5 Tanda Dirimu Bisa Bahagia dengan Pilihan Hidup Sendiri

Endah Wijayanti17 Agu 2022, 15:15 WIB
Diperbarui 17 Agu 2022, 15:15 WIB
perempuan dan rasa nyaman

Fimela.com, Jakarta Pilihan hidup kita mungkin tak bisa sama dengan kebanyakan orang. Bahkan pilihan yang kita ambil bisa sangat berbeda dari ekspektasi orang lain. Pilihan dalam hal pendidikan, pekerjaan, hingga soal hubungan bisa kita buat sendiri.

Hanya saja kadang pilihan kita dicibir atau dipandang buruk oleh orang lain. Bahkan mungkin ada yang meremehkan pilihan hidup kita. Namun, kita tetap punya peluang untuk merasa bahagia dengan pilihan hidup kita sendiri.

 

 

1. Tidak Terobsesi dengan Standar Hidup Orang Lain

perempuan bahagia tertawa
ilustrasi perempuan memegang bunga/WHYFRAME/Shutterstock

Kamu merasa nyaman dengan pilihan hidupmu sendiri. Tidak merasa terganggu atau terobsesi dengan standar hidup orang lain. Mengutip buku How to Respect Myself, orang-orang dengan harga diri rendah acapkali hanya membicarakan tentang orang lain. Saat kita hanya fokus pada standar hidup orang lain dan membuat perbandingan yang tak sehat, maka kita akan makin jauh dari kebahagiaan. Sementara saat kita fokus menjalani hidup kita sendiri, maka kita bisa menemukan kebahagiaan kita sendiri.

 

 

2. Dapat Bertanggung Jawab atas Pilihan yang Diambil

mandiri bahagia cerdas bekerja karier
ilustrasi/Monster Ztudio/Shutterstock

Saat membuat keputusan penting, tidak melakukannya dengan terburu-buru melainkan membuat pertimbangan yang matang dan membuat pilihan berdasarkan semua pertimbangan yang matang. Ketika menyadari ada tanggung jawab yang perlu kita terima dari tiap pilihan yang diambil, maka kita tidak mudah tertekan saat ada tantangan atau hambatan yang perlu diatasi. Serta membaut kita tidak memaksakan kehendak pribadi secara berlebihan ketika perlu berkompromi dengan realitas yang ada.

 

 

3. Bisa Menjadi Diri Sendiri

cantik tersenyum bahagia
ilustrasi/Makistock/Shutterstock

Saat pilihan yang kita ambil memudahkan kita untuk menjadi diri sendiri, maka kebahagiaan akan lebih mudah kita peroleh. Sebab kita takkan menghabiskan lebih banyak waktu membuat perbandingan atau menengok kehidupan orang lain. Rasa nyaman yang hadir sebagai diri sendiri membuat kita lebih mudah bahagia dengan cara sederhana.

 

4. Merasakan Kepuasan Batin

senyum santai minum kopi teh
ilustrasi/theshots.co/Shutterstock

Sekecil atau seremeh apa pun hal yang kamu lakukan, tapi kalau itu bisa menghadirkan kepuasan batin maka itu sudah lebih dari cukup untuk membuatmu bahagia. Kepuasan batin ini sifatnya bisa sangat personal. Dengan pilihan hidupmu, kamu bisa mendapat kepuasan batin dan ini bisa jadi sumber kebahagiaanmu sendiri. Perasaan hangat dan nyaman yang mengalir menjadi bukti bahwa kamu sudah cukup bahagia dengan apa pun pilihan yang diambil.

5. Punya Harapan Baik

bahagia sederhana minum teh kopi
ilustrasi/anon_tae/Shutterstock

Ada harapan baik yang kamu tanamkan dalam pilihan hidupmu. Pilihan hidup yang kamu ambil bukan hanya untuk kepentingan pribadi atau menuruti ego pribadi semata. Melainkan karena ada hal-hal baik yang ingin kamu capai atau raih lagi. Selama masih bisa menjaga niat dan harapan baik, maka yakin saja ada kebahagiaan yang bisa hadir dalam hidupmu ke depannya.

Semoga apa pun pilihan hidup yang kamu ambil saat ini bisa mendatangkan lebih banyak keindahan lagi dalam hidup, ya. Terima kasih sudah berjuang hingga saat ini.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela