Tinggalkan Kebiasaan Buruk, Ini 4 Tips Mengurangi Rasa Mengeluh yang Berlebihan

Gayuh Tri Pinjungwati20 Agu 2022, 08:45 WIB
Diperbarui 20 Agu 2022, 08:45 WIB
Single

Fimela.com, Jakarta Hidup penuh tekanan, dan mengeluh dapat dianggap umum oleh sebagian besar orang. Namun, mengeluh memengaruhi otak dan kesehatan fisik kita secara negatif. Rasa sedih meningkat, menjadi ketidakpuasan nyata dengan kehidupan kita sehari-hari.

Stres negatif juga dapat memperburuk masalah kesehatan kronis, seperti diabetes atau asma. Keluhan fisik lainnya mungkin termasuk peningkatan sakit kepala, nyeri sendi, dan Depresi. Salah satu cara untuk memerangi gejala-gejala ini adalah melalui belajar bagaimana berhenti mengeluh yang tidak berguna. Lalu, bagaimana caranya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Memelihara Sikap Positif

Ubah caramu berpikir. Tentu saja, ini jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi sangat mungkin. Kembangkan pikiran positif tentang bagaimana kamu memandang masalah. Misalnya, mudah stres karena memiliki anak, pekerjaan, atau teman kencan yang sempurna. Terimalah bahwa hidup ini benar-benar random. Tidak ada seorang pun dan tidak ada situasi yang atau dapat menjadi sempurna. Terima situasi apa adanya dan terus maju.

2. Belajar Beradaptasi

Satu-satunya hal yang pasti tentang hidup adalah tidak ada yang tetap sama. Perubahan akan datang entah itu besok, bulan depan, atau tahun depan. Beberapa perubahan hidup sangat menyedihkan. Terkadang, menetapkan waktu harian untuk bersedih tentang perubahan dapat membantu. Penerimaan situasi membantumu untuk beradaptasi secara positif terhadap perubahan hidup. Ambillah tantangan untuk melihat hal positif dalam suatu situasi, bahkan jika itu adalah kebaikan kecil. Pikirkan pengalaman sebagai peluang daripada hambatan yang tidak dapat dipertahankan.

3. Lebih Sadar

Single
Ilustrasi/copyrightshutterstock/miya227

Masa lalu tidak akan pernah bisa diubah dan kekhawatiran tentang masa depan adalah sia-sia, mengeluh tentang keduanya adalah sia-sia. Sebaliknya, bergeraklah di masa sekarang dan atasi hanya situasi saat ini saat situasinya terbuka. Kenali pikiran negatif dan ganti dengan pikiran positif. Meskipun mungkin terdengar klise, belajarlah untuk menerima dengan baik semua yang ditawarkan kehidupan baik dan buruk. Bahkan keadaan buruk pun akan berubah, dan dapat mengajarimu sikap yang lebih penuh perhatian, seperti kesabaran.

4. Bersikaplah Asertif

Meninggalkan kebiasaan buruk mengeluh bukan berarti membiarkan diri menjadi lemah. Ketegasan adalah cara untuk memberi tahu orang lain apa kebutuhanmu dan bagaimana ini dapat dipenuhi. Sampaikan kepercayaan diri melalui sesuatu yang sederhana. Berdiri tegak, berjabat tangan erat, dan selalu tatap mata orang. Bersikap tegas dan ungkapkan apa yang kamu inginkan dengan jelas.

Jadi daripada kamu mengeluh tentang segala hal, akan lebih baik kamu melakukan sesuatu yang positif untuk mengurangi keluahanmu.  

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela