Nona Kampanyekan Revolusi Menstruasi serta Hadirkan Pembalut Organik yang Aman dan Cruelty Free

Fimela Reporter11 Agu 2022, 20:30 WIB
Diperbarui 11 Agu 2022, 20:30 WIB
Nona Kampanyekan Revolusi Menstruasi serta Hadirkan Pembalut Organik yang Aman dan Terjangkau

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tidak tahu istilah ‘datang bulan’ atau ‘dapet’. Di Indonesia istilah ini mengacu pada menstruasi pada perempuan. Pemberian kata pengganti untuk ‘menstruasi’ dikatakan bertujuan ‘membuat lebih sopan’ atau ‘menghaluskan’ seolah-olah menstruasi adalah sesuatu yang kotor dan memalukan.

Pandangan miring terhadap menstruasi nyatanya menjadi momok. Para perempuan sendiri malu untuk membahas mengenai hal alamiah dan normal ini, membatasi akses informasi mengenai menstruasi, bahkan membuat perempuan merasa dilemahkan karena menstruasi.

Untuk mendobrak stigma yang melemahkan perempuan terhadap menstruasi di masyarakat Indonesia, Nona menciptakan gerakan untuk menghancurkan stigma serta tabu tersebut dari masyarakat melalui kampanye #RevolusiMentruasi, serta meluncurkan pembalut yang aman bagi perempuan Indonesia, yaitu Nona Organic Pads.

Luncurkan Pembalut yang Aman Untuk Perempuan Indonesia

Luncurkan Pembalut yang Aman Untuk Perempuan Indonesia
Misi Utama Dibalik Kampanye #RevolusiMenstruasi dan Peluncuran Nona Organic Pads Adalah untuk Melawan Period Poverty. (Dok/Nona Woman)

Didorong oleh isu sosial tentang menstruasi, Nona meluncurkan pembalut organik yang disebut dengan Nona Organic Pads. Kehadiran pembalut ini didasari oleh keinginan untuk menghadirkan pengalaman menstruasi yang nyaman, tanpa ada rasa gatal dan menimbulkan ruam pada area kewanitaan setiap pengguna.

Nona Organic Pads merupakan pembalut yang dirancang dengan khusus dan telah melewati berbagai uji coba. Uniknya, pembalut yang diluncurkan oleh Nona ini berbahan dasar natural dan organik. Tidak hanya itu, Nona Organic Pad bersifat vegan dan cruelty-free.

Nona Organic Pads memiliki beberapa pilihan pembalut, yaitu Nona Pantyliners, Regular Pads dengan ukuran 24.5 cm, Long Pads dengan ukuran 28.5 cm, dan Overnight Pads dengan ukuran 33 cm. Tidak hanya pembalut, Nona juga hadirkan menghadirkan sabun pembersih area kewanitaan yang anti-bacterial, natural, dan aman digunakan untuk kulit sensitif yaitu Nona Intimate Wash

Kampanyekan #RevolusiMenstruasi Untuk Dobrak Stigma

Kampanyekan #RevolusiMenstruasi Untuk Dobrak Stigma
Nona Mengangkat Kampanye #RevolusiMenstruasi untuk Menghadirkan Pengalaman Menstruasi yang Lebih Sehat Serta Mendobrak Stigma yang Ada di Masyarakat. (Dok/Nona Woman)

Nona turut mengangkat kampanye #RevolusiMenstruasi untuk menghadirkan pengalaman menstruasi yang lebih sehat serta mendobrak stigma yang ada di masyarakat. Nicole Jizhar, Co-Founder Nona menyebutkan dampak dari stigma negatif dan tabu sudah mempengaruhi kualitas hidup perempuan Indonesia.

“Kami berharap dengan lebih lantang berbicara mengenai menstruasi, kami bisa mengedukasi lebih banyak perempuan dan bahkan pria di tanah air. Dengan begitu, kita sama-sama dapat menghilangkan stigma negatif dan menciptakan pandangan baru bahwa menstruasi adalah proses yang normal dan patut dirayakan,” ungkap Nicole Jizhar.

Lawan Period Poverty di Indonesia

Lawan Period Poverty di Indonesia
Nona Merupakan Sebuah Platform Kesehatan Perempuan yang Didirikan oleh Nicole Jizhar dan Monica Pranatajaya. (Dok/Nona Woman)

Misi utama dibalik kampanye #RevolusiMenstruasi dan peluncuran Nona Organic Pads adalah untuk melawan period poverty. Dalam mewujudkan misinya, menyediakan produk perawatan menstruasi yang organik, aman, dan lebih terjangkau.

Selain itu, Nona ingin mengedukasi dan meningkatkan pengetahuan perempuan Indonesia mengenai menstruasi. Sehingga, mereka dapat memiliki pengalaman menstruasi yang lebih sehat dan nyaman. Edukasi gratis ini tersedia melalui podcast Nona Chats, aplikasi Nona Woman dan artikel di situs web.

Nona juga melakukan Lokakarya Pendidikan (workshop) untuk universitas serta melakukan edukasi dan donasi pembalut yang dapat digunakan kembali untuk masyarakat di daerah pedesaan kurang mampu di Papua.

“Terciptanya Nona adalah untuk mendobrak tabu yang begitu menonjol di Indonesia. Banyak produk perawatan menstruasi sulit dibeli oleh perempuan Indonesia. Bagi kami, period care and education should not be a luxury. Ini adalah hak dasar kemanusiaan bagi semua perempuan,” ujar Monica Pranatajaya, Co-Founder Nona.

Terus Menjadi Komunitas yang Suportif bagi Perempuan Indonesia

Terus Menjadi Komunitas yang Suportif bagi Perempuan Indonesia
Nona Resmi Meluncurkan Nona Organic Pads Sebagai Bentuk Nyata Kehadirannya untuk Mendukung Perempuan Indonesia dalam Memerangi Stigma Negatif Terkait Menstruasi. (Dok/Nona Woman)

Melalui kampanye dobrak stigma menstruasi dan penjualan Nona Organic Pads, Nona akan mendistribusikan keuntungan dari pembelian untuk membantu perempuan Indonesia yang belum memiliki akses terhadap perawatan serta edukasi terkait menstruasi melalui mitra komunitas Nona.

Nona bertekad untuk terus membawa gebrakan baru di industri perawatan menstruasi tanah air. Nona akan terus melakukan pengembangan produk dan inovasi terkait kesehatan perempuan. Nona juga akan terus menjadi komunitas yang suportif bagi perempuan Indonesia untuk melawan stigma terkait menstruasi dan ketidaksetaraan gender.

*Penulis: Tasya Fadila

 

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela