5 Keuntungan Menjadi Perempuan yang Berpenghasilan Sendiri

Endah Wijayanti19 Agu 2022, 07:45 WIB
Diperbarui 19 Agu 2022, 07:45 WIB
semua berkat ibu

Fimela.com, Jakarta Tiap perempuan punya pilihan sendiri dalam hidup. Masing-masing dari kita punya hak dalam menentukan arah hidup kita. Bagaimana pun, kita yang paling tahu hidup kita sendiri dan tahu yang terbaik untuk diri kita.

Kali ini kita akan membahas soal perempuan yang memilih untuk berdaya dengan memiliki penghasilan sendiri. Menjadi perempuan berpenghasilan sendiri bisa menghadirkan sejumlah keuntungan. Biasanya lima hal ini yang bisa kita dapatkan saat kita memutuskan untuk berupaya menjadi perempuan yang mandiri dengan memiliki penghasilan sendiri.

 

 

1. Punya Lebih Banyak Pilihan

surat ayah dan potongan cerita
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Vanatchanan+Buahom

Saat kita punya cukup uang untuk memenuhi kebutuhan sendiri, kita bisa lebih bebas menentukan membelanjakan uang sesuai kebutuhan. Tidak terbatas pada bantuan atau sokongan orang lain saja. Karena uang yang kita punya merupakan hasil kerja keras kita, maka kita bisa lebih bebas menggunakannya sesuai dengan prioritas kita.

 

 

2. Punya Kepercayaan Diri yang Tinggi

surat ayah dan mirip berdebat
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Mrsiraphol

Punya penghasilan sendiri bisa membantu kita lebih percaya diri sebab kita bisa membuat pencapaian dari kemampuan yang kita punya. Melansir laman shethepeople.tv, mandiri secara finansial tak hanya memberi kita rasa kepuasan, melainkan juga membantu kita membangun moral yang sehat. Dalam membuat keputusan dan pilihan hidup, kita bisa lebih mandiri. Ketika sudah punya kemudahan dalam membuat pilihan hidup sendiri, maka rasa percaya diri pun akan ikut meningkat.

 

 

3. Punya Kemampuan Atasi Masalah dengan Lebih Tenang

surat ayah dan kebersamaan singkat
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Mrsiraphol

Punya penghasilan sendiri memudahkan kita untuk memiliki tabungan atau dana darurat. Sehingga ketika ada persoalan yang membutuhkan tambahan uang, kita tidak gampang panik. Saat ada pengeluaran tak terduga, kita pun tak gampang stres dalam mengaturnya. Sedikit banyaknya penghasilan yang kita punya bisa memudahkan sejumlah aspek kehidupan kita.

 

4. Punya Kemudahan untuk Meraih Kebahagiaan

surat ayah dan rindu bapak dulu
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Tinapob+Proongsak

Mengutip buku The Psychology of Money, "Kebahagiaan adalah subjek rumit karena semua orang berbeda. Namun, jika ada kesamaan umum di kebahagiaan (bahan kebahagiaan universal) itu adalah bahwa orang ingin memegang kendali atas hidupnya." Punya penghasilan membuat kita memiliki kendali atas sebagian aspek kehidupan kita, dan ini membuat kita lebih mudah untuk menciptakan kebahagiaan kita. Tak harus dengan cara mewah atau megah, bisa membeli makanan kesukaan dengan uang sendiri pun sudah bisa membuat kita bahagia.

5. Punya Ketegaran Hadapi Ketidakpastian

surat ayah dan titip rindu
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Kanyanat+Kasemsook

Terbiasa memiliki penghasilan sendiri membuat kita terbiasa menyiapkan anggaran-anggaran untuk pos-pos pengeluaran. Dari sini kita pun terlatih untuk lebih siap menghadapi ketidakpastian. Sehingga selalu menyiapkan rencana-rencana cadangan agar tidak gampang stres atau kewalahan hadapi situasi tak terduga. Ini pun memengaruhi kemampuan kita dalam menjalani hidup dan keseharian tanpa stres berlebihan menghadapi ketidakpastian.

Kalau menurut Sahabat Fimela sendiri, sepenting apakah punya penghasilan sendiri bagi perempuan? Boleh lho berbagi cerita atau sudut pandang berbeda di sini.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela