Sukses

Lifestyle

4 Penyebab Burnout yang Kerap Menghantui Para Pekerja

Fimela.com, Jakarta Pernah mengalami burnout? Burnout merupakan perasaan kelelahan emosional, fisik, maupun mental yang kerap sekali dan berkaitan dengan terlalu banyak pekerjaan yang diambil. Ketika terlalu banyak pekerjaan atau bekerja terlalu keras bahkan terlalu lama maka akan mengalami burnout.

Burout bisa terjadi oleh siapa saja, selain itu hal ini lebih sering terjadi pada pekerja. Burnout sendiri berbeda dengan stress, tetapi terlalu banyak tekanan tidak selalu membuat seseorang mengalami burnout.

Apa yang kamu lakukan saat mengalami burnout? Berikut beberapa penyebab buronout pada seseorang yang kerap sekali terjadi:

1. Beban Pekerjaan

Ketika memiliki beban kerja yang sesuai dengan kapasitas tentu seseorang akan menyelesaikan pekerjaan dengan efektif dan mampu untuk memiliki waktu istirahat yang cukup serta dapat melakukan pengembangan secara professional. Akan tetapi, saat memiliki beban pekerjaan yang terlalu banyak dan diluar kapasitas maka akan sulit untuk menyeimbangkan dan lebih sering mengalami burnout.

2. Tidak Dapat Mengkontrol

Jika merasa kesulitan untuk mengontrol beban yang dirasakan tentu dapat membuat seseorang mengalami burnout. Jika mungkin merasakan adanya sesuatu yang diluar kendali, cobalah untuk berpikir dan menanyakan pada diri sendiri apa yang membuat dan menyebabkan hal tersebut terjadi. Jika tidak dapat mengontrol pekerjaan atau masalah yang sedang dihadapi ada baiknya untuk mendiskusikannya dengan atasan untuk menetapkan batasan.

3. Ekspektasi Pekerjaan

Saat menerima pekerjaan baru tentu ekspektasi seseorang berada pada pekerjaan mereka yang sesuai dengan bidang yang dipilih, tetapi kenyataannya pada sebuah pekerjaan terkadang aka nada ekspektasi yang tidak masuk akal sehingg akan membuat seseorang merasa dan terlalu menuntut apa yang seharusnya tidak dikerjakan.

4. Tekanan Pekerjaan

Pernah mengalami tekanan pada pekerjaan? Banyaknya tekanan pada pekerjaan terkadang akan membuat seseorang mengalami burnout. Beban atau banyaknya tekanan dari atasan tentu membuat seseorang kesulitan untuk mengatasi atau menyeimbangkan pekerjaannya dan berujung pada kelelahan maupun burnout.

Ada banyak penyebab yang membuat seseorang mengalami burnout pada pekerjaannya, hal inilah yang membuat mereka kesulitan untuk mendapatkan work-balance diantara pekerjaan dan kehidupan yang santai.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading