpendek atau menyingkat isi karangan yang panjang. Ringkasan dapat membuat pembacanya lebih memahami isi buku atau karangan tersebut. Walaupun demikian, sebelum membuat ringkasan tetap harus membaca isi buku atau karangan asli sepenuhnya.

Dalam membuat ringkasan, sebaiknya jangan menghilangkan unsur-unsur atau ide pokok yang ada dalam buku tersebut. Seseorang yang menulis ringkasan harus memperhatikan gagasan penting yang ditulis oleh penulis karangan. Berikut cara membuat ringkasan yang simpel dan mudah:

Tujuan Ringkasan

Ada tujuan penting dalam membuat ringkasan. Tentu saja tujuan utama dari meringkas buku adalah untuk menyingkat isi dari sebuah buku. Selain itu, ringkasan dapat membuat pembaca buku menjadi lebih paham tentang isi buku tersebut.

Dengan meringkas sebuah buku, penulis ringkasan akan membaca kembali setiap detail yang tertulis dalam buku. Sehingga akan lebih paham dan hafal tentang isi buku tersebut. Setelah ringkasan selesai dibuat, Sahabat Fimela bisa membaca ringkasan tersebut untuk bahan pembelajaran. Sehigga lebih menyingkat waktu dalam membaca buku.

Ringkasan bisa membuat isi buku menjadi lebih pendek. Namun penulis ringkasan tidak boleh membuat gagasan atau ide buku menjadi lebih dikit. Perlu diperhatikan, bahwa dalam ringkasan tidak boleh menghilangkan intisari dari buku yang merupakan gagasan pengarang buku.

Cara Membuat Ringkasan

1. Membaca Naskah Asli

Cara membuat ringkasan yang pertama yaitu dengan membaca naskah, buku atau karangan yang asli. Membaca naskah asli harus dilakukan berulang kali, karena tidak bisa hanya dibaca satu kali saja. Sahabat Fimela harus benar-benar paham tentang isi naskah yang akan ditulis untuk diringkas.

2. Mencatat Gagasan Utama

Jika sudah membaca naskah asli, jangan lupa untuk menandai bagain penting dalam karangan tersebut. Lalu catatlah gagasan utama yang ada dalam karangan, menjadi sebuah ringkasan yang lebih pendek dan singkat. Tulis juga penjelasan penting yang mendiskripsikan tentang gagasan utama tersebut.

3. Membuat Reproduksi

Selanjutnya, buatlah reproduksi dari naskah asli tersebut. Caranya dengan menyusun kembali menjadi sebuah ringkasan berdasarkan gagasan utama. Urutannya harus sesuai dengan buku aslinya agar pokok pikirannya tersampaikan dalam ringkasan.

Ketentuan Tambahan dalam Ringkasan

Ada ketentuan tambahan yang harus diperhatikan saat menyusun ringkasan. Lebih baik gunakan kalimat tunggal dalam membuat ringkasan. Kalimat yang akan ditulis dalam ringkasan, sebaiknya dijadikan frasa, frasa menjadi kata, rangkaian gagasan diganti dengan gagasan sentral.

Saat menulis ringkasan, alinea dapat disesuaikan dengan jumlah topik utama. Sehingga jumlah alinea tergantung dari pokok pikiran yang penting-penting saja. Semua keterangan dan kata sifat dapat dihilangkan dalam membuat ringkasan.

Sahabat Fimela harus mempertahankan susunan gagasan asli yang ditulis oleh penulis buku. Kemudian susunlah gagasan tersebut dengan urutan sesuai karangan yang asli. Untuk kalimat langsung, dapat ditulis menjadi kalimat tidak langsung.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading