Merayakan HUT ke-77 RI, 4 Kreator TikTok Jelajah 77 Destinasi Wisata di Indonesia

Fimela Reporter05 Agu 2022, 09:30 WIB
Diperbarui 05 Agu 2022, 09:30 WIB
3 Desa Wisata Eksotis di Danau Toba untuk Berburu Produk Ekraf Favorit Keluarga

Fimela.com, Jakarta Dalam merayakan HUT ke-77 RI, TikTok meluncurkan sebuah kampanye #SerunyaIndonesia yang berlangsung selama bulan Agustus. Kampanye ini diawali dengan program perjalanan wisata bertajuk ‘Jelajah #SerunyaIndonesia’ untuk mengeksplorasi 77 destinasi wisata di Indonesia.

TikTok berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta online travel agent, Tiket.com dalam menyelenggarakan program kampanye ini. Program ini sendiri menjadi salah satu cara untuk memajukan industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

“Kami berharap lewat program kolaborasi bersama TikTok ini, pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif bisa mendapatkan inspirasi baru dalam meningkatkan kemampuan adaptasi, inovasi, dan kolaborasi yang baik, demi pariwisata Indonesia yang lebih maju,” ujar Firnandi Gufron, Plh. Direktur Komunikasi Kemeparekraf.

Gandeng 4 Kreator TikTok Untuk Eksplorasi 77 Destinasi Wisata Indonesia

Program Jelajah #SerunyaIndonesia
Konfersi Pers Peluncuran Program Jelajah #SerunyaIndonesia bersama TikTok Indonesia, Kemenparekraf, tiketcom, dan dua kreator TikTok. (Dok/TikTok Indonesia)

Program perjalanan wisata ‘Jelajah #SerunyaIndonesia’ menjadi salah satu program dari TikTok untuk merayakan HUT RI ke-77. Terdapat 77 destinasi wisata yang akan dijelajahi oleh para kreator TikTok yang digandeng untuk terlibat program ini.

Ada empat kreator yang akan ikut terlibat dalam program perjalanan wisata ini, Canny Claudia (@cannyclau), Firly Adhyatma Rusli (@firlyafro), Melani Amelia (@namakuamel_racosta) dan Nanda Setya Pratama Juanda (@itingsmeledak), dan akan disiarkan secara langsung di TikTok LIVE selama 77 jam. Keempat kreator TikTok ini kerap berbagi inspirasi wisata di TikTok.

Jelajah #SerunyaIndonesia ini akan dibagi menjadi empat grup jelajah. Masing-masing grup akan melaksanakan penjelajahan selama 10 hari. Grup pertama akan memulai penjelajahan di kota Aceh dan berakhir di Pontianak, grup kedua dimulai dari Samarinda dan berakhir di Yogyakarta.

Grup ketiga dari Manado dan berakhir di Ambon, sementara grup keempat akan memulai jelajah dari Merauke dan berakhir di Bali. Setelah 10 hari penjelajahan berakhir, keempat grup akan kembali berkumpul merayakan Festival #SerunyaIndonesia di Jakarta.

5 Destinasi Super Prioritas Kemenparekraf Akan Dijelajahi

Paradise Bar Labuan Bajo
Labuan Bajo, Pulau Komodo, yang masuk dalam daerah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. (Liputan6.com/ Ahmad Ibo)

Promosi pariwisata melalui platform digital yang inovatif merupakan salah satu fokus pemerintah melalui Kemenparekraf dalam memajukan industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Untuk memajukan bidang ini Kemeparekraf membuat destinasi wisata prioritas yang berjumlah 5 destinasi.

Lima destinasi super prioritas yang mencakup Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Danau Toba di Sumatera Utara, dan Likupang di Sulawesi Utara akan menjadi bagian dari program Jelajah #SerunyaIndonesia ini.

Berdayakan Kreator Daerah dan Lokal

Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok.
Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok. (Kredit: antonbe via Pixabay)

TikTok juga turut memberdayakan kreator TikTok daerah dan lokal melalui program "Serunya On The Road (SOTR)". Program ini berlangsung di tiga kota, yaitu Semarang, Bali, dan Medan. Program ini bertujuan untuk membuka peluang dan memberdayakan ekonomi kreator di Indonesia, sehingga siapa pun dapat ikut mempromosikan wisata Indonesia dengan cara yang kreatif dan menyenangkan.

"Ragam konten oleh para kreator yang secara aktif berbagi rekomendasi kuliner khas nusantara, wisata daerah yang terkenal, hingga rekomendasi wisata baru sebagai "hidden gem" lewat video di TikTok, menjadikan konten wisata dan travel berkembang pesat dan menjadi bagian dari lima konten teratas di Indonesia," kata Agung Pamungkas, Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia.

Munculkan Inspirasi Berbagai Destinasi Wisata Baru

6 Destinasi Wisata Tebing di Indonesia yang Memukau
Tebing Koja. (dok. instagram.com/tebing_koja/https://www.instagram.com/p/B0e2i7nFco7/Novi Thedora)

Sebagai online travel agent (OTA) pertama di Indonesia, tiket.com juga ikut mendukung penjelajahan empat grup agar berjalan dengan lancar. Sandra Darmosumarto, Public Relations Sr. Manager, tiket.com mengungkapkan dengan dilakukannya  program penjelajahan destinasi wisata ini memungkinkan munculnya destinasi wisata baru.

“Kami harap konten pariwisata yang seru dan menghibur dari para kreator TikTok nantinya dapat membawa masyarakat untuk melihat lebih luas pesona wisata Indonesia, karena masih banyak destinasi hidden gems di Indonesia dengan alamnya yang indah, budaya yang kaya, dan kuliner yang nikmat. Semoga ini dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat untuk #BulatkanTiketmu menuju liburan impian ke berbagai destinasi di Indonesia,” ujar Sandra.

 

Tidak Hanya Membagikan Info Destinasi Wisata Tapi Juga Promosikan Budaya

Tradisi Jemparingan, Budaya Panahan Kuno yang Jadi Daya Tarik Wisata Yogyakarta
Wisata Budaya di Yogyakarta. (Liputan6.com/Istimewa)

Kreator TikTok, Canny Claudya, yang kerap berbagi destinasi wisata melalui akunnya. Setiap destinasi wisata dan budaya tradisional menyimpan banyak cerita di baliknya, dan merupakan kesempatan besar untuk bisa mengeksplorasi kekayaan wisata Indonesia yang beragam.

“Melalui program Jelajah #SerunyaIndonesia. Semoga konten livestream yang kami bagikan dapat membuat masyarakat semakin menghargai keunikan setiap daerah di Indonesia dan menjadikan perbedaan itu sebagai hal yang menyatukan kita di Hari Kemerdekaan RI ke-77 nantinya,” kata Canny.

Penulis: Tasya Fadila

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓