5 Cara Menyikapi Semangat Hidup yang Meredup

Endah Wijayanti12 Agu 2022, 13:15 WIB
Diperbarui 12 Agu 2022, 13:15 WIB
perempuan bahagia

Fimela.com, Jakarta Saat semangat hidup meredup, segalanya terasa tidak ada gunanya lagi. Bahkan hal-hal yang tadinya bisa membuat kita senang menjadi hal-hal yang menjemukan. Menyambut datangnya hari pun terasa begitu berat.

Menyikapi semangat hidup yang meredup  memang  butuh upaya yang lebih keras. Agar kualitas hidup kita tidak makin menurun, kita bisa melakukan sejumlah hal sederhana untuk kembali melangkah ke depan dengan lebih semangat. Berikut ini lima cara yang bisa dicoba.

 

1. Izinkan Diri untuk Rehat

mencintai diri sendiri
ilustrasi perempuan bahagia/Photo by Django Li from Pexels

Luangkan waktu khusus untuk istirahat lebih dulu. Rehat untuk memulihkan energi dan memperbaiki suasana hati. Kalau menyepi atau menyendiri  bisa bantu tenangkan diri, lakukan saja. Kalau butuh seseorang untuk diajak berbagi cerita, coba cari waktu yang tepat untuk mengobrol atau berbincang.

2. Lakukan Sesuatu yang Baru

mencintai diri sendiri bahagia
ilustarsi perempuan bahagia/Photo by Renato Abati from Pexels

Rasa jenuh atau jemu bisa membuat kita merasa tidak bersemangat jalani hidup. Di sini, kita bisa coba melakukan hal  baru. Mencoba atau melakukan sesuatu yang baru dapat memudahkan kita untuk menghadirkan variasi aktivitas yang berbeda. Hal ini akan membuat hari kita lebih berwarna, dan semangat hidup bisa kembali muncul.

 

3. Membuat Karya atau Kreasi Baru

cantik kalem cinta
ilustrasi./Pumidol/Shutterstock

Berkarya atau berkreasi bisa membuat kita lebih produktif. Saat fokus atau berkonsentrasi melakukan sesuatu, pikiran kita akan teralihkan untuk hal yang lebih positif. Kegiatan positif ini pun bisa membuat kita lebih bersemangat melakukan lebih banyak hal lagi.

4. Buat Harapan Baru dalam Hidup

perempuan dan cinta pertama
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/JR-50

Temukan dan ciptakan harapan baru dalam hidup. Setidaknya tetapkan sesuatu untuk dicapai atau diraih di depan. Ada tujuan yang ingin dicapai ini akan memacu kita untuk tidak gampang menyerah atau putus asa dalam menjalani hidup. Sekecil atau sesederhana apa pun harapan itu, selama itu bisa menjadi semacam sinar baru dalam hidup maka kita bisa menghadirkannya.

 

 

5. Berbuat Sesuatu untuk Orang Lain

cinta bertepuk sebelah tangan perempuan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/wilaiporn+Hancharoenkul

Melakukan sesuatu untuk orang lain bisa bantu hadirkan kebahagiaan dan semangat baru. Kalau selama ini kita terlalu fokus dengan diri sendiri, maka sesekali cobalah untuk fokus melakukan sesuatu untuk orang lain. Biasanya saat kita melakukan sesuatu untuk orang lain, ada kebahagiaan baru yang bisa kita dapat dan hidup jadi terasa lebih bermakna.

Itu tadi lima hal yang bisa dilakukan untuk menyikapi semangat hidup yang meredup. Semoga ke depannya kita semua bisa menjalani hidup dengan lebih baik dan bahagia lagi, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela