Sukses

Lifestyle

7 Cara Mencuci Baju Rajut Agar Tidak Mudah Rusak

Fimela.com, Jakarta Zaman sekarang baju rajut menjadi tren fashion. Ada banyak orang yang sering menggunakan baju rajut untuk menunjang penampilan. Bahan yang digunakan untuk membuat baju rajut adalah benang wol.

Pastinya benang yang digunakan untuk membuat baju rajut ini harus dirawat dengan benar. Karena kesalahan dalam mencuci baju rajut, akan membuat bahan baju menjadi cepat rusak dan robek. Bahkan benang pada baju akan mudah mencuat keluar, jika tidak benar saat mencucinya.

Untuk itu Sahabat Fimela harus memperhatikan cara mencuci baju rajut dengan benar. Sehingga baju rajut akan awet dan bisa digunakan menyempurnakan penampilan. Berikut cara mencuci baju rajut:

Cara Mencuci Baju Rajut

1. Rendam Baju Sebentar

Saat mencuci baju rajut, pastikan Sahabat Fimela merendam baju selama kurang lebih 5 menit saja. Terlalu lama merendam baju akan membuat benang menjadi rusak. Selain itu, gunakan air hangat suam-suam kuku untuk merendam pakaian.

2. Cuci dengan Tangan

Pastikan baju rajut tidak dicuci dengan mesin cuci. Karena benang pada baju rajut bisa menyangkut pada mesin cuci. Hal ini akan membuat baju rajut mudah robek. Cucilah baju rajut dengan tangan dan kucek pelan-pelan saja.

3. Hindari Pemutih Pakaian

Benang yang digunakan untuk membuat baju rajut akan mudah rusak saat terkena bahan kimia. Untuk itu, hindari mencuci baju rajut dengan pemutih pakaian. Baju rajut bisa dicuci menggunakan sabun bayi, yang teksturnya lebih aman dan lembut.

Cara Mencuci Baju Rajut yang Selanjutnya

4. Jangan Digantung

Saat menjemur baju rajut, sebaiknya jemur pada bidang datar saja. Usahakan untuk tidak menggantung baju rajut. Hal ini bisa membuat benang menjadi longgar dan mudah robek. Begitu pula saat menyimpan baju rajut, sebaiknya dilipat saja

5. Jangan Jemur di Bawah Sinar Matahari

Karena benang untuk merajut mudah rusak. Hindari menjemur baju rajut di bawah sinar matahari. Paparan sinar matahari akan membuat warna baju menjadi cepat pudar dan terlihat kusut.

Cara Mencuci Baju Rajut yang Terakhir

6. Setrika dengan Suhu Rendah

Gunakan setrika dengan suhu rendah saat menyetrika baju rajut. Jika menyetrika dengan suhu panas, akan membakar benang rajutan dan membuat baju mudah robek. Ada baiknya menyetrika baju rajut dengan setrika uap.

7. Hindari Penggunaan Parfum

Cara yang terakhir adalah menghindari penggunaan parfum untuk baju rajut. Karena parfum memiliki kandungan alkohol dan bahan kimia, yang akan membuat baju rajut menjadi tidak awet. Kalau terpaksa ingin menggunakan parfum, semprotkan pada jarak 30cm, agar tidak langsung terkena baju rajutan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading