5 Cara Redakan Sakit Hati saat Dikecewakan Seseorang

Endah Wijayanti18 Agu 2022, 11:45 WIB
Diperbarui 18 Agu 2022, 11:45 WIB
surat ayah dan rindu yang tak sampai

Fimela.com, Jakarta Saat dikecewakan oleh seseorang, kita mungkin akan merasa terluka dan sakit hati. Terlebih ketika ternyata orang yang mengecewakan kita adalah orang yang paling kita kasihi atau sayangi. Rasa sakit hati karena dikecewakan bisa begitu perih.

Hanya saja kita tak bisa terus menerus terpuruk dalam rasa sedih karena dikecewakan seseorang. Kita perlu menguatkan diri dan meredakan rasa sakit hati yang ada demi kebaikana kita sendiri. Berikut ini lima cara yang bisa dicoba untuk bantu sembuhkan luka di hati karena rasa kecewa.

 

1. Terima Emosi yang Dirasakan

surat ayah dan titip rindu juga ke ibu
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/domesq

Rasa kecewa yang ada sepahit apa pun itu perlu kita terima lebih dulu. Biarkan mengalir lebih dulu agar perasaan lebih lega. Mengutip buku Love for Imperfect Things, tidak seperti emosi lainnya, kekecewaan lebih sulit untuk diungkapkan. Jika rasa kecewa dikeluarkan, perasaan itu akan terkesan remeh dan kekanak-kanakan, tapi jika kita terus memendamnya, perasaan itu akan semakin parah. Untuk itu, kita bisa coba untuk membiarkan rasa kecewa di dalam diri mengalir. Akui bahwa kita merasa kecewa dan terluka karenanya agar setelah itu kita bisa fokus untuk memulihkan diri.

2. Memaafkan Diri Sendiri Lebih Dulu

surat ayah dan titip rindu
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Kanyanat+Kasemsook

Rasa kecewa yang kita rasakan biasanya akan disertai dengan rasa menyalahkan diri sendiri. Menyalahkan diri sendiri karena terlalu percaya pada orang yang ternyata mengecewakan kita atau karena ekspektasi kita berlebihan. Kita perlu memaafkan diri sendiri lebih dulu atas semua yang sudah terjadi. Saat sudah bisa memaafkan diri sendiri, hati akan terasa lebih ringan.

 

3. Menjaga Jarak dengan Orang yang Mengecewakan

surat ayah dan rindu bapak dulu
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Tinapob+Proongsak

Saat merasa sakit hati, maka kita perlu memperkuat fokus perhatian kepada diri sendiri. Kita bisa meluangkan waktu untuk menenangkan diri sendiri lebih dulu. Menjaga jarak dengan orang yang telah mengecewakan kita juga bisa dilakukan bila itu bisa bantu menghadirkan ketenangan dalam diri. Kalau kita memang ingin lebih terbuka, maka tak ada salahnya untuk berkata jujur atas isi hati dan perasaan kita kepada orang yang telah mengecewakan kita pastinya dengan cara bicara yang lembut tanpa ada kesan menyinggung atau menyudutkannya.

4. Lakukan Hal yang Membuat Hati Nyaman

surat ayah dan kehebatannya
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/K-Angle

Saat hati terluka, kita perlu meluangkan waktu khusus untuk menghadirkan lebih banyak rasa nyaman dan aman untuk diri sendiri. Maka, kita bisa coba melakukan sesuatu atau aktivitas yang dapat mendatangkan rasa tenang untuk diri sendiri. Tak perlu membuang lebih banyak waktu untuk meratapi rasa sedih sebab masih ada banyak hal penting yang perlu kita urus dan tangani.

 

 

5. Hadirkan Senyuman

surat ayah dan kebersamaan singkat
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Mrsiraphol

Mengutip buku Happiness Inside, gerakan tersenyum bisa membuat membuat kelenjar pineal dalam otak mengeluarkan hormon endorfin, yaitu zat sejenis morfin alami yang kekuatannya 200 kali dari morfin buatan. Endorfin ini membuat perasaan menjadi senang dan bahagia. Saat kita merasa sudah cukup bersedih atau menangis, kita bisa menghadirkan kembali senyuman untuk menghadirkan rasa nyaman. Sebab kita tetap punya hak untuk menjalani hidup dengan bahagia lagi.

Semoga hati yang terluka bisa segera sembuh dan pulih, ya. Terima kasih sudah tetap berusaha jadi orang baik di mana pun kamu berada.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela