Sukses

Lifestyle

Berkenalan dengan Ragam Budaya Indonesia lewat JAGANTARA, Acara Gagasan Warisan Budaya Indonesia Foundation untuk Generasi Muda

Fimela.com, Jakarta Warisan Budaya Indonesia Foundation atau WBI baru saja menggelar acara bertema kebudayaan di ASHTA Jakarta. Acara yang diberi tajuk JAGANTARA atau Jaga Warisan Nusantara ini dihadirkan dengan tujuan untuk memperkenalkan budaya Indonesia yang kaya, khususnya kepada generasi muda.

WBI sendiri didirikan pada 24 November 2021 oleh berbagai tokoh yang memiliki kepedulian dan fokus yang sama tentang pentingnya menjaga kebudayaan Indonesia. Lewat berbagai kegiatan, WBI ingin berkontribusi pada kemajuan budaya nasional, memanfaatkan dan melestarikan kebudayaan secara kreatif, membangun rasa cinta bangsa Indonesia, dan terus mendukung keberadayaan para pelaku budaya, serta memberi ruang berkarya.

JAGANTARA berlangsung dari 29 Juli hingga 21 Agustus 2022 mendatang. Kamu yang penasaran ingin tahu aktivitas apa saja di sini, kamu bisa mengeksplorasi mulai dari wastra nusantara, kuliner, sinema, kerajinan, dan interior, yang semuanya bertema anak muda.

 

 

JAGANTARA

Mulai dari bagian wastra, kamu bisa menemukan Pohon JAGANTARA, sebuah instalasi pohon raksasa yang dihiasi kain-kain dari berbagai daerah di Indonesia. Di instalasi Heritage Diplomacy, dihadirkan 8 karya desainer Indonesia menggunakan bahan wastra dari berbagai daerah di Indonesia, yang rancangannya terinspirasi dari mancanegara.

Di bagian kuliner, JAGANTARA mengajak pengunjung lebih mengenal keunikan budaya kuliner Indonesia. Mulai dari memperkenalkan koleksi buku memasak kuno, instalasi pameran foto pasar tradisional di Indonesia, aneka talkshow seputar kuliner Indonesia, hingga food tasting yang semua dikemas dalam tema Pasar Rakyat.

Di area Seni dan Budaya, JAGANTARA memutar beberapa film karya anak bagnsa yang memiliki sentuhan budaya. Setiap akhir pekan, para pengunjung bisa menyaksikan sinema Indonesia yang pernah populer, seperti Tiga Dara dan Arisan.

JAGANTARA

Selain pop-up market, setiap akhir pekan, diadakan juga berbagai aktivitas menarik, mulai dari pertunjukan tari tradisional, fashion show dengan busana etnik Indonesia, sampai hiburan musik dan DJ. Hari Kamis (11/8/2022), JAGANTARA menghadirkan acara Karpet Merah, di mana WBI Foundation merilis program Heritage Diplomacy.

Heritage Diplomacy adalah kegiatan menjalin kerjasama dalam hal warisan budaya dengan negara-negara sahabat, sebagai salah satu wujud menjaga, melestarikan, memperkenalkan warisan budaya Indonesia. Acara dibuka dengan sambutan dari Yanti Airlangga selaku Ketua Umum WBI Foundation dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Dilanjutkan dengan meresmikan simbol program Heritage Diplomacy yang berupa instalasi karya 8 desainer kenamaan tanah air dengan 8 jenis wastra Nusantara yang terinspirasi dari 8 busana nasional negara-negara sahabat, yaitu Cina, India, Jepang, Kenya, Korea, Meksiko, Polandia, dan Spanyol. Jangan ketinggalan untuk ikut mengeksplorasi budaya Indonesia di JAGANTARA ya, Sahabat FIMELA!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading