5 Cara Hadirkan Hati yang Bahagia dan Redakan Gelisah

Endah Wijayanti11 Agu 2022, 08:15 WIB
Diperbarui 11 Agu 2022, 08:15 WIB
perempuan tersenyum bahagia

Fimela.com, Jakarta Bagaimana cara bahagia? Pertanyaan ini kerap muncul di benak kita. Tentu saja jawaban atas pertanyaan itu bisa sangat beragam. Bahkan masing-masing orang punya cara sendiri dalam memaknai kebahagiaan dan menemukan kebahagiaan.

Kali ini kita akan bahas lima cara sederhana yang bisa dicoba untuk hadirkan hati yang bahagia. Bagi yang sering merasa gelisah berlebihan, sejumlah cara berikut ini bisa dicoba untuk mengalirkan lebih banyak perasaan positif dan tenang lagi.

 

1. Berdamai dengan Keadaan

perempuan bahagia
ilustrasi tertawa/Krakenimages.com/Shutterstock

Apa pun keadaan yang sedang dihadapi saat ini, terima dengan lapang dada. Apa pun situasi yang pernah dialami, ambil pelajaran terbaiknya dan berdamailah. Tak perlu berandai-andai atau menyesali sesuatu berlebihan. Cukup tarik napas dalam, embuskan, dan biarkan segalanya mengalir apa adanya lebih dulu.

2. Apresiasi Perjalanan Hidup yang Dilalui

bahagia dewasa bekerja curvy
ilustrasi perempuan tertawa/Krakenimages.com/Shutterstock

Perjalanan dan lika-liku hidup kita mungkin tak semudah orang lain. Perjuangan kita pun tak sama dengan orang lain. Meski kadang ada badai yang lebih hebat untuk dihadapi sendiri atau jalan yang terjal untuk dilalui, tetapi semua itu menghadirkan kekuatan baru dalam hidup. Untuk semua yang sudah kita lalui, apresiasi perjuangan kita. Dengan begitu, kita bisa menemukan keindahan dalam perjalanan kita sendiri.

 

 

3. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

tertawa baju pink
ilustrasi perempuan bahagia/Krakenimages.com/Shutterstock

Saat kita meluangkan waktu untuk diri sendiri, kita bisa lebih mudah memenuhi kebutuhan-kebutuhan kita serta memposisikan diri lebih baik lagi untuk beradaptasi dengan semua pengalaman baru dan perubahan hidup yang ada. Meluangkan waktu untuk diri sendiri juga bentuk menyayangi diri sendiri. Saat kita bisa menemukan kenyamanan dengan diri sendiri, maka kebahagiaan bisa mengalir dengan sendirinya.

4. Tersenyum dengan Sepenuh Hati

tertawa bahagia mandiri dewasa
ilustrasi/Krakenimages.com/Shutterstock

Seulas senyuman bisa membuka pintu kebahagiaan baru. Bahkan bisa membuat perasaan kita lebih baik tanpa gelisah berlebihan. Mengutip buku Happiness Inside, "Gerakan tersenyum misalnya, akan membuat kelenjar pineal dalam otak mengeluarkan hormon endorfin, yaitu zat sejenis morfin alami yang kekuatannya 200 kali dari morfin buatan. Endorfin ini membuat perasaan menjadi senang dan bahagia." Jadi saat merasa tertekan atau frustrasi, cobalah untuk tersenyum perlahan untuk memperbaiki suasana hati.

5. Merawat Diri Sesuai Kebutuhan

karakter zodiak
ilustrasi kepribadian perempuan/Photo by Thiều Hoàng Phước from Pexels

Makin kita memberi perhatian yang cukup untuk kondisi kesehatan kita, makin mudah kita mendapatkan kebahagiaan yang kita inginkan. Merawat diri dengan baik akan membuat kita lebih nyaman dengan diri kita sendiri apa adanya. Mulai dari tidur yang cukup, pola makan sehat, kebiasaan olahraga rutin, dan sejumlah kebiasaan baik dan sehat bisa kita lakukan. Dari sini, kebahagiaan bisa makin menguat.

Itu tadi lima hal yang bisa dicoba untuk hadirkan hati yang bahagia. Semoga bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela